4 Metode Melahirkan Ini Wajib Moms Ketahui!

Merries Insight
27 November 2019
Tumbuh Kembang
Share
4 Metode Melahirkan Ini Wajib Moms Ketahui!

Artikel ini berisi tentang :

  1. Home Birth atau Melahirkan di Rumah
  2. Melahirkan dalam Air, atau Water Birth
  3. Hypno Birth atau Melahirkan Dengan Hipnotis
  4. Melahirkan Dengan Akupuntur

Ada banyak metode persalinan yang bisa Moms pilih. Tentu saja semua pilihan tersebut dimaksudkan agar Moms lebih nyaman dan maksimal selama menjalani proses persalinan, dengan tujuan utama, bayi sehat, ibu selamat.

Berikut merupakan 4 metode melahirkan yang wajib Moms ketahui. Jangan lupa diskusikan dengan pasangan dan dokter saat akan memilih metode persalinan tersebut.

Home Birth atau Melahirkan di Rumah

Home birthing atau melahirkan di rumah sebenarnya bukan hal yang baru bagi orang Indonesia. Bahkan sejak zaman dulu, metode ini sangat populer karena dianggap lebih ringkas dan Moms bisa langsung beristirahat total setelah melahirkan.

Keuntungan metode home birthing adalah Moms bisa melahirkan dengan suasana nyaman karena dilakukan di rumah sendiri dan Moms tidak perlu khawatir memikirkan perjalanan ke rumah sakit. Tapi metode ini pun punya beberapa kekurangan seperti, harus menyiapkan peralatan persalinan sendiri dan jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan seperti kelahiran yang berjalan tidak lancar maka akan memerlukan waktu untuk menuju rumah sakit.

The American Medical Association And American College of Obstetricians And Gynecologists (ACOG), menyebut jika risiko terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan, seperti kematian pada janin atau ibu, untuk home birthing termasuk rendah, tapi tetap ada hal yang harus Moms perhatikan saat akan memilih metode ini, diantaranya :

  1. Pastikan kondisi Moms sehat secara keseluruhan, baik jasmani maupun rohani (mental)
  2. Moms dalam kondisi kehamilan yang normal, atau tidak masuk dalam daftar kehamilan berisiko tinggi.
  3. Moms tidak memiliki penyakit diabetes atau tekanan darah tinggi.
  4. Moms belum pernah menjalani prosedur operasi caesar sebelumnya.
  5. Moms tidak mengandung anak kembar.

Yang paling penting, home birthing harus dilakukan oleh petugas medis profesional, baik dokter atau bidan, bahkan bisa harus melibatkan keduanya.

Melahirkan dalam Air, atau Water Birth

Water birth merupakan salah satu metode persalinan yang diklaim memiliki beberapa kelebihan, seperti mampu mempermudah proses persalinan, meringankan rasa sakit akibat kontraksi, membantu meringankan sakit perut atau nyeri punggung, dan keuntungan lainnya.

Sesuai dengan namanya, water birth dilakukan dalam sebuah kolam buatan yang berisi air bersih dan hangat (sekitar suhu tubuh) setinggi pinggang. Biasanya, water birth dilakukan di rumah, dan ditangani oleh dokter atau bidan khusus water birth yang bersertifikat.

Jangan khawatir, risiko Si Kecil tenggelam sangat kecil. Hal ini disebabkan karena bayi yang baru lahir tidak bernafas sampai dia terpapar udara untuk pertama kali. Biasanya, dokter atau bidan akan langsung mengangkat Si Kecil setelah dia dilahirkan.

Meskipun begitu, Moms juga harus tahu bahwa metode ini memiliki kekurangan karena risiko infeksi masih tetap ada, Hal ini bisa terjadi jika air dan perlengkapan yang digunakan kurang steril, atau ketika Moms mendorong Si Kecil keluar, feses akan ikut keluar. Kondisi ini cukup normal, tapi harus diantisipasi sejak dini.

Hypnobirth atau Melahirkan Dengan Hipnotis

Hypnobirth atau melahirkan dengan hipnotis. Kelebihan metode melahirkan dengan metode hipnosis ini akan memungkinkan Moms untuk mengingat secara penuh pengalaman persalinan. Pikiran bawah sadar diberikan saran positif dan keyakinan tentang persalinan, dan ibu hamil dibuat langsung rileks baik secara fisik dan mental sehingga ia dapat memiliki persalinan alami lebih mudah dan lebih nyaman

 persalinan dengan rasa sakit yang minim, bahkan tanpa rasa sakit sama sekali. Metode ini dilakukan dengan cara menyuntikkan motivasi dan sugesti positif agar Moms lebih tenang dan siap menjalani persalinan.

Metode ini umumnya dilakukan di rumah sakit atau klinik bersalin yang menyediakan metode hypnobirth. Tapi jika dibutuhkan, metode ini pun bisa dilakukan di rumah (dikombinasikan dengan metode home birth).

Untuk melakukan hypnobirth, Moms wajib menjalani kursus self-hypnosis yang akan dilakukan sejak usia kehamilan mencapai 25-29 Minggu. Selama kursus, Moms akan diajarkan untuk mengenal posisi tubuh saat persalinan, bagaimana mendalami relaksasi dan self-hypnosis, serta teknik bernapas.

Proses hypnobirth sendiri didasarkan pada kekuatan sugesti. Jadi selama proses persalinan, Moms bisa sambil mendengarkan musik relaksasi, video, kata-kata positif dan hal lainnya yang membuat tubuh menjadi lebih santai.

Lalu, adakah kekurangan dari metode melahirkan yang satu ini? Satu-satunya kekurangannya adalah metode ini tergolong sulit untuk dilakukan karena Moms harus Melakukan hipnotis pada diri sendiri. Hal ini sudah pasti memerlukan latihan tersendiri. Moms perlu berlatih dengan ahlinya untuk melakukan hipnotis atau memberikan sugesti untuk nantinya digunakan selama proses persalinan.

Melahirkan Dengan Akupuntur

Akupuntur merupakan metode pengobatan tradisional Cina yang menggunakan jarum-jarum tipis yang ditempatkan secara strategis. Jarum-jarum ini berguna untuk merangsang titik tertentu pada tubuh yang membantu menyeimbangkan aliran energi alami tubuh, atau yang dikenal dengan nama qi.

Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal obstetri, melahirkan dengan bantuan akupuntur diklaim memiliki kelebihan sebagai berikut:

  • Mampu mempermudah proses kelahiran
  • Meringankan rasa sakit selama persalinan. Bahkan jauh lebih ringan ketimbang menggunakan obat bius epidural.
  • Mempercepat proses persalinan setelah air ketuban pecah, dan dalam beberapa kasus mampu membalikkan posisi bayi sungsang.

Resiko melahirkan dengan metode akupuntur tetap ada dan berikut adalah beberapa kekurangan metode akupuntur yang dijelaskan oleh Dr. Niels Guldbjerg, seorang profesor obstetri dan ginekologi dari Universitas Rumah Sakit Aarhus:

  • Adanya risiko infeksi
  • Adanya risiko ruam kulit,
  • Adanya risiko pusing
  • Risiko terjadinya kedutan otot.

Tapi masih menurut Dr. Niels Guldbjerg, semua masalah tersebut bisa diselesaikan jika Moms memilih terapis yang berpengalaman.

Lalu, apakah metode melahirkan dengan akupuntur sudah dipraktikkan di Indonesia?

Metode akupunktur untuk mengurangi nyeri persalinan belum dipraktikkan di Indonesia. Untuk itu, saya bekerja sama dengan dokter kandungan mengenalkan metode ini kepada para bidan dan akupunkturis di Kota Solo. Di Eropa, metode ini sudah lazim digunakan. (Oleh Syarif Sudirman, ahli anestesiologi, reanimasi, dan akupunktur Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo).