4 Hal Penting Untuk Membangun Pola Tidur Sesuai Dengan Usia

Merries Insight
01 Januari 2015
Tumbuh Kembang
Share
4 Hal Penting Untuk Membangun Pola Tidur Sesuai Dengan Usia

Bagi para orangtua, pola tidur bayi yang belum teratur kadang membuat mereka merasa frustasi karena bayi cenderung banyak tidur di siang hari dan malam hari mereka sulit tidur. Sebagai orangtua, Moms tentu ingin membangun pola tidur yang baik untuk si kecil. Namun ini harus ditentukan dengan usianya. Berbagai cara mungkin sudah Moms coba tetapi tidak efektif. Ini wajar Moms karena bayi tidak ingin sendirian dan lebih mudah terbangun saat malam bahkan beberapa bayi justru sulit tidur saat malam hari. Jika Moms ingin belajar membangun pola tidur si kecil, pelajari hal penting berikut:

Bayi Baru Lahir – 2 Bulan

Bayi baru lahir perlu tidur sekitar 15 – 18 jam sehari namun dalam jangka pendek yaitu 2-4 jam kemudian bangun untuk minum ASI dan tidur lagi. Bayi prematur mungkin akan tidur lebih lama dengan kolik yang lebih pendek. Pola tidur mereka belum berhubungan dengan siang dan malam seperti orang dewasa. Mereka belum mempunyai jam biologis internal maupun irama sirkadian. Bahkan bayi usia ini tidak mempunyai banyak pola.

Bayi 3 – 4 Bulan

Pada usia ini waktu tidur bayi sudah mulai sedikit menetap. Moms mungkin memperhatikan bahwa pola tidurnya lebih teratur. Waktu tidur terpanjang adalah 4-6 jam dan lebih teratur saat berakhir. Pada saat itu kebingungan siang malam akan mulai berakhir. Namun bayi akan menunjukkan kecemasan bila berpisah dengan orangtuanya.

Bayi 4 – 11 Bulan

Baca Juga

Hal-Hal Penting Inilah yang Sebaiknya Dads Lakukan Setelah Si Kecil Lahir

Tips untuk Sinkronkan Pola Tidur dengan Si Kecil

Cara Membangun Komunikasi yang Kuat dengan Si Kecil

Moms juga masih belum bisa mengajarkan pola tidur pada usia ini. Untuk mulai membiasakan anak mengetahui kapan saatnya bangun dan tidur, Moms dapat membuka tirai dan jendela di pagi hari di mana saat itu cahaya alami masuk ke dalam kamarnya. Pada usia 6 bulan ke atas, bayi akan mudah rewel saat ia terbangun di malam hari. Pada usia 11 bulan, waktu tidurnya hanya sekitar 12 jam dan ini adalah normal.

Bayi 12 – 24 Bulan

Pada usia ini Moms dapat mulai mengajarkan pola tidur yang ideal untuk si kecil. Pada usia ini anak mulai jarang tidur pagi dan tidur hanya sekali dalam sehari. Padahal ia perlu sekitar 12-14 jam sehari untuk tidur. Moms perlu membiasakan si kecil tidur siang setidaknya 1-3 jam agar waktu istirahatnya cukup.