4 Cara Memperkenalkan Bayi Pada Air

Merries Insight
04 Desember 2014
Tumbuh Kembang
Share
4 Cara Memperkenalkan Bayi Pada Air

Apakah buah hati Moms yang berusia bayi takut dengan air? Tidak perlu khawatir atau takut Moms. Pasalnya ini adalah sesuatu yang wajar. Rasa takut biasanya akan muncul ketika bayi merasa takut akan tersedot masuk ke lubang pembuangan air di dalam bak mandi. Namun apakah Moms juga takut memandikan si kecil? Bila jawabannya benar, cobalah mempelajari caranya supaya bayi dapat mulai terbiasa dan menyukai air sehingga Moms lebih merasa percaya diri ketika memandikannya.

  1. Bawa mainan kesukaan saat mandi

Pertama – tama hal yang perlu Moms lakukan adalah mengajak si kecil masuk ke bathtub atau bak mandi. Jangan lupa masukkan pula mainan-mainan barunya yang khusus digunakan untuk mandi. Mainan tersebut akan membuat bayi merasa tertarik dan lupa dengan rasa takutnya terhadap air karena ia sudah asyik dengan mainan mandi barunya.

  1. Ikut bermain

Untuk membuat si kecil semakin nyaman dan senang, Moms dapat ikut bermain dengan si kecil. Bahkan Moms bisa mengajak si kecil mandi bersama di dalam bathtub. Namun selalu berhati – hati Moms karena kecelakaan juga dapat terjadi di kamar mandi.

  1. Amati si kecil

Moms juga perlu memperhatikan keadaan si kecil apakah ia merasa nyaman atau tidak. Bila tidak, jangan memaksa si kecil untuk mencuci rambutnya. Tunggulah sampai ia merasa nyaman dulu dan setelah itu Moms baru dapat mencoba membasuh rambutnya lagi

  1. Mencari Alternatif Lain.

Jika si kecil masih belum berani masuk ke bathtub atau bak mandi, Moms dapat mengenalkan bayi pada air di tempat yang tak terlalu besar misalnya baskom berukuran besar atau menggunakan wastafel supaya si kecil dapat merasa nyaman ketika mandi.

Ketika si kecil memang masih belum merasa terbiasa dengan air atau masih takut, Moms jangan pernah memaksanya. Pasalnya jika si kecil dipaksa ini justru akan membuat si kecil merasa trauma di mana ia akan beranggapan bahwa mandi adalah saat-saat yang menakutkan. Ketika ini terjadi Moms justru akan semakin sulit mengenalkannya dengan air.