4 Cara Hargai Hak Anak

Merries Insight
02 Januari 2015
Kesehatan
Share
4 Cara Hargai Hak Anak

Anak-anak memiliki banyak hak yang wajib dipenuhi oleh orang tuanya. Sudah menjadi kewajiban bagi para mama untuk membesarkan buah hati denga penuh kasih sayang. Sayangnya, banyak orang tua yang masih belum tahu apa saja hak yang wajib diperoleh anak dari orangtuanya. Bahkan ada juga orang tua yang melupakan perannya dan tidak menghargai anak sesuai dengan haknya. Berikut ini Moms adalah beberapa cara untuk menghargai hak anak.

Memberi Kebebasan Bermain

Hak dasar yang dimiliki oleh anak-anak adalah bermain. Bahkan anak identik dengan bermain. Jadi Moms harus memastikan si kecil untuk memiliki waktu bermain yang cukup. Selain itu beri kebebasan anak untuk memilih permainan yang ia inginkan, entah itu permainan berkotor-kotor sekalipun sejauh aktivitas tersebut tidak berbahaya untuknya. Selain itu, Moms juga perlu memfasilitasi si kecil misalnya saja dengan memberikan mainan-mainan edukatif atau menyediakan tempat atau ruang khusus bermain bagi si kecil.

Memberi Pendidikan yang Bagus

Anak berhak untuk memperoleh pendidikan dan sebagai orang tua Moms bertugas mendidik anak di rumah. Mendidik anak bukan berarti hanya mengajarkan dengan kata-kata. Dalam mendidik anak, Moms harus menjadi contoh bagi mereka. Jika Moms mengajarkan anak untuk tidak memukul, Moms juga tidak boleh memukulnya saat sedang marah. Jadi pendidikan tersebut jangan hanya sebatas teori. Anak-anak adalah sosok yang sangat peka dan mudah menirukan apa yang ia lihat. Kebiasaan anak tidak akan berbeda jauh dengan orang tuanya. Jika orang tua rajin, maka anak tentu juga akan rajin.

Memberikan Perlindungan

Baca Juga

Membatasi Gadget Apakah Termasuk Melanggar Hak Anak?

Lakukan Cara-Cara Ini untuk Ajarkan Anak Soal Waktu Dads!

Cara-Cara yang Tepat untuk Memudahkan Persalinan

Anak berhak mendapatkan perlindungan maupun memperoleh rasa aman. Saat si kecil sedang takut, jadilah sosok yang mampu menenangkannya. Jangan justru Moms memarahi anak saat ia sedang merasa takut atau merasa tidak aman karena ini sama saja membuat anak merasa sendiri. Peluk dan temani si kecil saat ia membutuhkan Moms.

Memberi Makanan yang Bergizi

Anak mempunyai hak mendapatkan makanan dari orangtuanya. Oleh sebab itu, Moms pun wajib memberikan makanan untuk si kecil. Namun tentu saja yang diberikan bukan sembarang makanan tetapi makanan yang banyak mengandung gizi dan nutrisi yang ia butuhkan. Pastikan asupan yang diperoleh anak seimbang dan memenuhi kebutuhan gizi hariannya.