4 Aturan Memakai Tabir Surya Saat Hamil

Merries Insight
28 November 2014
Kesehatan
Share
4 Aturan Memakai Tabir Surya Saat Hamil

Walaupun tengah hamil, tidak berarti Moms tidak boleh memakai sunscreen atau tabir surya saat berada di luar ruangan atau pada saat sedang berlibur ke pantai atau tempat terbuka lainnya. Moms mungkin bertanya–tanya apakah ibu hamil diperbolehkan memakai tabir surya atau tidak. Memakai tabir surya sebenarnya boleh–boleh saja. Pasalnya tabir surya hanya digunakan untuk membantu melindungi kulit supaya tidak terbakar karena terpapar sinar matahari. Tetapi ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika Moms ingin memakai tabir surya saat hamil.

Hindari Tabir Surya Dengan PABA

Ketika memilih tabir surya, pastikan untuk membaca kandungan bahan–bahan yang digunakan untuk membuatnya. Hindari produk tabir surya yang terdapat tulisan PABA atau Para Amonobenzoic Acid. Kandungan tersebut dapat menyebabkan reaksi alergi pada ibu hamil.

Tabir Surya yang Ringan

Saat ini tabir surya terdiri dari banyak pilihan merk dan bahan – bahan penggunaan. Pilihlah produk tabir surya yang mengandung zinc oxide dan titanium dioxide. Kedua mineral tersebut cukup ringan dan cenderung lebih banyak dipakai pada produk – produk yang alami.

Pilih Tabir Surya Ternama

Baca Juga

Cara Mengajarkan Anak Memakai Sepatu Sendiri

Moms, Ini Bahayanya Si Kecil Naik Perosotan Memakai Sepatu Karet

4 Aturan Ibu Hamil dalam Berkendara Sendiri

Pilihlah tabir surya yang bagus dan sudah dikenal luas. Jangan sembarangan memilih tabir surya. Pastikan produk tersebut sudah mendapat ijin dari BPOM RI dan Departemen Kesehatan untuk memastikan produk tersebut aman.

Gunakan Sesuai Petunjuk

Selain memperhatikan bahan–bahan yang digunakan pada tabir surya tersebut, perhatikan pula petunjuk yang terdapat pada kemasan. Tabir surya sebaiknya hanya digunakan di bagian tubuh yang terkena sinar matahari saja.

Penggunaan tabir surya saat hamil cenderung aman dan tidak akan menyebabkan efek samping. Tabir surya sendiri sangat bermanfaat bagi kulit karena melindungi kulit dari efek buruk sinar matahari. Selain itu, tabir surya juga dapat mencegah kanker kulit yang mayoritas disebabkan karena kulit terlalu lama terpapar sinar matahari. Tetapi jika Moms mencari cara yang paling aman, sebaiknya selalu kenakan jaket saat bepergian keluar dan memakai topi atau membawa payung saat berjalan di bawah terik matahari. Selain itu, sebisa mungkin kurangi intensitas keluar rumah saat siang hari sehingga Moms tidak perlu sering menggunakan tabir surya.

Baca Juga

Cara Mengajarkan Anak Memakai Sepatu Sendiri

Moms, Ini Bahayanya Si Kecil Naik Perosotan Memakai Sepatu Karet

4 Aturan Ibu Hamil dalam Berkendara Sendiri