3 Tips Pijatan Puting Untuk Mempercepat Persalinan

Merries Insight
20 Oktober 2014
Tumbuh Kembang
Share
3 Tips Pijatan Puting Untuk Mempercepat Persalinan

Usia kehamilan yang sudah memasuki usia sembilan bulan Moms harus mempersiapkan persalinan. Kondisi fisik dan mental harus sama-sama baik dan sehat. Tujuannya persalinan berlangsung normal dan bayi lahir dengan selamat ke dunia. Merasakan menjadi Moms seutuhnya saat persalinan berjalan normal. Walaupun Moms merasakan sakit dan butuh usaha untuk mengeluarkan calon bayi. Kontraksi adalah cara yang paling dibutuhkan saat proses persalinan berlangsung. Pemijatan puting adalah cara yang dapat membantu mempercepat proses persalinan. Kondisi sulitnya kontraksi saat persalinan harus Moms hindari.

Berikut harus Moms perhatikan saat hendak melakukan pijatan puting. Hanya Moms yang melakukan persalinan normal untuk pemijatan puting. Bagi Moms yang melakukan persalinan jalan operasi cesar, lebih baik tidak.

1. Stimulasi Oksitosin

Pemijatan putting adalah cara stimulasi kontraksi alami selama proses persalinan. Pemijatan puting akan membuat senyawa bernama oksitosin memicu kontraksi. Senyawa oksitosin mampu membuat Moms mengalami kontraksi. Moms tidak memperlukan banyak tenaga saat melakukan pijatan puting. Proses persalinan, Moms tidak boleh mengejan atau mengerang saat persalinan.

2. Proses Pemijatan

Pemijatan puting dilakukan menggunakan jari-jari tangan. Pemijatan memutar pada area puting ditambah penekanan lembut. Moms lakukan sekitar tiga sampai lima menitan kontraksi akan langsung dirasakan. Perhatikan, Moms harus melakukan satu per satu pada putting. Moms tidak diperbolehkan melakukan pemijatan dalam waktu bersama untuk kedua puting. Jika Moms sudah merasakan kontraksi sebelum tiga atau lima menit, segera berhenti saat memijat puting.

Baca Juga

Puting Lecet? Lakukan Ini Agar Bisa Tetap Menyusui

4 Tips Menyusui Jika Puting Susu Terbenam

Moms, Ini Waktu Terbaik Memberikan Pijatan Bagi Si Kecil

3. Hindari Pemijatan Saat Kontraksi

Pemijatan puting berbahaya selama kontraksi berlangsung. Moms yang merasakan kontraksi tidak perlu memijat puting. Pemijatan puting membawa rangsangan terjadi kontraksi. Kondisi persalinan yang sudah mengalami kontraksi dipicu kembali melalui pemijatan puting, membahayakan kondisi Moms dan calon bayi yang akan lahir.

Moms tidak perlu cemas saat persalinan mengalami hambatan kontraksi. Pemijatan puting adalah jalan keluar terbaik. Aman dari segi medis selama tiga perhatian di atas, Moms ikuti. Harapan terbaik adalah Moms dan calon bayi dalam kondisi selamat, sehat, dan baik.