3 Tanda Lahir di Kulit Bayi Ini Tidak Membahayakan Kesehatannya

Merries Insight
14 September 2016
Umum
Share
3 Tanda Lahir di Kulit Bayi Ini Tidak Membahayakan Kesehatannya

Birthmark atau tanda lahir merupakan ciri khas yang tidak bisa dilepaskan dari si Kecil yang baru lahir. Bentuk dan ukuran tanda lahir bisa berbeda-beda, bahkan menjadi indikasi dari kesehatan bayi tersebut. Sebelum ditelaah dari segi medis, sebagian besar masyarakat masih mempercayai legenda bahwa tanda tersebut berasal dari keinginan-keinginan saat hamil yang tidak tersampaikan. Misalnya kalau Moms tak sempat makan stroberi saat mengandung, maka si Kecil nanti bakal punya birthmark berbentuk stroberi.

Meski sudah ada bukti secara ilmiah, birthmark ternyata tidak bisa Moms cegah kehadirannya. Selain itu, tanda lahir juga umumnya tidak diwariskan. Jadi meski Moms dan Dads tidak mempunyai birthmark, si Kecil tetap mempunyai peluang untuk memilikinya. Ada pula data yang menyebutkan tanda lahir sering muncul pada orang-orang di Asia dibandingkan dengan benua-benua lain.

Menurut penelitian, ada dua faktor yang dapat menyebabkan munculnya tanda lahir pada si Kecil. Satu, bisa dikarenakan aktivitas pembuluh darah yang tidak normal dan menimbulkan birthmark seperti bercak kemerahan atau merah muda. Dua, faktor dari keabnormalan pigmentasi antar sel kulit yang membuat tanda lahir kecokelatan atau lebih gelap daripada kulit normalnya.

Sebagian besar tanda lahir sebenarnya tidak berbahaya, bahkan bisa menghilang seiring pertumbuhan si Kecil. Tiga contoh berikut ini adalah sebagian birthmark yang tidak akan mengancam kesehatan si Kecil.

Macular stain / Salmon patch

Birthmark ini kerap muncul di beberapa bagian tubuh seperti kening, kelopak mata, belakang kepala, dan leher si Kecil. Warnanya sekilas akan mengingatkan Moms pada daging salmon, maka dari itulah disebut sebagai salmon patch. Ukurannya pun beragam, tetapi Moms tidak perlu khawatir karena salmon patch akan hilang dengan sendirinya atau tidak perlu diobati. Tanda lahir yang kerap disebut macular stain ini hilang dalam hitungan tahun.

Strawberry Hemangioma

Hemangioma merupakan pembuluh darah kecil yang tumbuh pada sekitar 400.000 bayi setiap tahunnya di Amerika Serikat. Birthmark ini muncul saat si Kecil lahir atau beberapa saat setelah dia lahir. Bentuk dari strawberry hemangioma umumnya menonjol dan sekilas seperti stroberi dan berwarna merah. Tanda lahir ini pun biasanya akan tumbuh cepat selama kurun waktu enam bulan, sebelum akhirnya menghilang dalam hitungan tujuh tahun.

Mongolia Spots

Tanda lahir ini tergolong ke jenis pigmentasi dan umumnya muncul pada bayi-bayi kulit gelap. Mongolia spots menampakan diri mereka di bagian bawah punggung atau sekitar bokong. Sekilas, birthmark yang satu ini tampak membahayakan karena terlihat seperti memar, terutama karena warnanya abu-abu atau biru. Namun, Moms tidak perlu cemas, karena tanda lahir dari tonjolan berpigmen ini akan hilang tanpa pengobatan.