3 Tahap Anak Belajar Mengenal Uang

Merries Insight
31 Desember 2014
Tumbuh Kembang
Share
3 Tahap Anak Belajar Mengenal Uang

Apakah balita perlu diajarkan tentang uang? Moms mungkin akan bertanya seperti itu ketika si kecil mulai tumbuh besar. Namun menurut para pakar, anak sebaiknya mulai diajari tentang uang saat mereka mulai duduk di bangku sekolah. Karena pada usia antara 3 sampai 5 tahun anak biasanya sudah mulai sekolah, maka ini adalah saat yang paling baik bagi Moms untuk mengenalkan uang pada si kecil. Apalagi jika nanti Moms sudah memberi uang saku pada anak. Tentu saja dia harus belajar untuk mengelola uang sakunya sebaik mungkin.

Walaupun demikian, frekuensi pemberian dan jumlah uang saku yang diberikan untuk si kecil wajib disesuaikan dengan usia anak. Contohnya untuk anak yang masih bersekolah di SD, uang dapat diberikan secara harian dan jumlah uang tersebut juga tidak terlalu besar. Untuk Moms yang ingin mulai mengenalkan uang pada balita, Moms dapat menyimak beberapa tips berikut:

Mulai Dari Nominal Terkecil

Nilai nominal terkecil adalah uang logam lima ratus rupiah, kemudian seribu rupiah, dua ribu rupiah, sampai sepuluh ribu rupiah hingga seterusnya. Namun sebaiknya berikan uang sesuai dengan kebutuhan si kecil ya Moms. Moms juga perlu tahu untuk apa uang yang diberikan tersebut ia gunakan.

Mulai Dari Hal Sederhana

Misalnya ketika si kecil minta uang untuk membeli sesuatu, “Ma, belikan es krim ya! Itu ada penjual es krim!” Maka gunakanlah kesempatan ini untuk memberi informasi yang tepat. Moms dapat meminta anak bertanya kepada si penjual berapa harga es krim yang ingin dia beli. Selanjutnya, berikan uang pada si kecil uang untuk membayar es krim itu. Jika ada kembalianya, katakan jumlah uang kembalian yang harus diterima. Jika anak belum memahami, ajaklah anak membayar bersama dan menghitung uang kembaliannya. Melalui cara seperti ini, anak akan memahami uang itu memiliki nilai dan dapat digunakan untuk membeli sesuatu. Makin mahal dan berharga suatu barang maka makin besar juga nilai uang yang perlu dibayar untuk mendapatkannya.

Bertahap

Lihat apa anak sudah memahami atau belum. Moms dapat mengecek ini dengan meminta anak membayar di kasir ketika ikut berbelanja dengan Moms dan menghitung uang kembalian yang diterima apakah sudah sesuai. Bila sudah berhasil melakukannya berarti anak sudah paham dengan besar kecilnya nilai uang. Tetapi jika anak masih bingung, Moms sebaiknya bersabar.