3 Penyebab Hemofilia Menyerang Anak

Merries Insight
11 September 2014
Umum
Share
3 Penyebab Hemofilia Menyerang Anak

Beragam penyakit dapat menyerang anak di usia berapapun. Tubuh anak yang masih terbilang proses pertumbuhan dan perkembangan perlu Moms jaga baik. Penyakit akibat kekurangan gizi masih dapat disembuhkan melalui perbaikan gizi. Tetapi penyakit karena keturunan sulit disembuhkan karena faktor genetik. Anak laki-laki dan anak perempuan sama-sama dapat mengalami penyakit hemofilia. Penyakit yang tergolong penyakit genetik. Berikut ini penyebab seorang anak dapat terserang penyakit yang membuat luka anak sukar membeku.

  1. Keturunan Dari Orangtua

Faktor genetik yang menyebabkan anak terserang penyakit hemofilia karena orangtua tidak dapat dihindari. Seorang anak yang lahir dari ayah yang menderita penyakit hemofilia dan seorang ibu yang carrier. Ketika ibu melahirkan anak maka kemungkinan besar anak mengalami penyakit yang membuat darah sukar membeku saat terjadi luka serius.

  1. Luka Memar

Penyebab penyakit hemofilia juga dapat dikarenakan anak sering mengalami luka memar. Sudah termasuk penderita penyakit hemofilia didukung sering luka memar. Luka memar adalah luka dalam yang membuat bagian luka tampak berwarna biru dan akan terasa sakit ketika ditekan. Darah tidak keluar melainkan terhambat di dalam kulit.

  1. Lanjutan Luka Memar

Perhatikan setiap kali anak Moms terjadi luka untuk mengetahui apakah anak Moms memiliki potensi terserang penyakit bernama hemofilia. Jika Moms ragu apakah Moms tergolong ibu carrier maka dapat dilihat ketika anak mengalami luka berdarah. Luka berdarah maupun memar yang tidak kunjung membeku pada anak maka mengalami penyakit hemofilia. Terlebih luka memar anak berada pada bagian sudut tangan seperti siku atau lekuk kaki seperti lutut. Luka memar yang dialami penderita penyakit hemofilia akan menjadikan penderita merasakan nyeri.

Jadilah Moms yang selalu waspada dan peduli saat anak terjatuh. Moms bukan melakukan sebaliknya, memarahi anak karena kurang hati-hati atau tidak segera membersihkan luka anak. Jika Moms melihat luka berdarah tanda penyebab penyakit hemofilia, segera bawa anak Moms ke dokter. Anak dapat segera dapat penanganan medis cepat untuk menghentikan darah yang tidak kunjung mudah membeku.