3 Penyakit Mata Pada Bayi

Merries Insight
25 November 2014
Umum
Share
3 Penyakit Mata Pada Bayi

Ketika bayi Moms lahir, cobalah perhatikan si kecil dengan seksama, khususnya bagian matanya supaya jika ada gejala – gejala yang kurang baik langkah penanggulangannya dapat dilakukan sedini mungkin. Berikut ini adalah beberapa penyakit mata pada bayi baru lahir.

  1. Infeksi

Beberapa bayi yang baru lahir dapat mengalami peradangan pada bagian selaput mata ketika ia melalui saluran lahir saat proses persalinan normal. Bayi yang lebih besar biasanya terkena infeksi akibat tertular oleh orang di sekitarnya yang mengalami infeksi. Infeksi ditenadai dengan mata yang terlihat merah dan bengkak. Gejala tersebut kadang juga disertai dengan adanya kotoran mata. Cara pengobatan infeksi mata bayi biasanya menggunakan obat tetes mata yang bersifat antibiotik.

  1. Saluran Air Mata Tersumbat

Secara normal air mata akan mengalir mulai dari ujung dalam kelopak mata sampai ke hidung melewati saluran. Namun beberapa bayi lahir dengan masalah saluran air mata tersumbat. Masalah tersebut menyebabkan air mata kembali dan mengalir secar berlebih. Karena bayi baru lahir sangat rentan terhadap infeksi mata, antibiotik mungkin dibutuhkan untuk pengobatan. Pada sebagian besar kasus saluran air mata tersumbat, saluran tersebut nantinya akan terbuka secara alami ketika usia bayi sudah 1 tahun. Namun kadang juga dibutuhkan terapi pijat di saluran air mata agar saluran tersebut terbuka. Sangat jarang dokter ahli mata melakukan prosesor operasi untuk membantu membuka saluran air mata.

  1. Katarak

Di dalam mata terdapat lensa yang berfungsi untuk membantu mata fokus. Lensa tersebut memiliki fungsi seperti lensa pada kamera. Lensa mata yang normal sejernih kristal. Sangat jarang ada bayi baru lahir dengan kondisi mata yang mengalami katarak yakni lensa mata buram. Jika lensa mata buram, cahaya tidak dapat masuk dan diproses. Biasanya masalah katarak pada bayi ditemukan oleh dokter selama pemeriksaan menyeluruh ketika bayi baru lahir. Jika katarak yang dialami bayi cukup parah dan pupil terlihat putih, biasanya dokter akan menyarankan tindakan operasi untuk membantu mengangkat katarak sehingga penglihatannya kembali normal.