3 Langkah Menjaga Kesehatan Gigi Balita

Merries Insight
07 September 2014
Kesehatan
Share
3 Langkah Menjaga Kesehatan Gigi Balita

Tidak pernah bosan mengingatkan Moms untuk menjaga kesehatan gigi balita. Gigi balita adalah gigi yang rentan mengalami sakit. Balita yang mengalami sakit gigi tentu akan sangat tersiksa. Moms harus menghindari balita Moms untuk tidak mengalami sakit gigi. Cara yang harus dilakukan adalah membantu menjaga kesehatan giginya. Balita belum tahu bagaimana cara menjaga kesehatan gigi. Untuk itu Moms harus ajarkan tiga langkah menjaga kesehatan gigi balita sejak dini.

  1. Sumber Mineral Kesehatan Gigi

Kesehatan gigi balita dapat dijaga melalui konsumsi sumber mineral yang cukup. Mineral yang dimaksud adalah kalsium. Fungsi mineral kalsium tentunya untuk memperkuat gigi tidak mudah goyang dan akan kuat. Mineral kalsium terdapat dalam susu yang balita minum setiap hari. Moms tidak boleh irit memberikan balita susu. Melalui susu gigi balita juga ikut dijaga karena mineral kalsium. Mineral kalsium juga dapat diperoleh melalui konsumsi sayuran hijau segar terutama di batang sayuran. Moms harus membiasakan balita gemar konsumsi sayuran demi gigi yang sehat.

  1. Rajin Menggosok Gigi

Ajak balita Moms untuk rajin menggosok gigi. Pasta gigi yang digunakan untuk gosok gigi mengandung mineral kalsium dan fluoride. Berfungsi memperkuat gigi, mencegah gigi berlubang, dan menghilangkan plak-plak penyebab karang gigi. Jika balita menolak untuk menggosok gigi, harus Moms beri penjelasan halus mengenai pentingnya menggosok gigi.

  1. Mengurangi Konsumsi Manis

Manis gula-gula adalah konsumsi kegemaran balita. Kesehatan gigi akan terlihat melalui peran Moms. Balita yang terlihat memiliki gigi ompong karena manis gula-gula maka kesalahan ada pada Moms. Moms membiarkan balita sering mengonsumsi penyebab gigi tidak sehat. Untuk itu Moms harus selalu mengawasi setiap jajanan yang balita beli. Lebih baik jangan biasakan balita jajan dan selalu berikan camilan sehat untuk balita Moms. Dan tidak lupa untuk menggosok gigi setelah selesai konsumsi makanan.

Kesehatan gigi balita terlihat dari susunan gigi yang masih rapi dan putih pada usia mereka. Balita tersenyum dan menampilkan gigi yang sehat dan indah tentu adalah senyuman yang manis. Jaga kesehatan gigi balita Moms untuk menghindari risiko sakit gigi pada usia balita.

Baca Juga

Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut Selama Kehamilan Penting Lho Moms!

3 Cara Menjaga Kesehatan Balita Saat Musim Hujan

Langkah-langkah Sederhana untuk Meredakan Kaki Bengkak