3 Cara Tepat Melatih Balita Makan Sendiri

Merries Insight
06 September 2014
Kesehatan
Share
3 Cara Tepat Melatih Balita Makan Sendiri

Koordinasi keseimbangan balita dalam beraktivitas memang belum sempurna. Ada kalanya balita masih kesulitan melakukan sebuah aktivitas. Seperti makan dan minum, terkadang balita masih memerlukan bantuan Moms. Jika dibiarkan, balita usia di bawah tiga tahun masih sulit mengarahkan sendok ke mulut. Berbeda untuk balita usia empat sampai lima tahun sudah sedikit demi sedikit lihai menggunakan sendok selama makan. Moms perlu melatih balita untuk makan sendiri. Moms perlu membiasakan balita mandiri selama makan. Ada tiga cara yang dapat Moms latih kepada balita untuk makan sendiri.

  1. Menggunakan Peralatan Anti Pecah

Moms memilihkan peralatan makan anti pecah. Sendok, garpu, mangkuk, piring, gelas terbuat dari bahan anti pecah. Demi keamanan balita selama maka sendiri pastikan peralatan makan dari bahan yang aman. Barulah Moms berikan makanan ke dalam tempat makan yang akan balita gunakan selama makan sendiri.

  1. Perhatikan Kondisi Makanan Balita

Moms jangan memberikan makanan kepada balita dalam kondisi panas atau hangat. Balita akan menolak makan sendiri karena merasa kepanasan. Sajikan makanan dalam kondisi dingin dan masih baik untuk balita. Makanan yang dingin lebih memudahkan balita makan sendiri tanpa masalah. Penting memilihkan makanan yang lembut dan mudah disendok balita Moms. Jangan berikan makanan keras dan membuat balita kesusahan untuk menyendoknya.

  1. Biarkan Balita Belajar

Moms tidak boleh memarahi balita jika melihat ada makanan yang jatuh di sekitar pakaian balita Moms. Namanya juga sedang berlatih makan sendiri, wajar balita Moms belum melakukan secara sempurna. Biarkan ada beberapa makanan yang terjatuh di meja atau lantai. Lama-kelamaan jika balita Moms sudah terbiasa maka cara makan balita menjadi lebih rapi.

Moms harus mampu melatih balita melalui kegiatan sederhana sedikit demi sedikit. Tidak sulit melatih balita untuk makan sendiri. Membiasakan balita melakukan kegiatan seperti makan dapat melatih kemandirian. Melalui kegiatan makan, balita tidak tergantung harus selalu Moms suapi. Semakin mahir makan sendiri maka balita akan ketagihan meminta makan sendiri setiap kali merasa lapar.