3 Cara Mengontrol Berat Badan Saat Hamil

Merries Insight
21 November 2014
Tumbuh Kembang
Share
3 Cara Mengontrol Berat Badan Saat Hamil

Kenaikan berat badan yang signifikan kadang terjadi pada kehamilan trimester kedua dan trimester ketiga. Kenaikan ini memang adalah hal yang wajar tetapi juga tidak boleh dibiarkan mengalir begitu saja. Kenaikan berat badan tersebut juga wajib untuk selalu dipantau Moms. Setiap bulan, kenaikan berat badan pada ibu hamil yang ideal adalah 1 kg sampai 2 kg saja.

Kenaikan berat badan selama hamil sangat bergantung dari berat badan Moms sebelum hamil. Bila berat badan Moms sebelum hamil termasuk normal atau ideal, maka kenaikan berat badan saat hamil yang ideal adalah antara 10 sampai 16 kg. Bila berat badan Moms termasuk kurang atau sebelum hamil Moms kurus, maka kenaikan berat badan 14 sampai 20 kg adalah hal yang masih tergolong wajar. Kenaikan berat badan saat hamil memang terjadi cukup signifikan khususnya saat kehamilan memasuki trimester kedua dan trimester ketiga. Untuk mengontrol berat badan agar tidak berlebih berikut ini adalah beberapa tips yang dapat Moms lakukan.

Konsumsi Makanan Sehat

Selama hamil, pilihlah makanan–makanan yang sehat. Makanan tersebut meliputi biji – bijian, sayuran hijau, dan aneka buah – buahan. Jika Moms senang mengkonsumsi makanan cepat saji atau instan, sebaiknya asupan makanan tersebut dikurangi atau bahkan dihilangkan karena makanan–makanan tersebut tidak sehat serta tidak memberi manfaat bagi tubuh Moms dan janin di dalam rahim. Jika perut terasa lapar, makanlah sedikit demi sedikit jangan langsung dalam jumlah yang banyak, Lebih baik makan sedikit tetapi sering daripada sekali langsung banyak.

Takaran Tambahan Makanan

Ingat Moms, makan untuk berdua tidak berarti Moms harus selalu makan 2 porsi. Moms hanya perlu tambahan 200 kalori–300 kalori per hari atau setara dengan satu mangkuk sereal dengan susu, segelas jus jeruk, dan 1 buah pisang. Makan dalam porsi yang normal.

Olahraga Ringan

Melakukan aktivitas olahraga ringan juga memberikan manfaat yang positif untuk membantu mengontrol kenaikan berat badan. Olahraga ringan yang dapat Moms lakukan seperti berenang, berjalan kaki, atau melakukan prenatal yoga.