3 Cara Mengganti Popok Bayi yang Aktif

Merries Insight
04 September 2014
Tumbuh Kembang
Share
3 Cara Mengganti Popok Bayi yang Aktif

Memiliki bayi yang aktif tentu menyenangkan karena ini menandakan si kecil sehat dan mengalami perkembangan yang optimal. Namun saking aktifnya si kecil, Moms mungkin sering kewalahan saat mengganti popoknya sehingga harus sampai mengejarnya kesana kemari. Padahal, popok harus diganti secara berkala walaupun merupakan popok terbaik sekalipun seperti Merries. Popok bayi sebaiknya diperiksa 2 atau 3 jam sekali untuk menghindari ruam popok.

Kegiatan mengganti popok memerlukan kesabaran dan keterampilan tersendiri. Bayi yang saat ini sudah memiliki kemampuan dan hasrat untuk mengeksplorasi kedang membuatnya sulit tenang. Berikut ini adalah beberapa tips untuk membantu Moms mengganti popok bayi.

  1. Ajak Bayi Bermain

Moms bisa memberikan beberapa aktivitas yang menarik ketika ingin mengganti popoknya. Misalnya mengajak si kecil menyanyi agar perhatiannya teralihan. Moms juga dapat menjepit mainan kesukaan si kecil di mulut sehingga ia akan berusaha meraih mainan tersebut. Pada saat ia berusaha meraih, Moms dapat segera mengganti popoknya. Metode permainan ini sebaiknya diubah – ubah untuk memberi variasi sehingga ia tidak akan bosan.

  1. Menggoda Bayi

Moms bisa menggerakkan jari naik turun di bagian perut dan kaki sehingga si kecil akan tertawa. Jika ia merasa senang Moms dapat mengganti popoknya dengan mudah.

  1. Wajah Lucu

Menghibur bayi dengan cara menghadirkan mimik wajah yang lucu sangat membantu untuk memudahkan proses penggantian popok. Namun jangan lakukan ini saat sedang membersihkan pantatnya.

Dalam mengganti popok bayi, Moms harus melakukan pergantian secara cepat karena Moms tidak bisa lama – lama mengalihkan perhatiannya. Proses mengganti popok yang terlalu lama kadang juga membuat bayi merasa risih dan tidak nyaman. Apabila si kecil masih tidak mau diam, sebaiknya gunakan matras yang empuk sehingga dapat menghindari resiko terjatuh atau terluka saat Moms mengganti popoknya. Pastikan pula semua perlengkapan berada dalam jangkauan tangan sehingga saat dibutuhkan Moms dapat mengambilnya dengan mudah. Setelah selesai, Moms dapat meletakkan bayi di tempat aman dan memasukkan popok kotor ke keranjang.