Yuk Ajarkan Anak Table Manner

Merries Insight
29 April 2014
Umum
Share
Yuk Ajarkan Anak Table Manner

Etika ketika di atas meja makan atau yang kita kenal dengan istilah table manner merupakan sebuah aturan yang memang harus dipatuhi sebagai sebuah tolak ukur etika dan tata kesopanan ketika anak sedang berada di meja makan. Tentu saja aturan tersebut akan lebih bersifat moril dan juga pastinya akan memiliki beberapa perbedaan yang mendasar di setiap negara di dunia, hal tersebut karena ini akan sangat berhubungan dengan kebudayaan dan tradisi setempat.

Pelajaran Dasar Table Manner

Moms cukup membiasakan mereka untuk selalu makan di meja makan dan duduk dengan tertib di kursi yang telah disediakan. Ajarkan kepada mereka kebiasaan untuk tidak meninggalkan meja makan sebelum makanannya habis dan juga biasakan mereka untuk selalu meminta tolong jika ada makanan yang ingin mereka makan akan tetapi jauh dari jangkauannya.

Ajari juga bagaimana mereka harus menggunakan sendok dan cara memeganggnya, cara menggunakan garpu dan fungsinya dan biasakan mereka untuk makan sendiri dengan porsi yang sudah disediakan. Jika mereka ingin menambah makanan, ajarkan mereka untuk meminta tolong dengan baik.

Hal-hal Dasar yang Perlu Dibiasakan

Selain itu, ajarkan juga hal di luar table manner, seperti membiasakan buah hati Moms tersebut untuk selalu mencuci tangannya sendiri sebelum dan juga sesudah makan, walaupun pada saat itu anak makan dengan menggunakan sendok dan juga garpu.

Ajarkan anak selalu membiasakan berdoa sebelum makan dan ajari anak Moms untuk tidak menyentuh makanan dan juga tidak meninggalkan meja makan sebelum mereka berdoa. Kegiatan berdoa sebelum dan juga setelah makan ini berfungsi untuk mengajarkan anak Moms untuk selalu bersyukur atas segala nikmat makanan yang akan dan telah disantapnya.

Memulai dari Diri Sendiri

Anak merupakan seorang peniru ulung, apa yang anak lakukan hampir semua berdasarkan apa yang mereka lihat. Untuk itulah sebelum Moms mengajarkan table manner ini, maka alangkah lebih baik jika Moms melakukan semua kebiasaan makan yang baik itu sendiri.