Penyakit Ringan yang Umum Ditemui Pada Anak

Merries Insight
29 April 2014
Kesehatan
Share
Penyakit Ringan yang Umum Ditemui Pada Anak

Bayi dan balita akan lebih rentan terhadap beberapa penyakit yang mungkin saja akan menyerang mereka. Selain itu, ternyata kondisi geografis Indonesia yang berada di daerah tropis juga dinilai mampu menjadikan variasi mikrooranisme penyebab penyakit lebih beragam dan sangat rentan menyerang bayi dan balita.

Beberapa penyakit mungkin saja akan dianggap ringan dan biasa bagi orang dewasa, justru akan menjadi ancaman yang serius untuk anak-anak. Berikut beberapa penyakit yang dianggap ringan justru akan berpotensi membahayakan bayi atau balita Moms.

Diare

Diare merupakan sebuah problem kesehatan yang paling sering terjadi pada bayi dan balita di Indonesia ini. Banyak sekali hal yang dapat menyebabkan si kecil mengalami diare. Salah satunya adalah infeksi bakteri dan kurangnya kesadaran orang tua dalam membiasakan diri untuk menjaga kebersihan. Bahkan menurut data statistik ternyata diare ini merupakan penyakit kedua penyebab kematian balita.

Demam

Penyakit demam merupakan kondisi di mana tubuh bayi atau balita akan mengalami kenaikan suhu tubuh sebagai respon dari berbagai kondisi penyakit dari luar, termasuk adanya infeksi atau setelah menjalani imunisasi. Untuk mengatasi masalah ini, Moms bisa memberikannya kompres air hangat di dahinya. Namun, jika panas anak Moms tidak kunjung turun dalam 3 hari, segera hubungi dokter untuk mendapatkan perawatan yang lebih lanjut.

Sembelit

Sebenarnya ada cara gampang untuk mendeteksi sembelit pada bayi atau balita, yaitu dengan cara mengamati pada saat mereka buang air besar. Moms bisa melihat jika mereka menangis setiap kali BAB dan feses nya berbentuk sangat padat, kemungkinan besar si kecil mengalami sembelit dan Moms harus segera bertindak. Cobalah untuk lebih banyak memberikan mereka sayuran atau buah-buahan yang banyak mengandung serat alami.

Ruam

Ruam pada kulit bayi dapat disebabkan oleh beberapa faktor yang meliputi kulit kering. Infeksi atau alergi pada kulit bayi dan hal tersebut kebanyakan terjadi karena penggunaan popok yang tidak sehat atau memiliki bahan yang kurang bagus. Untuk menghindari ruam akibat pemakaian popok bayi, sebaiknya Moms jangan biarkan popok basah terlalu lama.

Selain itu, pilih popok yang memiliki sirkulasi udara yang cukup baik dan mempunyai daya serap yang optimal. Popok yang bagus harus memiliki daya tampung yang sangat besar dan mempunyai bahan yang sangat lembut sehingga akan menjaga kondisi permukaan kulit bayi tetap kering.

Moms bisa mendapatkan semua itu dari popok Merries yang memang sudah terbukti kualitasnya. Popok Merries merupakan popok No 1 di Jepang yang memiliki keunggulan yang tidak terdapat di merek popok lainnya. Popok Merries juga memiliki alarm pipis yang berfungsi untuk mengetahui ketika popok yang dipakai sudah penuh. Hal ini sangat berguna untuk membuat kulit bayi tetap kering dan mencegah timbulnya ruam karena terlambat mengganti popok.