Moms, Jangan Hambat Fase Oral si Kecil!

Merries Insight
12 November 2015
Tumbuh Kembang
Share
Moms, Jangan Hambat Fase Oral si Kecil!

Dalam proses perkembangannya, akan akan melalui beberapa fase, salah satunya adalah fase oral, yaitu fase saat dia akan cenderung memasukan apapun benda yang berhasil dia raih ke mulutnya. Inilah awal perkenalan si kecil dengan lingkungan sekitar untuk mengetahui rasa dan belajar bagaimana cara bertahan hidup.

Sayang, banyak ibu yang merasa khawatir dengan ini. Mereka takut benda yang dibawa dan dimakan anaknya berkuman, kotor dan mungkin saja membahayakan. Alhasil, mereka pun akan sekuat tenaga melarang anaknya untuk mengambil sesuatu dan memasukannya ke mulutnya.

Jangan hambat Moms!

Fase oral merupakan fase perkembangan alami yang akan dilalui oleh si kecil. Fase ini sendiri akan mengasah naluri si kecil untuk merasakan ketajaman inderanya pengecap dari mulut. Bagaimanapun juga, fase oral merupakan bagian dari perkembangan kemampuan anak dalam bereksplorasi.

Fase oral ini sendiri biasanya akan berlangsung ketika si kecil berusia 1-2 tahun, tapi tidak jarang ada anak yang mengalami fase ini hingga usianya 3 tahun. Ingat Moms, jangan sampai anda menghambatnya, bagaimanapun juga setiap bentuk larangan, hambatan atau rintangan, pasti akan mengganggu proses tumbuh kembang si kecil.

Tapi bukankah banyak benda berbahaya dan tidak layak dimasukkan ke mulutnya?

Kembali lagi, di sinilah peran anda sebagai orang tua untuk memastikan setiap benda yang masuk ke mulutnya itu benar-benar bersih dan aman. Anda harus benar-benar memperhatikan benda apa saja yang raihnya, bagaimana kebersihannya, dan apakah benda tersebut berpotensi membahayakan atau tidak.

Selain itu, pastikan lantai tepat bermain si kecil benar-benar bebas kuman, dan jaga terus kebersihan jari si kecil. Selain itu, berikan mainan yang berbahan lembut, seperti bahan kain dan lainnya agar si kecil bebas menggigitnya tanpa harus takut cedera.

Jangan lupa, jauhkan barang-barang kecil yang membahayakan, seperti peniti, kelereng, uang logam, koin, dan berbagai benda lainnya yang bisa masuk ke mulutnya, dan berpotensi menyebabkan cedera. Dalam fase ini, perhatian penuh dari orang tua sangat dibutuhkannya.

Moms, sekali lagi. biarkan fase oral ini berlalu berlalu dengan sendirinya, hingga dia lancar memasukan biskuit atau makanan lainnya ke mulutnya. Pada Intinya, fase oral ini mengajarkan si kecil naluri untuk bisa makan sendiri. Dengan begitu, jangan hambat fase ini karena rasa khawatir yang berlebih!