Mengajarkan Piano Kepada Balita

Merries Insight
07 September 2014
Tumbuh Kembang
Share
Mengajarkan Piano Kepada Balita

Memperkenalkan piano pada anak – anak tidak hanya akan melatih kemampuan bermusik anak. Memperkenalkan piano sejak kecil juga memiliki banyak manfaat lain untuk si kecil. Menurut penelitian, anak yang bermain piano dengan usia di bawah 7 tahun cenderung lebih cerdas. Selain itu, bermain alat musik juga dapat memperkuat sel otak. Pasalnya, bermain musik tidak hanya membuat si anak menikmatinya tetapi juga membuat otaknya lebih berpotensi. Mengajarkan piano memang sebaiknya diberikan sejak usia pra sekolah atau saat masih balita yaitu usia 3 tahun ke atas.

Ketika anak belajar musik sejak dini, ia akan belajar menggunakan otak kiri dan kanan yang dapat menstimulasi kecerdasaannya. Mengajarkan piano pada balita memiliki tantangan tersendiri karena Moms harus membangkitkan ketertarikan anak terhadap piano. Moms juga harus menyadari tujuan diperkenalkannya piano pada anak. Ingat, dengan usianya yang masih balita ia masih belum mampu menyerap banyak informasi seperti menghafal lagu yang panjang. Tingkat konsentrasinya masih sangat pendek. Jika Moms ingin memperkenalkan piano pada anak, simak tipsnya berikut ini.

Belajar Sama Dengan Bermain

Moms harus membentuk rasa ketertarikan si kecil terhadap piano. Moms tidak hanya perlu mengajarinya dengan sabar tetapi juga harus menjadi teman bermain anak. Jika Moms menggunakan guru piano, carilah guru yang sabar dan juga ramah. Jika si kecil tidak menyukai guru tersebut, berarti guru tersebut belum sesuai dengan keinginannya dan Moms dapat mencari guru yang lain. Memaksakan anak belajar dengan orang yang tak disuka hanya akan membuatnya merasa kesal dan justru benci dengan kegiatan belajar piano.

Perhatikan Kesiapan Anak

Hal penting yang wajib Moms ketahui adalah kesiapan mental anak. Coba lihat seberapa besar ketertarikan anak terhadap piano? Apakah anak sering berpura – pura main biano? Bagaimana reaksi anak saat Moms menyarankannya belajar piano? Bagaimana respon anak saat diperdengarkan musik piano? Ketika anak menunjukkan tanda – tanda kesiapan maka ia sudah siap untuk belajar piano.

Menemani Anak

Selain anak yang dituntut untuk siap, sebagai orangtua Moms juga harus siap mendampingi si kecil saat berlatih piano sambil memberikan dukungan untuknya. Anak tentu akan merasa bangga memainkan piano saat Moms berada di sampingnya.

Demikian Moms beberapa tips untuk mengajarkan piano pada anak usia balita. Ketika anak menolak, jangan memaksanya. Cobalah dilain waktu ketika ia sudah mulai berminat.