Faktanya, Ternyata Balita Suka Berbagi Lho, Moms!

Merries Insight
07 November 2015
Umum
Share
Faktanya, Ternyata Balita Suka Berbagi Lho, Moms!

Senang deh ketika si kecil asyik bermain dengan teman sebayanya, tanpa harus saling berebut mainan. Yang lebih membanggakan, ketika si kecil menjadi sangat peduli kepada temannya. Dia memberikan mainan, makanan dan apa yang dimilikinya, untuk teman dekatnya. Wow, si kecil ternyata suka berbagi!

Wajar jika Moms merasa bangga dengan sikapnya, mengingat sikap berbagi merupakan sifat positif yang harus dipupuk sejak dini. Tapi yang harus jadi perhatian adalah, jangan sampai mengklaim jika sifat suka berbagi ini hanya dimiliki si kecil, dan anak-anak lainnya cenderung pelit.

Pada dasarnya, anak-anak memang suka berbagi kok Moms, hal ini dibuktikan lewat sebuah studi yang dilakukan para peneliti dari University of Washington, di mana mereka memberikan makanan kepada dua balita dari sebanyak 47 balita yang dilibatkan dalam penelitian ini.

Ketika salah satu balita menerima lebih banyak makanan ketimbang balita lainnya, yang lainnya akan cenderung memperhatikan, terutama mereka yang tidak mendapatkan makanan tersebut. setelah beberapa lama, balita yang mendapatkan jatah makanan tersebut kemudian memberikan sebagian makanannya kepada mereka yang tidak mendapatkan jatah makanan.

Dalam penelitian ini, ada dua sikap yang bisa disimpulkan oleh para peneliti, yang pertama adalah, balita sudah memiliki harapan untuk bisa diperlakukan secara adil, dan yang kedua adalah, peneliti menyimpulkan jika pada dasarnya balita sudah memiliki semangat dan sikap berbagi sejak dini.

Lantas, bagaimana dengan balita yang anti berbagi alias pelit?

Dalam hal ini, peneliti menyatakan jika ada masanya anak-anak dalam fase survival insting, di mana mereka akan membangun pertahanannya sendiri, dengan mempertahankan apa yang mereka anggap sebagai miliknya. Hal ini sangat wajar, mengingat semua anak akan mengalami fase ini.

Yang harus diperhatikan adalah, bagaimana cara anda dalam mengarahkan sikap anti berbagi ini supaya tidak menjadi dominan. Beberapa penelitian menemukan fakta jika anak yang selalu lihat orang tuanya memberi, akan cenderung lebih suka berbagi, ketimbang orang tua yang jarang memberi.

Dengan kata lain, sikap suka berbagi merupakan hal yang harus di pupuk sejak dini. Caranya, tentu saja dengan memberi contoh dan mengajarkan sikap positif ini sejak dini. Bagaimana Moms, ingin punya anak suka berbagi, bahkan sampai dewasa. Yuk ajak si kecil untuk berbagi sejak dini!