Begini Caranya Menanggapi Curhat Si Kecil

Merries Insight
13 Februari 2016
Umum
Share
Begini Caranya Menanggapi Curhat Si Kecil

Memiliki buah hati adalah hal yang tentunya patut untuk disyukuri. Maka dari itu Dads sebagai kepala rumah tangga sekaligus ayah dari anak-anak harus bijaksana sekaligus menjadi panutan yang baik bagi seluruh anggota keluarganya. Tentu ayah yang baik adalah idaman semua anggota keluarga. Kedekatan Dads dengan si kecil sangat dibutuhkan. Sebab tak semua anak bisa membeberkan keluh kesahnya kepada Moms saja. Ada tipe anak yang suka bercerita kepada ayahnya.

Kedekatan Dads dengan si kecil adalah hal yang baik untuk meningkatkan kedekatan emosionalnya. Dads bisa menanggapi segala cerita si kecil. Banyak hal atau manfaat yang dapat diperoleh dari cerita si kecil. Yuk langsung saja kita simak uraian tentang bagaimana menanggapi curhatan si kecil :

Berikan Tanggapan yang Baik

Apapun curhatan si kecil, membangun komunikasi yang baik dengan ayah adalah hal penting. Kedekatan Dads dengan si kecil ini bisa berupa dengan menanggapi secara positif apa yang diceritakan anak pada Dads. Jangan menganggap remeh cerita si kecil. Bisa jadi itu adalah hal yang tentunya memberikan efek positif.

Anak akan menjadi seseorang yang terbuka sekaligus mau menerima masukan. Sebaliknya Dads juga jangan menganggap anak yang bercerita remeh. Biarkan mereka mengungkapkan gagasan yang ingin mereka kemukakan. Selayaknya hal ini bisa menjadi pembelajaran buat Dads.

Menjadi Pendengar yang Baik

Walaupun si kecil itu masih berceloteh tentang hal-hal yang mungkin kurang penting, namun Dads harus tetap menjadi pendengar yang baik. Kedekatan Dads dengan si kecil ini bisa dimulai dengan menjadi pendengar yang baik. Pendengar yang baik disini adalah bisa menjadi Dads yang mau mendengarkan curahan hati si kecil apapun itu. Baik tentang hal hal yang dialami sehari hari atau bercerita tentang kegiatannya di sekolah.

Pokoknya hal tersebut akan membuat kita akan semakin menjadi Dads yang baik dan tentu menyenangkan. Dads adalah sosok kuat yang juga harus memiliki kedekatan Dads dengan si kecil. Apapun itu seorang Dads harus menjadi teladan untuk si kecil.

Arahkan ke Hal Positif

Bisa jadi curahan hati si kecil harus diarahkan ke hal-hal yang positif. Kalau anak curhat tentang temannya yang mungkin nakal, beri anak nasihat agar menjadi sosok yang berani namun jangan membalas kejahatan dengan kejahatan.

Sebaliknya kedekatan Dads dengan si kecil harus memiliki manfaat yang positif untuk perkembangan si kecil. Dads harus menjaga anak-anak dari lingkungan yang bisa memberikan pengaruh buruk bagi perkembangannya.

Kesimpulannya adalah si kecil haruslah didengarkan apa yang menjadi keluh kesahnya. Kedekatan Dads dengan si kecil ini adalah suatu hal yang sangat mahal harganya. Tak semua Dads berkesempatan seperti itu.