5 Cara Melatih Kecerdasan Anak

Merries Insight
29 April 2014
Umum
Share
5 Cara Melatih Kecerdasan Anak

Pada usia lima tahun pertama kehidupan anak bisa disebut sebagai periode emas yang nantinya akan menentukan pertumbuhan dan juga perkembangan kecerdasan anak secara maksimal. Pada usia balita ini, sudah dipastikan bahwa nutrisi yang lengkap akan sangat menunjang pertumbuhan otak anak sebagai modal masa depan mereka.

Ada beberapa hal lainnya yang tidak kalah penting dari pemberian Nutrisi yang baik tersebut, stimulus juga memiliki kedudukan yang sangat penting dalam upaya untuk memaksimalkan perkembangan kecerdasan anak. Untuk itulah dr Arifianto, SpA, yang merupakan dokter spesialis kesehatan anak dari Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo Jakarta menjelaskan beberapa hal dalam upaya untuk memaksimalkan kecerdasan balita.

Jalin Ikatan Emosional

Ikatan emosional antara Moms dengan anak akan memberikan anak naluri rasa aman dan nyaman. Moms bisa menjalin ikatan emosional dengan skin to skin contact sejak sang buah hati lahir. Selain itu juga Moms bisa memberi pijatan lembut pada tubuhnya, selalu memakaikan sendiri pakaian dan popoknya, serta selalu berbicara pada anak Moms tersebut. Semua hal tersebut dapat menjadi pemicu naluri rasa aman dan nyaman anak Moms sejak dini.

Berbicara dengan Anak

Walaupun pada masa ini kemampuan bicaranya masih sangat terbatas, tetapi semakin banyak kosa kata yang dia dengar dari Moms, semakin baik pula perkembangan bicara dan juga kecerdasan anak Moms. Beberapa penelitian menyebutkan anak yang berusia 3 tahun yang telah mampu berbicara dengan baik, memiliki IQ yang lebih tinggi dibanding anak yang lainnya.

Ekspresi Wajah Ketika Berkomunikasi

Kemampuan dalam membaca ekspresi wajah, terutama wajah orang tuanya adalah modal dasar komunikasi non verbal anak-anak. Selalu tunjukkan ekspresi wajah Moms yang ceria dan bahagia supaya anak juga akan menjadi anak yang bahagia. Dengan keceriaan, si buah hati akan tumbuh menjadi anak yang penuh dengan rasa percaya diri dan hal inilah yang akan meningkatkan kecerdasannya.

Pastikan Si Kecil Tidur Cukup

Menurut penelitian di London 1998, bayi yang banyak tidur memiliki pertumbuhan otak yang optimal karena tidur adalah salah satu stimulus untuk proses tumbuh kembang otak. 75 persen hormon pertumbuhan diproduksi saat anak tidur. Karenanya, sangat penting untuk memastikan bahwa si kecil tidur dengan pulas dan cukup.

Pemilihan popok yang tepat dapat berpengaruh dengan kepulasan tidur si kecil. Tentunya anak akan merasa tidak nyaman dan terbangun saat popok yang digunakan basah dan lembab. Popok Merries dengan daya serap yang tinggi dan terowongan udara, memastikan bahwa popok yang digunakan memiliki sirkulasi udara yang lancar namun tidak bocor. Si kecil pun dapat tertidur dengan nyenyak.

Batasi Penggunaan Car Seat dan Stroller

Belakangan ini banyak sekali alat-alat yang bisa digunakan untuk membantu kita dalam menggendong anak, contohnya saja car seat dan juga stroller. Semua peralatan tersebut baik untuk digunakan namun sebaiknya tetap lakukan kontak fisik sebanyak-banyaknya dengan menggendong, karena di sinilah ikatan emosional anak dan Moms akan terbentuk. Selain itu, dengan sering bersentuhan langsung, maka anak akan lebih aman dan nyaman sehingga pertumbuhannya akan lebih optimal.