4 Cara Mudah Bagi Anak Belajar Melihat Jam

Merries Insight
07 Januari 2015
Tumbuh Kembang
Share
4 Cara Mudah Bagi Anak Belajar Melihat Jam

Ketika anak masih berumur 4 atau 5 tahun, ia akan belajar mengenal karakteristik jam, jarum pendek dan jarum panjang, atau membaca angka yang tertera di jam digital. Moms dapat membimbing anak untuk memahami saat tertentu dengan jam. Misalnya, “ketika jarum pendek di angka sembilan dan jarum panjang lurus ke atas, itu tandanya adik harus tidur.” Tetapi Moms jangan berharap anak sudah mampu memahami konsep besar untuk membaca jam berapa saat itu.

Untuk tahap awal, Moms dapat mengajak si kecil membaca angka yang terdapat di jam digital. Bagi anak, angka- angka tersebut mungkin tidak bermakna. Tetapi anak tentu akan merasa sangat senang karena ia sudah dapat membaca jam. Biasanya anak-anak usia SD yaitu kelas 1 dan kelas 2 sudah mulai belajar bagaimana cara membaca jam secara lebih rumit dengan jarum pendek dan jarum panjang.

Namun Moms tidak perlu khawatir bila anak usia 6 tahun atau 7 tahun belum memahami bahwa angka 6 dapat bermakna 30 menit dan angka 3 dapat berarti 15 menit. Walaupun demikian, waktu merupakan obsesi untuk orang dewasa. Anak akan terpesona oleh pemahaman terhadap apa itu jam, waktu, dan bagaimana cara kerjanya. Tetapi mereka sama sekali kurang tertarik jika membiarkan waktu mengontrol hidupnya. Ini adalah pelajaran di mana Moms ingin sekali dapat membantu buah hatinya untuk memahami waktu. Berikut ini adalah beberapa tips mudah untuk mengajarkan tentang waktu kepada anak.

Kata Keterangan Waktu

Ketika berbicara dengan si kecil, sesekali sisipkan kata keterangan waktu seperti kemarin, besok, minggu depan, tadi pagi, dsb.

Menjelaskan Urutan Aktivitas

Daripada Moms mengatakan, “Adik akan berenang jam empat sore,” sebaiknya katakan demikian, “Adik sekarang makan siang dulu, kemudian tidur siang. Setelah bangun tidur nanti kisa akan pergi berenang.”

Menandai Peristiwa Khusus Dengan Kalender

Tandai peristiwa khusus di kalender seperti tanggal ulang tahun semua anggota keluarga, rencana liburan tahun baru atau peristiwa khusus lainnya. Kalender dapat membantu si kecil memahami hari, minggu, bulan, dan juga tahun.

Membuat Jam Analog

Ajak si kecil untuk membuat sendiri jam analog. Bila anak sudah mengenal angka, Mom dapat menanyakan angka berapa di jarum pendek dan angka berapa di jarum panjang.