Tidak Harus Sayuran dan Daging, Lumpia Bisa Diisi Dengan Nugget Keju Lho!

Merries Insight
05 Maret 2019
Resep
Share
Tidak Harus Sayuran dan Daging, Lumpia Bisa Diisi Dengan Nugget Keju Lho!

Artikel ini berisi tentang :

  1. Bahan Utama Lumpia Nugget
  2. Bahan Saus Lumpia
  3. Cara Membuatnya Lumpia Nugget
  4. Alteratif Menu Serupa

Lumpia merupakan salah satu jajanan populer yang tidak hanya disukai orang dewasa, anak-anak pun bisa menyantapnya. Ciri khas dari makanan ini adalah, garing di luar, dengan isian yang penuh kejutan. Ada yang bersisi sayuran, daging, hati ayam, ikan, cumi, telur dan berbagai bahan isian lainnya.

Nah untuk kali ini kita akan mencoba membuat lumpia dalam versi berbeda. Biasanya lumpia berisi daging atau sayuran, sekarang isinya kita akan ubah dengan menggunakan nugget keju. Terbayang kan bagaimana lezatnya sajian ini? Daripada nunggu lama, kita simak yuk resepnya di bawah ini!

Bahan Utama Lumpia Nugget

  • 4 lembar kulit lumpia siap pakai
  • 4 buah nugget ayam, diiris tipis
  • 75 gram keju cheddar, dipotong persegi
  • 50 gram tepung roti
  • 1 butir telur, dikocok rata
  • Minyak goreng, secukupnya

Bahan Saus Lumpia

  • 30 gram mayones
  • 30 gram saus tomat

Bahan ini hanya bersifat optional saja. Selain dengan menggunakan saus di atas, Moms bisa menyajikan lumpia dengan tambahan saus telur asin, saus bawang, atau potongan cabai rawit. Sesuaikan dengan selera.

Cara Membuatnya Lumpia Nugget

  1. Siapkan talenan kemudian lapisi dengan kertas, dan bubuhkan sedikit minyak di atasnya. Ratakan.
  2. Ambil kulit lumpia, dan simpan di atas talenan. Isi kulit lumpia dengan keju dan nugget sesuai selera. Lipat menyerupai lumpia dan padatkan. Lakukan untuk sisa bahan lumpia. Sisihkan.
  3. Ambil telur, kemudian kocok. Sisihkan. Siapkan tepung roti disampingnya dalam wadah terpisah. Usahakan menggunakan wadah datar.
  4. Panaskan minyak, ambil lumpia dan celupkan ke dalam telur kocok. Gulingkan ke dalam tepung roti, dan goreng hingga lumpia kuning kecokelatan. Lakukan hal yang sama untuk sisa adonannya.
  5. Angkat lumpia dan tiriskan. Lumpia siap disantap selagi hangat bersama dengan saus tomat dan mayonnaise, atau saus lainnya yang Moms pilih.

Alteratif Menu Serupa

Untuk mempercantik penyajian, Moms bisa menambahkan mentimun yang dipotong pipih, potongan kol putih, dan selada. Selain itu, bahan isian lumpia bisa Moms sesuaikan dengan bahan-bahan yang ada, atau disesuaikan saja dengan kebutuhan.

Jika Si Kecil tidak suka makan sayuran, lumpia bisa diisi dengan wortel, potongan kentang, buncis, tauge, potongan tomat, jamur, dan bahan-bahan lainnya. Cara ini dilakukan sebagai media agar Si Kecil belajar menyukai sayuran. Selamat mencoba Moms!