Yuk Moms Mengenal MPASI Bayi Usia 7 bulan

Merries Insight
29 Juni 2020
Resep
Share
Yuk Moms Mengenal MPASI Bayi Usia 7 bulan

Moms, pada usia 7 bulan, kemampuan makan Si Kecil sudah lebih berkembang dibandingkan usia sebelumnya. Pada usia 6 bulan dimana ia mulai mengenal Makanan Pendamping ASI (MPASI), bayi masih kesulitan untuk bisa makan sendiri.  Nah, pada usia 7 bulan ini, tentunya ada penambahan akan perkembangan kemampuan Si Kecil.  

Pada usia 7 bulan ini, kemampuan koordinasi mata tangan Si Kecil dengan makanan mulai terasah. Tangannya mulai belajar untuk menggenggam makanan. Ia pun mulai mampu memindahkan makanan dari satu tangan ke tangan lainnya. Di usia ini pula, Si Kecil mulai makin merasa tertarik mengeksplorasi keterampilan barunya dengan makanan dan peralatan makan.

Kalau diperhatikan Moms, Si Kecil seperti sedang mengacak-acak makanan yang kita berikan. Bahkan mangkuk dan tempat makan jadi berantakan. Akan tetapi, sebetulnya itu merupakan cara ia belajar mengenal dan merasakan tekstur makanan melalui kedua tangannya. Ini menjadi momen yang menyenangkan dan membuat nyaman anak ketika mengenalkan aneka jenis makanan baru sesuai usianya.

Agar tidak terlalu berantakan, Moms dapat menaruh sebuah alas di bawah mangkuk atau piring makannya. Dengan demikian, Moms akan lebih mudah untuk membereskan dan membersihkan area tersebut. Atau, Moms juga bisa memakaikan celemek makan untuk bayi sehingga makanan yang ‘diacak-acak’ itu tidak mengotori bajunya juga. 

Nah, pada usia 7 bulan ini, Si Kecil umumnya mulai tertarik dengan berbagai hal, termasuk makanan. Tak heran bila ia berusaha merebut makanan yang sedang disantap Moms, misalnya. Saatnya kita mencoba mengenalkan berbagai jenis MPASI baru. Namun, tentu saja tetap memperhatikan kemampuan makan di usia 7 bulan ini. MPASI yang diberikan masih berupa makanan lunak atau semi padat. 

Tekstur Makanan MPASI 7 Bulan

Pada usia 7 bulan ini adalah waktu yang pas untuk memberikan MPASI dengan tekstur halus namun lebih kental. Hal ini seiring dengan kemampuan atau keterampilan makan Si Kecil yang makin meningkat. Dengan tekstur makanan yang demikian, bayi juga akan belajar untuk mengunyah makanan sekaligus melatih kemampuan makan.

Bagaimana bila Si Kecil belum tumbuh gigi? Moms tentunya tak perlu cemas. Walaupun tekstur MPASI tampak kental, namun masih tergolong halus dan memudahkan Si Kecil untuk mengunyahnya. 

Berikut ini beberapa alternatif pilihan yang bisa Moms kenalkan untuk Si Kecil usia 7 bulan sehingga lebih mengenal aneka menu MPASI. 

  • Beragam jenis sayur-sayuran dan buah-buahan
  • Pangan yang mengandung atau berbahan tepung, misalnya nasi, kentang, roti, atau pasta.
  • Daging ayam, daging merah, ikan, dan telur 
  • Susu dan berbagai produk olahannya

Tentunya Moms, makin banyak jenis pangan atau bahan makanan yang dijadikan menu MPASI bayi 7 bulan, semakin banyak pula zat-zat gizi yang bisa didapat  Si Kecil. Dengan memberikan beragam makanan yang mengandung bermacam zat gizi, pastinya akan memudahkan Moms dalam pemenuhan kebutuhan gizi harian Si Kecil dengan lebih baik dan optimal. 

Selain memberikan MPASI dengan tekstur lunak dan agak kental, Moms juga tetap dapat memberikan ASI pada bayi usia 7 bulan ini. Berdasarkan Pedoman Gizi Seimbang yang disarankan oleh Kementerian Kesehatan, pemberian ASI setidaknya tetap diberikan hingga Si Kecil berusia 2 tahun. Maka pemberian MPASI semi padat untuk Si Kecil tetap diiringi pemberian ASI. Kenapa? Karena ASI yang mengandung berbagai zat gizi penting yang dibutuhkan bayi usia 7 bulan ini, meski kuantitas atau jumlahnya tidak banyak seperti sebelumnya.

Jumlah ASI untuk Bayi Berusia 7 Bulan

Lalu, berapa banyak MPASI yang perlu diberikan pada bayi usia 7 bulan? Secara prinsip, pemberian MPASI pada usia ini tidaklah jauh berbeda dengan usia 6 bulan.  Berdasarkan saran dari Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), pemberian makanan pada bayi usia ini dapat diberikan sebanyak 2-3 kali per hari. Selain itu, Moms juga tetap memberikan ASI. 

Pemberian MPASI ini juga dapat Moms sesuaikan dengan selera makan Si Kecil. bila pada usia sebelumnya Si Kecil hanya diberikan 2-3 sendok makan MPASI per hari, maka di usia 7 bulan ini bisa ditambahkan secara bertahap. Misalnya, di usia 7 bulan ini MPASI ditambahkan menjadi

 ½ mangkuk. Oh ya, Moms perlu perhatikan juga waktu atau durasi makan sebaiknya tidak melebihi 30 menit pada setiap kali Si Kecil mengkonsumsi MPASI. Selain itu, untuk bayi usia 7 bulan berikan juga makanan ringan atau camilan sebanyak 1-2 kali per hari di antara waktu makan MPASI utama.

Metode Pemberian Makan untuk Bayi Berusia 7 Bulan

Pada usia 7 bulan ini umumnya kemampuan menggenggam bayi mulai meningkat. Boleh-boleh saja Moms mulai mengenalkan peralatan makan seperti sendok pada Si Kecil. Akan tetapi, perlu diperhatikan keterampilannya menggunakan alat makan tersebut belum terlatih. Misalnya kemampuan untuk memegang lalu memasukkan makanan ke dalam mulutnya dengan menggunakan sendok.  Mungkin ia akan berusaha meniru apa yang dilakukan Moms ketika makan. Namun karena kemampuan atau keterampilannya itu belum sempurna yang terjadi justru makanan berantakan.  

Ya, di usia 7 bulan ini kemampuan koordinasi  dan keterampilan Si Kecil  belum sampai pada tahap bisa makan sendiri pakai sendok.  Biasanya setelah memasuki usia di atas 1 tahun, ia mulai terampil makan menggunakan sendok garpu sendiri.  Seiring berkembang dan bertambah usianya, keterampilan dan kemampuan itu bisa dilaluinya.  Namun, tak ada kelirunya bila Moms mencoba memberikan satu sendok untuk sekadar memperkenalkan anak makan dan MPASI di usia 7 bulan tersebut.

Meski sendok tersebut belum dapat dipakai sebagaimana mestinya, tapi bayi usia 7 bulan ini akan lebih mengenal aneka peralatan makan. Hal yang perlu Moms perhatikan, pilih peralatan makan yang aman untuk Si Kecil, misalnya sendok dengan bahan lentur dari plastik. Hal ini untuk menjaga keamanan dan kenyamanan bila Si Kecil mencoba meniru Moms memasukkan makanan  ke dalam mulut dengan sendoknya.

Nah, berikut ini tips pemberian MPASI untuk bayi berusia 7 bulan agar kebutuhan gizi hariannya tercukupi. 

  • Berikan MPASI yang mengandung bahan pangan bervariasi yang meliputi sumber karbohidrat, protein, lemak dan sebagainya. Moms bisa mendapatkan kandungan gizi dari pangan berupa sayuran, daging, ikan, dan buah-buahan.
  • Pastikan bahan pangan untuk MPASI bayi usia 7 bulan ini dihaluskan atau ditumbuk terlebih dulu saat proses pengolahan. Hal ini akan memudahkan Si Kecil ketika makan dan menghindari risiko tersedak.
  • Usahakan proses makan tidak lebih dari 30 menit ya Moms sehingga pemberiannya optimal. Karena itu, upayakan untuk fokus dan hindari kegiatan yang bisa mengganggu proses Si Kecil makan, misalnya sambil bermain.
  • Latih Si Kecil untuk dapat duduk di kursi makan khusus. Hal ini untuk membiasakannya makan sambil duduk, sekaligus juga mencegah risiko tersedak, bila makan sambil melakukan kegiatan lain.
  • Bila ada anggota keluarga yang mengalami alergi, konsultasikan dengan dokter ahli. Hal ini supaya Moms nanti selektif dalam mengenalkan jenis bahan pangan atau makanan baru pada Si Kecil usia 7 bulan ini. Meski begitu, kendala ada riwayat alergi bukan menjadi halangan untuk memberikan bermacam jenis MPASI pada bayi usia 7 bulan. 

Nah Moms, yuk penuhi kebutuhan gizi harian Si Kecil usia 7 bulan ini dengan beragam MPASI agar pertumbuhan dan perkembangannya optimal.