Menu MPASI 4 Bintang untuk Si Kecil

Merries Insight
15 September 2020
Umum
Share
Menu MPASI 4 Bintang untuk Si Kecil

Saat Si Kecil memasuki usia 6 bulan, ia mulai bisa diberikan makanan pendamping ASI (MPASI). 

Pada tahap awal, Moms bisa memberikan bayi hanya satu jenis bahan makanan untuk mengenalkan tekstur dan rasa. Kemudian, secara bertahap, Moms dapat mengenalkan menu MPASI 4  bintang, yaitu makanan yang mengandung empat unsur gizi. Adapun keempat zat gizi tersebut adalah karbohidrat, protein hewani, protein nabati dan sayuran.

Karbohidrat bisa didapatkan dari beras putih, beras merah, jagung dan umbi-umbian. Protein hewani bisa didapatkan dari daging sapi, daging ayam, ikan atau telur.  Kemudian, protein nabati bisa Moms dapatkan dari kacang-kacangan seperti tahu, tempe, polong dan kacang merah. Untuk sayuran, Moms bisa memberikan wortel, brokoli, labu dan lain sebagainya.

Nah perlu Moms ketahui, menu MPASI 4 bintang ini penting diberikan di masa pertumbuhan Si Kecil. MPASI 4 bintang dapat memenuhi kebutuhan Si Kecil akan zat-zat gizi sehingga terhindar dari risiko malnutrisi, berat badan rendah dan risiko stunting. 

Mungkin Moms bertanya, apa bedanya MPASI 4 bintang dengan menu MPASI lainnya. Sebenarnya MPASI 4 bintang merupakan istilah yang dipopulerkan agar masyarakat agar lebih mudah memahami pentingnya beragam gizi bagi Si Kecil.  Namun dalam konteks ilmiah, sebenarnya yang dimaksud adalah MPASI menu seimbang. 

Sebelum membuat menu MPASI 4 bintang untuk Si Kecil, Moms perlu ketahui hal-hal berikut ini:

Waspadai reaksi alergi

Perhatikan Moms adakah reaksi alergi yang dialami Si Kecil. Beberapa bayi kemungkinan bisa mengalami alergi terhadap jenis makanan tertentu, seperti ikan atau telur. Reaksi alergi tentunya bisa berbeda-beda, misalnya kulit Si Kecil memerah, gatal atau ruam setelah mengonsumsi makanan tersebut. Bila mengalami demikian, sebaiknya hentikan pemberian menu MPASI tersebut dan ganti dengan menu yang lain. 

Buat catatan menu MPASI

Mencatat menu MPASI untuk mengetahui potensi alergi dan menu favorit bayi. Moms bisa membuat catatan menu yang dikonsumsi Si Kecil dalam satu minggu.  Catatan menu juga untu mengatur menu MPASI sehingga tidak menggabungkan bahan pangan berserat tinggi dan berpotensi menimbulkan sembelit secara bersamaan, seperti beras merah, wortel, pisang, buncis, dan kentang.

Perhatikan asupan cairan 

Bila Moms memberikan Si Kecil menu MPASI yang didominasi makanan berserat tinggi, maka seimbangkan dengan camilan mengandung air, misalnya semangka atau pir.

Pastikan Jaga Kebersihan 

Perhatikan kebersihan tangan Moms dan peralatan untuk mempersiapkan MPASI 4 bintang. Cuci bahan-bahan yang akan digunakan untuk membuat menu MPASI 4 bintang. Pisahkan talenan yang digunakan untuk memotong bahan mentah dan bahan matang. Menjaga kebersihan ini sebagai upaya menghindarkan Si Kecil dari kuman penyakit. 

Hindari Perasa Makanan yang  Berlebihan 

Anak usia di bawah 12 bulan tidak boleh diberikan gula dan garam. Namun Moms bisa menambahkan bumbu-bumbu seperti bawang merah, bawang putih untuk menambah selera makan Si Kecil dan tidak terasa hambar. Kalau ayam juga bisa membuat menu MPASI 4 bintang semakin gurih. 

Hindari makanan yang belum matang 

Makanan yang belum matang bisa menjadi sumber penyakit bagi Si Kecil, misalnya bakteri salmonella dari telur atau ayam. Karena itu, pastikan memberikan menu yang sudah matang. 

Variasikan Menu Makanan 

Agar Si Kecil tak merasa bosan, coba variasikan menu MPASI 4 bintang. Misalnya, untuk makan pagi menu nasi tim, makan siang dengan kalio daging tahu, dan makan malam dengan sapo tahu udang.  Jika Si Kecil menolak jenis makanan baru, cobalah untuk mengenalkan lagi dengan mencampur makanan kesukaannya sampai makanan baru tersebut dapat ia terima. Ini yang membuat catatan menu MPASI Si Kecil penting, agar selain memastikan menu yang diberikan seimbang dari segi gizi, Moms juga bisa mempelajari menu yang bayi suka agar menghindari Gerakan Tutup Mulut (GTM)

Perhatikan Tekstur, Frekuensi, Porsi  Menu MPASI

Perhatikan tekstur, frekuensi dan porsi MPASI.  Untuk bayi usia 6-9 bulan, frekuensi makan 2-3 kali makan besar, dan 1-2 kali makan selingan. Tekstur makanannya disaring terlebih dahulu hingga menuju lumat. Sementara, porsinya 3 sendok makan hingga setengah mangkuk ukuran 250 ml. Sedangkan untuk bayi usia 9-12 bulan, frekuensi makan 3-4 kali makan besar, dan 1-2 kali makanan selingan. Teksturnya seperti dicincang halus dan kasar. Porsinya sebanyak setengah mangkuk 250 ml. Saat Si Kecil usia 1 tahun, ia sudah boleh diberi makanan keluarga. Perubahan porsi makanan ini menyesuaikan kemampuan bayi mencerna makanan sesuai usianya.

Perubahan porsi dan tekstur makanan ini juga akan memengaruhi kotoran lunak Si Kecil lho Moms. Ketika menu MPASI 4 bintang yang diberikan semakin padat, semakin padat pula kotoran lunak Si Kecil. Sehingga, pastikan Si Kecil tidak kekurangan cairan agar tidak sembelit. Selain tekstur, volume dan frekuensi Si Kecil pipis atau BAB juga akan berubah, kemungkinan besar akan semakin sering dan banyak karena semakin banyak asupan yang masuk.

Antisipasi perubahan ini dengan menggunakan pokok yang tepat. Pilih Merries yang memiliki daya serap banyak dan cepat sehingga menjaga pokok tetap kering. Merries juga anti bocor dengan karet fleksibel yang pas di tubuh bayi, sehingga Moms tidak perlu khawatir. 

Pastikan waktu makan yang menyenangkan

Buatlah waktu makan menjadi menyenangkan bagi Si Kecil. Biarkan ia mencoba makanannya sendiri. Jangan takut jika Si Kecil belepotan dan berantakan karena itu bagian dari proses mengenal makanannya. Waktu makan hanya 30 menit, beri jeda sekitar 2 jam antara makan utama atau waktu pemberian camilan. 

Hindari memaksa Si Kecil untuk menghabiskan

Hal lain yang tak kalah penting dalam memberikan MPASI 4 bintang adalah hindari memaksa si Kecil untuk menghabiskan makanan. Biarkan ini menjadi proses bagi Si Kecil untuk belajar mengenal rasa makanan.

Tetap berikan ASI

selain memberikan MPASI 4 bintang, Moms juga tetap memberikan ASI untuk memastikan kebutuhan gizinya tetap terpenuhi. ASI masih menjadi bagian terpenting dari makanan Si Kecil. ASI memasok setengah kebutuhan energi bayi yang sudah berusia usia 6 hingga 12 bulan.

Menu MPASI 4 bintang

Berikut beberapa menu MPASI yang bisa Moms coba untuk si Kecil dengan bahan-bahan yang mudah didapat.

Menu MPASI 4 Bintang Bayi 6 Bulan

Telur ayam kampung

Bahan-bahan yang diperlukan:

  • 2 kuning telur ayam kampung
  • Segenggam kacang merah
  • 8 buah kentang kecil

Cara memasak:

  1. Rebus kentang selama kurang lebih 5 menit, lalu haluskan dan saring
  2. Rebus telur ayam kampung selama kurang lebih 6 menit. Ambil bagian kunignya lalu haluskan dengan menambahkan 1 sdt susu yang telah dicampur air matang
  3. Rebus kacang merah kurang lebih 15 menit lalu blender dan saring
  4. Campur semua bahan menjadi satu dan tambahkan susu

Menu MPASI 4 Bintang Bayi 7 Bulan

Bahan-bahan yang diperlukan:

  • Kentang
  • Daging ayam
  • Tahu
  • Wortel

Cara memasak:

  • Bersihkan semua bahan, lalu potong menjadi kecil 
  • Masukan semua bahan ke dalam slow cooker selama 2 jam 
  • Masukan semua bahan yang telah matang ke dalam blender, kemudian saring

Menu MPASI 4 Bintang Bayi 7 Bulan

Bahan-bahan yang diperlukan :

  • Brokoli
  • Beras 
  • Daging sapi
  • Tempe

Cara memasak:

  • Bersihkan semua bahan, potong menjadi kecil
  • Masukan semua bahan ke dalam slow cooker selama 2 jam 
  • Masukan semua bahan yang telah matang ke dalam blender, kemudian saring

Menu MPASI 4 Bintang Bayi 8 Bulan

Tuna Hijau

Bahan-bahan yang diperlukan:

  • 1 potong ikan tuna
  • 1 sdm tepung beras merah
  • 1 iris kabocha kuning kurang lebih 200 gram
  • 1 buah brokoli dengan ukuran sedang

Cara memasak: 

  1. Masak tepung beras merah sampai matang
  2. Rebus tuna selama kurang lebih 30 menit di slow cooker bersama dengan bumbu yang lain seperti jahe, bawang putih, bawang merah dan irisan wortel.
  3. Kukus brokoli selama kurang lebih 5 menit lalu haluskan dan saring
  4. Kukus kabocha kuning selama kurang lebih 3 menit lalu saring
  5. Campur semua bahan menjadi 1 saat akan disajikan

Menu MPASI 4 Bintang Bayi 10 Bulan

Daging Ayam Tomat

Bahan-bahan yang diperlukan:

  • 3 buah tomat 
  • 150 gr daging ayam
  • 1 buah jagung manis
  • 1 sdm tepung beras merah

Cara memasak: 

  1. Memasak tepung beras merah hingga matang
  2. Rebus daging ayam selama kurang lebih 20 menit bersama dengan bawang putih, bawang bombay, daun prei dan daun seledri. Lalu, haluskan dan saring
  3. Rebus jagung manis selama kurang lebih 5 menit kemudian blender dan saring
  4. Rebus tomat selama 3 menit lalu blender dan saring
  5. Campur semua bahan lalu sajikan

Nah, selamat mencoba membuat menu MPASI 4 bintang ya Moms!