Menu Makanan Bayi 1 Tahun yang Sehat dan Disukai

Merries Insight
07 Juli 2020
Resep
Share
Menu Makanan Bayi 1 Tahun yang Sehat dan Disukai

Makanan Pendamping Air Susu Ibu (MPASI) sudah mulai diperkenalkan pada si Kecil sejak usianya mencapai 6 bulan. Di usia tersebut, menu MPASI yang disajikan masih berupa bubur saring dan juga tim saring. Hal itu disesuaikan dengan kondisi organ pencernaan Si Kecil yang masih dalam tahap perkembangan. Lalu bagaimana dengan menu makanan bayi 1 tahun? Pada masa tersebut bayi sudah dapat diperkenalkan makanan yang memiliki tekstur lebih kasar. 

Pemberian menu makanan pada bayi memang tidak bisa dilakukan secara serta merta. Moms harus memberikannya secara bertahap. Mulai dari tekstur, kepadatan, kelembutan dan juga nutrisinya. Hal itu dilakukan sejalan dengan tingkat pertumbuhan dan kesiapan bayi dalam menerima jenis makanan tersebut. Mungkin Moms pernah mendengar kasus pada tahun 2019 di mana bayi berusia 4 bulan yang meninggal karena diberikan nasi utuh. Hal ini bisa terjadi karena lambung bayi belum siap mencerna bulir nasi.

Saat bayi pertama kali dikenalkan MPASI 6 bulan, mungkin Moms akan sedikit repot karena harus menyaring buburnya, memperhatikan jenis makanan yang berpotensi menimbulkan alergi dan juga menentukan jenis sayuran apa yang tepat untuk diberikan pada Si Kecil. Namun hal ini diharuskan demi kebutuhan Si Kecil sesuai usianya.

Nah pada menu makanan bayi 1 tahun, semua hiruk pikuk itu sudah tidak perlu Moms khawatirkan. Moms sudah mulai terbiasa menyiapkan makanan yang bergizi dan bernutrisi untuknya. Ditambah, saat usia 1 tahun, Si Kecil sudah bisa diperkenalkan menu makanan padat, cukup serupa dengan makanan orang dewasa.

Namun ibarat dua sisi mata uang, ketika bayi baru diperkenalkan MPASI, nafsu makannya mungkin sedang menggebu, tetapi di usianya yang menginjak 1 tahun, biasanya Si Kecil akan mengalami penurunan nafsu makan. Hal ini dikarenakan laju pertumbuhan anak berusia 1 tahun sudah tidak secepat ketika ia masih berusia 6-12 bulan. Perbedaan laju ini juga berdampak pada nafsu makan yang ia miliki. 

Oleh karena itu, penting untuk Moms bisa memberikan menu makanan bayi 1 tahun yang bervariasi, sehat dan pastinya disukai oleh Si Kecil agar ia tetap mau makan. Berikut merupakan tips membuat menu makanan bayi 1 tahun yang bisa dicoba Moms. 

1. Buat menu selama 1 minggu

 

 

Layaknya membuat perencanaan berlibur atau berbelanja, Moms juga bisa memikirkan menu makanan bayi 1 tahun selama 1 minggu ke depan. Tujuannya adalah agar Moms bisa melihat dan mengevaluasi dengan baik mana menu makan yang disukai dan mana yang tidak. Hal ini juga bisa membantu Moms mengatur pengeluaran.

Dengan mempersiapkan menu makanan bayi 1 tahun selama 1 minggu, Moms juga tidak akan kehabisan ide setiap harinya. Karena pertanyaan seperti “apa yang akan dimasak?”, “jenis makanan seperti apa yang diberikan?” sudah dipikirkan 1 minggu sebelumnya. Jika terlihat ada satu menu yang membuat Si Kecil tidak semangat memakan MPASI buatan Moms, cek lagi kandungan apa yang ada dalam menu tersebut dan Moms bisa merencanakan penggantinya.

Apakah dari rasanya yang kurang mantap atau ada kandungan salah satu lauk yang terlalu mendominasi. Saat bayi berusia 1 tahun, makanan yang dimakan oleh orang dewasa memang sudah bisa diberikan kepadanya. Namun, Moms tetap harus memperhatikan kecukupan nutrisi dan keamanannya. Usahakan dalam 1 minggu tersebut, Moms membuat menu yang berbeda setiap harinya. Bisa juga dikombinasikan di antara menu harian tersebut.

Moms juga harus memperhatikan kandungan yang terdapat dalam menu mingguan tersebut. Bagaimana kecukupan proteinnya, kecukupan mineralnya, serat, vitamin dan juga asupan gizinya. Hal ini yang mungkin membedakan menu Si Kecil dengan keluarga yang lain. Ketika Moms sedang merencanakan menu untuk keluarga, pastikan semua kebutuhan gizi anak sudah terpenuhi di menu tersebut.

2. Padukan serat dan juga protein

 

 

Kombinasi menu seperti ini akan membuat bayi menjadi nafsu makan. Menu makanan bayi 1 tahun memang sudah harus bisa menarik nafsu makan Si Kecil. Misal jika Moms membuat sup kentang dan juga wortel untuk bayi, Moms bisa menambahkan potongan daging dada ayam untuk menambah gurihnya.

Bisa juga Moms membuat bubur ayam sendiri dirumah. Bahannya juga cukup mudah, kandungan nutrisi sayur dan juga protein hewaninya sudah cukup untuk menu makannya. Hanya saja, jangan diberikan kerupuk dulu ya, Moms. Kacang kedelai, seledri, kaldu ayam dan juga ayam suwir bisa jadi menjadi kombinasi yang pas untuk menarik minat makannya.

3. Homemade Bakso dan Nugget juga bisa digunakan

 

 

Menu makanan bayi 1 tahun berikutnya adalah berupa makanan beku. Eits, ini bukan makanan beku yang Moms bisa beli di supermarket ya. Melainkan makanan beku yang dibuat sendiri oleh Moms. 

Dengan begitu, Si Kecil bisa bebas dari bahan pengawet dan juga kandungan makanan lain yang belum saatnya diterima oleh perut bayi.

Untuk bakso, Moms bisa membuatnya sendiri dengan mencampurkan daging giling dengan sedikit tepung dan juga sayuran. Blender sayur seperti selada ataupun bit untuk dicampurkan ke dalam adonan bakso. 

Usahakan Moms menggunakan tepungnya sedikit saja ya. Untuk menambahkan cita rasa, Moms bisa menambahkan garam dan lada secukupnya. Proses yang sama untuk membuat nugget ayam di mana Moms juga harus membuatnya sendiri. Langkahnya juga mudah kok, Moms hanya perlu membeli dada ayam utuh kemudian pisahkan daging dan tulangnya. Moms bisa memblendernya atau mencacah ayam hingga halus. Kalau mau mencacah, lakukan saat daging ayam dalam kondisi dingin. Jadi Moms bisa lebih mudah melakukannya.

Setelah itu, jangan lupa campurkan bayam, daun bawang ataupun daun kale ke dalam adonan tersebut. Beri tepung terigu sedikit, kemudian kukus adonan hingga matang. Nah jika sudah begitu, Moms bisa langsung memasukkannya ke dalam freezer agar lebih awet.

Makanan beku atau frozen food sudah bisa diberikan untuk Si Kecil pada usia ini karena Moms membuatnya sendiri. Jangan gunakan makanan frozen yang Moms beli di swalayan ya, karena produk tersebut telah memiliki zat pengawet.

4. Contoh Menu MPASI 1 Tahun: Tuna bakar dengan kentang

 

 

Menu makanan bayi 1 tahun berikutnya adalah tuna bakar dengan kentang tumbuk. Moms bisa membuatnya secara berkala. Menu ini bisa menjadi pilihan karena rasanya yang gurih dan nutrisi dari ikan. Tetapi perhatikan kondisi tubuhnya ya Moms, jika memang memiliki alergi terhadap ikan laut, bisa diganti dengan daging ayam ataupun protein nabati seperti tempe atau tahu.

Caranya juga mudah, Moms hanya perlu memanggang ikan tuna fillet di atas pan dengan sedikit sekali minyak dan taburan garam. Kemudian kukus kentang dan campurkan sedikit bawang putih, keju dan juga susu. Tumbuk bersamaan.

Sausnya, moms bisa membuatnya dengan menggunakan saus bayam. Caranya adalah dengan mengukus bayam yang sudah diiris untuk kemudian dicampurkan dengan mayonaise, susu, margarin dan tepung jagung.

Dengan ragam menu yang variatif tersebut, Si Kecil diharapkan dapat menyukai makanan yang diberikan oleh Moms. Selain itu, terpenting adalah kecukupan nutrisinya juga terjaga dengan baik,karena semuanya dibuat secara sehat, alami dan bebas pengawet. 

Saat Si Kecil bertambah usia, menu makanan bayi 1 tahun yang diberikan harus sudah bisa mengakomodir aktivitasnya. Maklum, jelang 1 tahun biasanya bayi sudah mulai belajar berjalan, ataupun merangkak. Aktivitas fisiknya sudah mulai banyak dan beragam. Perlu makanan yang mampu memenuhi itu semua. Baik untuk sumber tenaganya dan sumber nutrisi guna kecerdasan otaknya. 

Usahakan untuk tidak membeli makanan jadi di restoran dulu ya Moms. Karena Moms tidak tahu bagaimana proses memasaknya, bumbu apa saja yang digunakan, ada bahan yang membuatnya alergi atau tidak, memakai pengawet atau tidak dan lain sebagainya. Dengan Moms membuat menu makanan 1 bayi secara mandiri, semua kekhawatiran itu hilang. Karena Moms bisa menjamin kandungan dan juga makanan yang dibuat adalah sesuai dengan kebutuhan Si Kecil.