Jurus Anti Ribet Buat Menu MPASI 11 Bulan untuk Si Kecil

Merries Insight
07 Juli 2020
Resep
Share
Jurus Anti Ribet Buat Menu MPASI 11 Bulan untuk Si Kecil

Banyak orang merasa kesulitan saat membuat menu Makanan Pendamping Air Susu Ibu (MPASI) untuk Si Kecil. Padahal dengan membuatnya sendiri, Moms bisa menjamin kesehatan dan kebersihan makanan tersebut. Jika ada yang bilang kalau akan repot untuk membuatnya, percayalah itu hanya masalah kebiasaan. Moms bisa melakukan itu untuk membuat menu MPASI 11 bulan yang sehat dan mengasyikkan. 

Membuat menu MPASI 11 bulan sebenarnya mudah. Karena pada usia tersebut, bayi sudah bisa menerima makanan yang agak bertekstur dan padat. Berbeda dengan menu MPASI 6 bulan atau menu MPASI di bawah 11 bulan.

Kala itu, Moms masih harus menyaring makanan yang dimasak, sayur dan buah juga masih harus disaring agar pencernaan Si Kecil tidak kaget. Nah jelang usianya genap  berusia 1 tahun, Moms sudah bisa menyediakan menu yang memiliki tekstur cenderung kasar dan agak padat.

Tujuannya adalah agar sistem pencernaan Si Kecil bisa belajar mencerna makanan yang berbeda dari biasanya. Tetapi karena namanya MPASI 11 bulan, Moms juga harus memperhatikan asupan makanan diri sendiri. Agar pasokan ASI ke SI Kecil tidak terhambat dan berjalan lancar. 

Meskipun makanan yang diberikan sudah bisa lebih bervariasi, Moms belum bisa memberikan wortel, tomat dan seledri mentah ya. Menu itu baru bisa diberikan saat usianya sudah menginjak 12 bulan. 

Oh ya, telur juga belum bisa diberikan ya Moms. Tahan dulu keinginan untuk menciptakan makanan berbahan dasar telur di MPASI 11 bulan. Karena di usianya yang masih terus berkembang, sensitivitas terhadap bahan makanan yang mengundang alergi masih cukup tinggi.

Nah berikut merupakan jurus anti ribet yang bisa Moms lakukan untuk membuat menu MPASI 11 bulan. Terpenting adalah Moms harus jeli melihat menu apa yang diinginkan Si Kecil. Karena hal itu juga akan menambah semangat Moms saat melihat senyum Si Kecil saat menyantap makanan Moms.

1. Buat menu MPASI 11 bulan dari bahan dasar ayam

 

 

Menggunakan bahan dasar ayam dalam menu MPASI 11 bulan merupakan cara yang pintar. Karena dengan memasaknya, Moms bisa membuat beberapa sajian sekaligus. Moms bisa membuat cemilan berbahan dasar ayam rebus yang telah dipotong dadu bersama dengan wortel. Selain wortel harus dimasak hingga masak agar tekstur lebih lunak, jangan lupa Moms belum bisa memberikan garam ya. 

Biarkan bayi merasakan rasa asli dari ayam dan wortel. Menu tersebut bisa Moms jadikan bahan cemilan untuk Si Kecil.

Air rebusan dari menu ini juga bisa Moms simpan dan pergunakan lagi, sehingga jangan langsung dibuang. Menu lain yang bisa Moms pilih untuk memanfaatkan air rebusan ayam dan wortel adalah sup dan nasi tim.

Rasa dari kaldu ayam dan juga wortel akan menambah citarasa dari masakan yang Moms berikan. Selain itu, nutrisi yang terdapat dalam kaldu juga masih cukup baik Moms. 

Memasak makanan menggunakan bahan dasar ayam banyak dilakukan oleh para Moms yang bekerja di luar rumah. Proses memasaknya dilakukan setelah pulang kerja. Simpan air bekas rebusannya di kulkas untuk proses memasak besok harinya. Praktis dan tidak ribet bukan?

2. Stok bahan belanja selama 1 minggu

 

 

Saat membuat menu MPASI 11 bulan, variasi makanan dan juga kecukupan nutrisi sudah harus menjadi perhatian Moms sekalian. Karena di usianya yang sudah mulai banyak bergerak dan juga belajar, Si Kecil bisa mengalami malas makan.  Oleh karenanya, penting untuk membuat menu yang variatif setiap harinya. Untuk lebih memudahkan aktivitas Moms sekalian, Moms bisa berbelanja langsung untuk membuat menu selama 1 minggu. 

Buatlah list kebutuhan barang apa saja yang akan dibeli di pasar. Moms bisa memanfaatkan layanan pesan antar online juga jika tidak sempat ke pasar dan/atau supermarket. Kini sudah ada banyak layanan jasa beli dan antar untuk kebutuhan sehari-hari seperti sayur dan mayur yang bisa Moms pilih.

Dengan membeli stok belanja selama 1 minggu, maka menu MPASI 11 bulan yang akan dibuat bisa menjadi variatif. Moms bisa dengan mudah memikirkan akan mengkombinasikan bahan makanan apa. Karena semuanya sudah tersedia di rumah. Moms juga bisa menghindari bahan yang terbuang karena sudah Moms siapkan dari awal.

3. Buatlah makanan dari satu jenis sayuran dan keju

 

 

Agar proses membuat menu MPASI 11 bulan tidak terasa merepotkan, Moms bisa membuatnya dari satu bahan dasar sayuran. Sebagai contoh, Moms bisa memasak brokoli. Pertama rebus brokoli selama 8 menit. Jangan merebusnya terlalu lama, karena hal itu akan menghilangkan kandungan nutrisi dan juga vitamin yang terkandung dalam brokoli. Setelah matang, tumis brokoli dengan campuran keju cottage. Keju ini memang belum terlalu populer di Indonesia dan hanya bisa didapatkan di supermarket. Namun, Moms bisa mulai mempertimbangkannya karena keju cottage memiliki nutrisi yang baik. Beberapa penggantinya adalah, keju ricotta atau tahu putih karena teksturnya yang mirip. 

Ingat, sistem pencernaan Si Kecil belum berjalan maksimal, jadi Moms memang harus lebih menyeleksi asupan apa saja yang bisa dimakan olehnya. Keju cottage, ricotta dan tofu bisa Moms pilih karena memiliki kandungan protein yang disebut sebagai kasein. Kandungan ini yang mampu membantu dan meningkatkan massa otot Si Kecil. Tubuh Si Kecil pun bisa menjadi lebih berisi dan sehat. Berat badannya bisa bertambah secara simultan setiap bulannya. 

4. Buat menu Yogurt

 

 

Menu MPASI 11 bulan lainnya yang mudah adalah paduan antara yogurt dengan saus blueberry.  Usahakan menggunakan bahan dasar yogurt tanpa rasa alias plain ya Moms. Moms hanya perlu mencampurnya menggunakan blender.  Tidak perlu tambahkan gula atau garam ke dalam bahan makanannya ya Moms. Selain blueberry, Moms juga bisa memilih stroberi.

Kebutuhan natrium bayi berusia di bawah 12 bulan hanya sebanyak 0,4 gram per hari. Jumlah itu juga sudah bisa terpenuhi dari ASI dan sayuran yang selama ini Moms berikan. Dengan memberikan makanan dan zat yang terkandung di dalamnya secara tepat, Moms sudah membantu Si Kecil untuk mencapai pertumbuhan yang optimal. 

5. Pilih popok yang tepat

 

 

Dalam menyiapkan menu MPASI 11 bulan, waktu moms pasti akan banyak tersita. Tetapi, kesehatan dan kenyamanan Si Kecil juga tidak bisa terlupakan. Moms yang sudah bisa memilih popok bayi yang tepat untuk Si Kecil bisa langsung fokus untuk urusan MPASI-nya. Tetapi yang masih sibuk mencari popok terbaik, perhatiannya akan menjadi terpecah.  

Dalam memilih popok bayi, pilihlah yang memiliki daya serap dan daya tampung yang tinggi. Moms juga harus melihat sirkulasi udara yang ada dalam popok, apakah sirkulasi baik sehingga popok bisa cepat kering dan tidak pengap. Sirkulasi menjadi penting karena banyak bayi yang mengalami ruam popok yang disebabkan popok tidak mampu menyerap cairan dengan cepat, sehingga bagian dalam menjadi lembap dan rawan iritasi. Moms bisa menggunakan Merries sebagai popok bayi pilihan. Teknologi 3 lapisan bersirkulasi udara dengan terowongan udara membuat popok tetap sejuk dan memiliki daya serap yang baik. Kulit bayi tetap kering dan tidak terasa pengap. Popok ini mampu memberikan kenyamanan pada bayi. 

Moms jadi bisa langsung fokus mempersiapkan menu MPASI 11 bulan untuk Si Kecil. Jadi semuanya bisa berjalan dengan lancar tanpa ada hambatan. Pemilihan popok yang baik juga bisa berpengaruh terhadap proses tumbuh kembangnya lho Moms. Karena dengan penggunaan popok yang nyaman, bayi juga akan leluasa untuk bergerak lincah. Sehingga pertumbuhannya bisa berjalan lancar.  Jadi, jangan salah pilih ya!