Gunakan Bahan Ini, Untuk Menu MPASI 4 Bintang yang Lengkap dan Sehat

Merries Insight
13 Juli 2020
Resep
Share
Gunakan Bahan Ini, Untuk Menu MPASI 4 Bintang yang Lengkap dan Sehat

Melihat Si Kecil dapat tumbuh sempurna merupakan impian semua orang tua. Mulai dari cara dia merangkak, berbicara, berjalan dan makan, semuanya itu membuat jerih payah yang dilakukan Moms sekalian terbayarkan sempurna. Salah satu penunjang utama dalam tumbuh kembang anak adalah asupan gizi lewat makanan. Moms bisa mulai memberikan makanan saat bayi sudah mulai berusia 6 bulan dengan Makanan Pendamping Air Susu Ibu (MPASI).

Membincang MPASI  bukan hanya tentang makanan yang disukai oleh bayi. Dengan Memenuhi kaidah 4 bintang dalam menu  MPASI-nya bisa membuat pertumbuhan bayi lebih baik lagi. Moms sekalian bisa menggunakan bahan-bahan pilihan yang tidak harus mahal dalam saat menyiapkan menu MPASI 4 bintang.

Apalagi saat melihat Si Kecil makan dengan lahap menu MPASI 4 bintang yang moms buat, rasanya bahagia sekali. Untuk membuat menu MPASI 4 bintang tidaklah sulit, moms bisa menggunakan bahan yang ada untuk merubahnya menjadi sajian yang bergizi juga sehat.

Moms tidak perlu harus memborong barang-barang impor untuk memenuhinya. Berbagai bahan yang biasa Moms temukan di pasar sudah cukup untuk membuat menu MPASI 4 bintang.

Apa Itu Menu MPASI 4 Bintang?

Menu MPASI 4 bintang sendiri merupakan menu Makanan Pendamping ASI dengan kandungan 4 gizi utama. Pemberian menu MPASI 4 bintang merupakan salah satu cara untuk memperkuat bayi saat dalam masa pertumbuhan.  Setiap menu yang disajikan diharapkan mampu memenuhi kebutuhan nutrisinya, mulai dari zat besi dan zat baik lainnya. Dengan begitu, risiko bayi mengalami berat badan kurang hingga stunting bisa dihindari. 

Ingat ya Moms, dengan menyiapkan menu MPASI 4 bintang, Moms berarti sudah berusaha memberikan bekal yang cukup untuk bayi agar bisa sehat dan cerdas saat dewasa nanti. Nah berikut merupakan kandungan gizi yang harus Moms penuhi dalam membuat menu 4 bintang.

1. Karbohidrat

Kandungan ini penting untuk sumber tenaga Si Kecil untuk beraktivitas. Karbohidrat yang masuk ke dalam tubuh pertama kali akan diubah menjadi bentuk yang sederhana menjadi monosakarida atau zat gula. Zat inilah yang kemudian diserap oleh tubuh dan disalurkan ke seluruh organ melalui aliran darah dan kemudian menjadi sumber energi bagi Si Kecil. Semakin banyak monosakarida yang dialirkan di aliran darah, semakin banyak glukosa yang terbentuk. Karbohidrat bisa didapatkan dari semua jenis beras dan juga umbi-umbian. Semua bahan itu tidak perlu susah payah didatangkan dari luar negeri, bukan? Moms bisa mendapatkan bahan seperti beras dan umbi-umbian di pasar yang ada di dekat rumah dengan kualitas yang sangat baik. 

2. Protein hewan

Untuk membuat menu MPASI 4 bintang, Moms juga harus memperhatikan kandungan proteinnya. Zat ini penting bagi tubuh karena diperlukan untuk pembentukan tulang, otot, tulang rawan, darah dan juga kulit.

Selain itu, kandungan protein juga mampu melakukan regenerasi sel dan mendukung sistem kekebalan tubuh. Protein yang masuk kedalam tubuh akan dipecah menjadi asam amino yang dibutuhkan oleh seluruh organ tubuh. Zat Pembentukan enzim dan hormon tubuh juga didapatkan dari zat protein. Kemampuan tubuh untuk menghancurkan racun didalam tubuh, memperkuat antibodi, menyimpan cadangan nutrisi tubuh juga dilakukan oleh protein. 

Sejatinya, tubuh ini juga memiliki kemampuan untuk memproduksi asam amino sendiri, namun jumlahnya tidak banyak, sehingga kurang untuk bisa dimanfaatkan oleh seluruh organ. Itu mengapa protein diperlukan oleh Si Kecil dalam proses tumbuh kembangnya. 

Moms bisa mendapatkan zat ini dalam daging sapi, daging ayam, ikan ataupun telur. Namun, khusus untuk ikan dan telur, Moms harus memperhatikan dengan seksama reaksi Si Kecil ketika diberikan asupan dengan bahan ikan dan telur, khususnya ikan laut. Karena tidak sedikit bayi yang mengalami reaksi alergi ketika mencoba ikan dan telur. Moms bisa mengurangi dan mengganti kedua bahan ini dengan daging sapi jika Si Kecil menunjukan reaksi alergi.

3. Protein nabati

Kandungan yang harus dipenuhi dalam menu MPASI 4 bintang lainnya adalah protein nabati. Berbeda dengan protein hewan yang didapatkan dari mamalia darat, unggas dan ikan, protein nabati banyak didapatkan dari jenis kacang-kacangan.  Senyawa yang terkandung dalam protein nabati dipercaya mampu menurunkan risiko diabetes tipe II dan risiko penyakit jantung di kemudian hari.

Selain itu, dengan cukup mengkonsumsi protein nabati, Si Kecil juga akan lebih stabil dalam berat badannya.  20% bagian tubuh terbentuk dari protein. Mulai dari rambut, kuku, tulang dan lainnya. Karena zat ini tidak dapat disimpan dalam waktu yang lama di tubuh, Moms harus memperhatikan kebutuhan protein harian Si Kecil.  Protein juga bisa Moms dapatkan dari tahu, kacang merah, kale, oatmeal, almond dan jenis kacang-kacangan lainnya. Jika memang sulit untuk mendapatkan almond, moms bisa menggunakan tempe sebagai sumber protein nabati bagi Si Kecil. Menu olahan dari bahan-bahan di atas juga sangat banyak. Moms bisa membuat steak tempe atau sup miso yang berisi tahu, rumput laut dan juga tahu putih. 

Semuanya bisa mudah didapatkan dari pasar tradisional yang berada tidak jauh dari rumah. Dengan memperhatikan kecukupan nutrisi hariannya, diharapkan proses tumbuh kembang Si Kecil dapat berjalan sempurna. 

4. Sayuran

Menu MPASI 4 bintang ini merupakan menu yang biasanya selalu hadir dalam makanan Si Kecil. Sayuran mengandung serat dan juga vitamin yang membantu memperkuat sistem pencernaan tubuh. Moms bisa mencampur semua bahan makanan dengan sayuran. Mulai dari usia 6 bulan, menu MPASI yang ada sebenarnya sudah diperkenalkan sayuran. Sayuran yang bisa Moms pilih adalah brokoli. Brokoli menjadi sayuran dengan kaya vitamin yang baik disantap Si Kecil. Moms bisa memotong kecil-kecil brokoli dan wortel yang telah dimasak sebelumnya, lalu sajikan dengan keju. Menu ini mungkin terlihat sederhana, tapi sebenarnya telah memenuhi kebutuhan semua nutrisi hingga disebut menu MPASI 4 bintang.

Sayuran penting juga untuk menjaga berat badan bayi tetap ideal, sehingga risiko terjadinya obesitas bisa dihindari. Sayuran juga baik untuk menyehatkan kulit, memperkuat tulang juga mata.

Moms bisa mencampur karbohidrat, protein hewani, protein nabati dan juga sayuran dalam menu MPASI 4 bintang. Tujuannya agar kecukupan nutrisi bayi terpenuhi dengan baik.  Sesuai dengan namanya makanan pendamping air susu ibu, menu MPASI 4 bintang merupakan suplemen tambahan di samping nutrisi yang disediakan oleh ASI.

Dengan begitu, sistem pencernaan bayi juga akan semakin lancar, karena metabolisme tubuh bekerja dengan sempurna. Selama masa pengenalan dan adaptasi MPASI, kemungkinan besar konsistensi dan frekuensi dari kotoran lunak bayi berubah. Perubahan ini bisa Moms antisipasi dengan memilih popok bayi yang berkualitas yang digunakan Si Kecil. Pilihlah popok yang memiliki bahan lembut dan tidak menimbulkan iritasi bagi kulit Si Kecil.  Kecepatan untuk menyerap cairan dan sirkulasi udara yang ada di dalam popok juga wajib menjadi pertimbangan Moms sekalian dalam memilih popok bayi.

Moms bisa menggunakan Merries sebagai pilihan popok bayi berkualitas. Teknologi yang digunakan dalam popok Si Kecil sudah menggunakan teknologi tinggi, sehingga kelembutan, sirkulasi udara dan juga daya tampungnya menjadi lebih sempurna.