Delicious Baby Oats, Makanan Sehat Untuk Si Kecil

Merries Insight
20 November 2019
Resep
Share
Delicious Baby Oats, Makanan Sehat Untuk Si Kecil

Artikel ini berisi tentang :

  1. Manfaat Oatmeal Untuk Si Kecil
  2. Bahan Utama Baby Oat
  3. Cara Membuat Baby Oat
  4. Trik Memilih Oatmeal Terbaik Untuk Si Kecil

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Framingham State College, pada dasarnya sejak usia 6 bulan Si Kecil sudah boleh mengkonsumsi oatmeal. Makanan ini tidak hanya lezat, tapi mengandung sejumlah kebaikan yang mampu memberikan manfaat lebih untuk tumbuh kembang Si Kecil.

Manfaat Oatmeal Untuk Si Kecil

Oatmeal merupakan bahan makanan yang diolah dari gandum. Di dalamnya, makanan ini mengandung sejumlah nutrisi, salah satunya beta-glucans, yang merupakan sejenis gula alami yang sangat baik untuk memaksimalkan kinerja sel-sel sistem imun dalam tubuh Si Kecil.

Hal ini dibuktikan lewat penelitian yang dipublikasikan dalam US National Library of Medicine National Institutes of Health, yang menyebut jika anak yang rutin mengkonsumsi gandum dan produk turunannya, memiliki sistem kekebalan tubuh yang lebih baik ketimbang anak lainnya.

Selain itu, Oatmeal pun mengandung sejumlah nutrisi lainnya, dari mulai vitamin B, serat, lemak, karbohidrat, dan nutrisi lainnya yang baik untuk meningkatkan tumbuh kembang Si Kecil.

Bahan Utama Baby Oat

  • ¼ cangkir oat
  • 1 cangkir air matang

Air matang bisa dikombinasikan dengan ASI. Kombinasinya bisa ½ ASI dan ½ air matang, atau ¼ ASI dan ¾ air matang. Sesuaikan saja dengan kebutuhan.

Cara Membuat Baby Oat

  1. Panaskan air dalam panci hingga mendidih.
  2. Masukkan oatmeal, kemudian aduk terus hingga oatmeal hancur dan tidak menggumpal.
  3. Aduk terus selama 10 menit, kemudian matikan api. Masukkan ASI, dan aduk kembali hingga tercampur rata. Dinginkan, dan sajikan kepada Si Kecil.

Agar lebih kaya rasa, Moms bisa menambahkan bahan-bahan lainnya, seperti buah pisang yang dilumatkan, buah alpukat yang dilumatkan, hati ayam yang dilumatkan, kuning telur, unsweetened applesauce, atau bahan-bahan lainnya sesuai selera.

Trik Memilih Oatmeal Terbaik Untuk Si Kecil

Agar memberikan manfaat yang lebih baik, pilihlah jenis oatmeal yang terbaik. Di pasaran sendiri, ada beberapa jenis oatmeal yang cukup populer, diantaranya :

  1. Rolled oats, serpihan gandum pipih yang dibuat dari gandum utuh.
  2. Coarse oat flour, bubuk gandum utuh, dan umumnya digunakan sebagai bahan baku makanan kemasan sereal untuk bayi.
  3. Instant oats, gandum yang paling banyak diproses, dari mulai direbus, digiling, dikeringkan, kemudian kemudian dikemas.
  4. Dehulled whole oat grain, jenis oatmeal yang paling minim diproses sehingga kandungan nutrisinya bisa disebut paling sempurna.
  5. Steel-cut oatmeal, merupakan gandum yang diproses dengan cara dipotong-potong dengan menggunakan pisau besi menjadi bagian yang lebih kecil. Jenis oatmeal ini mengandung nutrisi yang sama dengan gandum utuh, lebih mudah matang dan lembut.

Dari semua jenis oatmeal tersebut, steel-cut oatmeal merupakan pilihan terbaik bagi Si Kecil. Pasalnya, oatmeal ini tidak melalui banyak diproses, mengandung nutrisi yang lengkap, lebih cepat matang dan sangat lembut.