Cukup Kebutuhan Protein Si Kecil dengan Resep Bubur Ikan Patin Oyong Ini Moms

Merries Insight
03 Juni 2016
Resep
Share
Cukup Kebutuhan Protein Si Kecil dengan Resep Bubur Ikan Patin Oyong Ini Moms

Makanan berbahan dasar ikan sangat penting untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan si kecil, khususnya ikan laut. Hal ini karena ikan banyak mengandung protein dan omega 3 yang dibutuhkan untuk perkembangan si kecil. Oleh sebab itu tidak heran jika ikan jauh lebih dianjurkan untuk diberikan kepada si kecil dibandingkan sumber protein hewani lainnya seperti telur dan daging.

Ada banyak pilihan ikan yang bagus diberikan sebagai makanan pendamping ASI untuk si kecil. Salah satu jenis ikan yang dapat digunakan adalah ikan patin. Ikan tersebut memiliki tekstur yang lembut dan mengandung banyak nutrisi penting yang dibutuhkan oleh si kecil. Selain itu ikan patin juga memiliki duri yang sedikit sehingga akan memudahkan Moms untuk menghilangkan duri dari tubuh ikan sebelum mencampurkannya ke dalam masakan.’

Untuk memberikannya pada si kecil, Moms dapat menyajikannya dalam bentuk bubur dan dikombinasikan dengan bahan lainnya seperti sayuran hijau. Salah satu jenis sayuran hijau yang dapat digunakan misalnya adalah oyong. Sayuran hijau ini memiliki citarasa yang unik dan lembut. Bubur ikan patin yang dikombinasikan dengan oyong pasti akan sangat digemari oleh si kecil, terutama jika ditambah dengan sayuran kesukaannya. Untuk mendapatkan tekstur bubur yang lembut, Moms dapat menggunakan saringan aluminium supaya teksturnya lebih bagus. Lantas bagaimana cara membuatnya?

Simak resepnya berikut ini:

Bahan-bahan

  • 1 sendok makan beras, rendam di dalam air selama kurang lebih 2 jam
  • 50 gram ikan patin yang sudah dihilangkan durinya
  • 50 gram oyong yang sudah dihilangkan bijinya
  • 50 gram wortel yang telah dikupas, potong kecil – kecil berbentuk dadu
  • 500 ml kaldu ikan atau air matang

Cara Membuat

  • Pertama – tama rebus kaldu sampai mendidih. Setelah itu masukkan beras kemudian masak sampai matang
  • Jika beras sudah matang, tambahkan ikan patin, oyong, dan wortel
  • Rebus sampai ikan dan oyong matang. Angkat dan tunggu sampai hangat
  • Haluskan dengan menggunakan saringan kawat sampai bubur tersebut lumat
  • Bubur ikan patin oyong pun siap untuk disajikan pada si kecil

Bagaimana Moms, mudah sekali bukan membuat bubur patin dan oyong? Jika Moms ingin menyimpan bubur tersebut ke dalam kulkas untuk diberikan sebagai makan siang atau makan malamnya, jangan lupa untuk meredam wadah bubur tersebut di dalam air panas sebelum diberikan. Namun sebaiknya bubur patin oyong ini segera disajikan selagi hangat agar rasanya lebih nikmat dan segar.