Cimol Isi Keju, Camilan Lezat dan Sehat Bagi Keluarga

Merries Insight
29 November 2019
Resep
Share
Cimol Isi Keju, Camilan Lezat dan Sehat Bagi Keluarga

Artikel ini berisi tentang :

  1. Cimol, Camilan Lezat Untuk Keluarga
  2. Bahan Utama Cimol
  3. Cara Membuat Cimol
  4. Cara Membuat Cimol Goang

Orang-orang Indonesia dikenal cukup kreatif dalam mengolah camilan. Beberapa cemilan tersebut ada yang berasal dari hasil modifikasi camilan yang sudah ada sebelumnya, dengan penambahan beberapa bahan dan cara pengolahan yang sedikit berbeda.

Cimol, Camilan Lezat Untuk Keluarga

Salah satu camilan yang cukup populer adalah cimol. Camilan berbentuk mini ini merupakan hasil modifikasi dari cireng, salah satu camilan yang cukup terkenal di daerah Jawa Barat. Bahan utamanya tepung tapioka, dengan tambahan beberapa bahan lainnya.

Berbeda dengan cireng, cimol disajikan dalam bentuk bulatan kecil sebesar kelereng. Selain itu, cimol bisa disajikan dengan banyak bumbu tambahan, misalnya cabai bubuk plus kaldu bubuk, sambal kecap hingga bumbu goang (sambal berbahan cabe rawit, kencur dan garam).

Penasaran bagaimana cara membuat sajian cimol? Kita simak yuk resepnya berikut ini.

Bahan Utama Cimol

  • 9 sdm tepung beras
  • 900 gram tepung kanji
  • 5 sdt baking soda
  • 6 sdt tepung terigu
  • 1 lembar daun bawang, cincang halus
  • 2 sdt garam
  • ½ merica bubuk
  • 700 ml air matang
  • Keju leleh atau mozzarella (secukupnya, potong kecil-kecil)

Cara Membuat Cimol

  1. Ayak tepung beras, tepung terigu dan tepung kanji. Campurkan semua bahan tepung bersama dengan garam dan merica. Aduk-aduk hingga semua bahan tercampur rata.
  2. Tuang air sedikit demi sedikit sambil terus diaduk hingga kalis. Masukkan baking soda dan daun bawang, uleni terus hingga mendapat kekenyalan yang diinginkan.
  3. Siapkan wadah, kemudian bentuk adonan menjadi bulatan dengan ukuran sebesar bakso kecil (atau sesuai selera) sembari mengisi keju sebagai isian. Lakukan terus hingga adonan habis.
  4. Panaskan minyak untuk menggoreng, kemudian goreng adonan hingga mengembang dan matang. Angkat dan tiriskan.

Cara Membuat Cimol Goang

Seperti disebutkan diatas, cimol bisa dinikmati dengan tambahan bumbu tambahan, seperti perpaduan cabai bubuk dengan kaldu bubuk, saus kacang (bisa menggunakan saus kacang instan), atau dengan menggunakan bumbu goang.

Untuk membuat cimol dengan bumbu goang atau cimol goang sendiri cukup mudah. Moms tinggal ulek 5 buah cabai rawit, 1 ruas jari kencur, dan kaldu bubuk. Setelah halus, goreng bumbu goang dalam sedikit minyak, dan masukkan cimol matang ke dalamnya.

Aduk hingga cimol dan bumbu tercampur rata, angkat dan cimol goang pun siap disajikan. Bagaimana, mudah bukan? Selamat berkreasi.