Belajar untuk Bersikap Sportif Sejak Dini, Perlukah?

Merries Insight
04 April 2016
Resep
Share
Belajar untuk Bersikap Sportif Sejak Dini, Perlukah?

Jawaban untuk pertanyaan diatas adalah sangat perlu. Mungkin Moms berpikir bila sikap sportif hanya perlu ada di dalam sebuah pertandingan olahraga, entah itu sepakbola, bola basket, voli atau lainnya. Tetapi, dalam hidup, sikap sportif juga sangat diperlukan untuk hubungan sosial antara sesama manusia. Dan menanamkan sikap ini sejak dini pada Si Kecil sangat amat dianjurkan. Mengapa?

Sikap sportif dapat didefinisikan sebagai sikap yang menjunjung tinggi kejujuran dalam berolahraga. Tetapi, kata berolahraga ini dapat pula diganti dengan kehidupan. Artinya, bila Si Kecil dapat dilatih untuk jujur sejak dini, bukankah hal tersebut baik untuk masa depannya? Si Kecil akan tumbuh menjadi anak yang baik dan tentu akan berguna untuk lingkungan sekitarnya.

Sikap sportif juga mengajarkan Si Kecil untuk berkompetisi. Artinya, mereka harus percaya diri dan berjuang keras untuk mencapai mimpinya. Hal ini juga sangat berguna saat mereka sekolah dan bekerja nanti. Karena hidup adalah kompetisi, dimana pemenangnya adalah mereka yang bekerja paling keras.

Selain itu, sikap sportif juga membuat Si Kecil dapat menerima kekalahan dengan lapang dada. Mungkin, hal ini dirasa tidak terlalu penting saat Si Kecil masih kecil. Tetapi, dengan membiasakan Si Kecil mempunyai sikap ini, Si Kecil akan lebih mengenal dirinya. Dan, hal ini akan menumbuhkan rasa percaya diri dan dapat menggunakan kemampuan mereka secara maksimal.

Lalu pertanyaan pentingnya adalah bagaimana cara menanamkan sikap sportif ini pada Si Kecil sejak dini? Caranya cukup mudah. Moms dapat mengikutkan Si Kecil dalam klub olahraga. Pilih olahraga yang Si Kecil sukai atau olahraga yang memang Si Kecil mempunyai bakat didalamnya. Bila Si Kecil terbiasa melakukan hal ini sejak dini, maka sikap sportif akan terbentuk dengan sendirinya.

Hal yang tidak kalah pentingnya adalah Moms dan Dads sendiri sebagai orang tua. Si Kecil dapat dikatakan sebagai peniru ulung. Mereka tidak mempunyai filter yang dapat memilah-milah informasi yang mereka terima. Artinya, bila mereka melihat contoh yang tidak baik, maka mereka dapat segera mengikuti.

Jadi, Moms dan Dad juga harus menunjukkan sikap sportif ini pada Si Kecil. Karena Si Kecil pasti menghabiskan sebagian besar waktu mereka bersama Moms dan Dads, maka Si Kecil akan dapat meniru sikap sportif yang Moms dan Dads lakukan dan terapkan dalam kehidupan dan kegiatan sehari-hari.