5 Menu MPASI 8 Bulan dan Jadwal Makannya

Merries Insight
13 Juli 2020
Resep
Share
5 Menu MPASI 8 Bulan dan Jadwal Makannya

Bertambahnya usia bayi, bertambah pula kecerdasan dan perilakunya. Untuk mendukung hal tersebut, Moms bisa memberikan 5 menu Makanan Pendamping Air Susu Ibu (MPASI) ini, perhatikan juga jadwal makannya saat usia sudah masuk 8 bulan. Hal itu perlu untuk mencegah terjadinya gerakan tutup mulut (GTM) pada bayi.

Saat Si Kecil bertambah usia, jam makan dan asupan nutrisinya perlu terus diperhatikan. Nah untuk jadwal makan bayi 8 bulan bisa dilakukan setiap 2 jam sekali. Perihal makan memang bukan hanya soal bagaimana kualitas, tapi juga volume dan jadwal pemberiannya.

Dengan membuat jadwal makan bayi saat ia berusia 8 bulan, Moms juga bisa melakukan aktivitas yang sifatnya komunikatif. Sambil memberi makan, Moms bisa mengajak Si Kecil berbicara atau bersenandung untuk bisa mengenali kata dan juga nada. 

Selain itu, dengan dibuatnya jadwal makan bayi berusia 8 bulan juga bisa membuat anak paham betul tentang apa itu rasa lapar dan juga kenyang. Moms juga bisa lebih mengenali makanan yang Si Kecil suka dan mana makanan yang tidak disukai.

Berbeda dengan usia bayi yang masih berada di usia 6 bulan. Pada usia 8 bulan, Si Kecil sudah bisa memasukkan makanan ke dalam mulutnya secara mandiri, Moms sudah bisa memperkenalkan finger food sebagai menu cemilannya. 

Di usianya yang bertambah 2 bulan sejak mulai dikenalkannya MPASI, Si Kecil sudah bisa menerima makanan padat hingga 3 kali sehari. Jika saat pertama kali menerima MPASI, menu Si Kecil mungkin lebih variatif. Namun dalam pembuatan jadwal makan bayi 8 bulan, Moms bisa memperkenalkan makanan yang sama dalam interval waktu 2 hingga 3 hari. Hal itu bertujuan untuk mengenalkan rasa makanan kepada Si Kecil. 

Pada usia 8 bulan juga Si Kecil sudah dapat duduk secara tegak di kursinya. Hal ini tentu membantu Moms dalam mengurus Si Kecil karena Ia tidak perlu digendong terus menerus saat diberi makan. Namun, tentunya Moms masih harus mengawasi Si Kecil saat makan, baik menghindari Ia tersedak atau hanya memainkan makanannya saja. Gerak Si Kecil yang sudah semakin beragam ini membuat Moms harus merencanakan dengan benar menu makan bayi 8 bulan dengan tepat.

Bayi berusia 8 bulan juga biasanya sudah bisa menggenggam objek yang diberikan kepadanya. Itu mengapa, pemberian finger food sudah bisa dilakukan. Moms juga bisa memperhatikan gerak rahang Si Kecil saat mengunyah, apakah sudah bisa bergerak atau belum.

Jadwal Makan Bayi 8 Bulan 

Setelah Si Kecil sudah memperlihatkan pertumbuhan yang cukup, Moms sudah bisa mulai membuat jadwal makan bayi 8 bulan. Supaya tidak repot bolak-balik ke pasar, Moms bisa melakukan stok barang selama 1 minggu. Jadi buatlah menu selama 7 hari kedepan dengan maksud agar Moms lebih leluasa dalam menentukan variasi makanan yang akan diberikan kepada Si Kecil. 

Selain itu dengan berbelanja untuk kebutuhan selama 1 minggu, Moms juga bisa lebih banyak memiliki waktu dengannya. Jadi nutrisinya terpenuhi, ikatan emosionalnya juga terjalin. 

Nah berikut merupakan jadwal makan bayi 8 bulan yang bisa dijadikan bahan rujukan untuk menjaga pola makan Si Kecil agar tumbuh kedisiplinan sekaligus mendorong pertumbuhannya lebih maksimal. 

1. Pukul 06:00 waktunya ASI

Air Susu Ibu (ASI) penting untuk tetap diberikan dalam jadwal makan bayi 8 bulan. ASI juga merupakan nutrisi terbaik yang tidak dapat tergantikan dengan makanan ataupun minuman lainnya. Dengan memberikan ASI di pagi hari, Si Kecil bisa mendapatkan cukup tenaga dan juga vitamin untuk aktivitasnya sepanjang hari.

2. Sarapan, jam 8 pagi 

Usahakan untuk menyiapkan sarapannya sepagi mungkin. Jam 8 merupakan waktu terbaik untuk memberi makan Si Kecil. Biasakan juga untuk memandikan bayi sebelum sarapan. 

Hal itu akan menumbuhkan kebiasaan baik saat dirinya beranjak dewasa kelak. Setelah segar dan popoknya sudah digantikan dengan popok yang lembut dan juga nyaman dari Merries, Moms bisa mulai menyuapinya dengan perlahan. 

Saat usianya 8 bulan, bayi sudah bisa memakan makanan yang bertekstur agak padat. Moms bisa membuat telur rebus yang sudah ditumbuk halus tanpa garam dan tanpa merica. Asupan nutrisi yang terdapat dari telur sudah cukup untuk kebutuhan natrium hariannya. Setelah itu, Moms juga bisa menyiapkan buah potong sebagai finger food yang diberikan setelah makan. 

Setelah kenyang makan masakan yang dibuat oleh Moms, biasanya Si Kecil akan haus. Moms bisa memberikannya ASI yang cukup untuk tambahan nutrisinya. 

3. Pukul 10:00, Ngemil

Moms  bisa memberikan finger food untuk Si Kecil. Membiarkan Si Kecil menyentuh dan kadang memainkan makanannya mungkin terdengar seperti hal yang ingin Moms hindari. Namun, finger food tidak hanya berguna untuk memenuhi kebutuhan nutrisi Si Kecil tapi juga melatih motorik halus Si Kecil. Ia akan mulai mengenal tekstur halus kasar dari tiap makanan, dan belajar menyentuh barang-barang yang kecil. Jadi, biarkan Si Kecil menyentuh makanannya ya Moms.

Moms bisa menggunakan potongan keju ataupun sayur yang direbus sudah cukup untuk bayi. Brokoli ataupun labu kecil sepertinya langkah baik untuk diperkenalkan ke bayi.  Jangan lupa untuk merebusnya hingga matang betul dan memotongnya dengan potongan terkecil hingga bisa mudah dipegang oleh bayi.

Agar nutrisinya seimbang, setelah memakan sayur, Moms bisa memberikan kembali ASI. Dalam jadwal makan bayi 8 bulan, kebutuhan ASI Si Kecil tetap menjadi prioritas. Karena hal itu merupakan sumber makanan terbaik untuk Si Kecil dalam masa tumbuh kembangnya. 

4. Makan siang

Nah untuk makan siang dalam jadwal makan bayi 8 bulan, Moms bisa memberikan bubur saring yang dicampur dengan kol ungu, daging dan juga sumber protein nabatinya, yakni tempe. Masak semuanya menjadi satu kesatuan. Lalu saring agar Si Kecil mudah untuk mencerna dan mengubahnya menjadi energi. Setelah itu, Moms juga bisa memberikan yogurt dengan rasa plain untuk memenuhi asupan gizinya. Pemberian ASI tidak dapat dikesampingkan ya Moms, jika bayi masih haus setelah minum air putih, Moms bisa berikan ASI sekitar 150 mililiter (ml) demi tumbuh kembangnya kelak. 

5. Jam 3 Sore, Camilan

Sama seperti orang dewasa, bayi juga butuh camilan untuk mengisi kekosongan proses cerna jelang makan malam. Moms bisa memberikan biskuit bayi ataupun buah. Buah memiliki kandungan vitamin dan juga kaya akan antioksidan yang baik untuk memperkuat imunitas tubuh. 

Moms bisa membuat menu ini menjadi lebih segar lagi dengan membuat saus pendamping. Saus pendamping  berisi yogurt, buah alpukat dan juga jeruk lemon. Jeruk lemon kaya akan Vitamin C sehingga baik untuk Si Kecil. Setelah bahan makanan itu Moms campur menjadi satu dan merata, Moms bisa  memberikan buah untuk dicelupkan ke dalam sausnya. 

Cari buah yang memiliki rasa manis. Potong dalam bentuk yang dipegang sehingga Si Kecil bisa belajar mengukur sendiri berapa banyak makanan yang bisa dimakan. Moms juga bisa menggunakan wortel rebus sebagai bahan camilan sore hari. Setelah kenyang, bayi biasanya akan kembali mencari ASI. Jadi Moms juga harus sehat dan menjaga asupan nutrisi diri sendiri, karena hal itu akan sangat berpengaruh terhadap produksi ASI yang dimiliki. 

6. Jam 6 Sore, makan malam

Sesudah bersih dan mengenakan popok yang nyaman dari Merries, Si Kecil akan menjadi lebih semangat untuk menyantap menu makan malamnya. Dalam jadwal makan bayi 8 bulan, Moms bisa memberikan kembali bubur saring yang terdiri dari ayam, sayuran dan tahu.

Ingat ya Moms, jangan memberikan banyak garam ataupun gula ke dalam makanannya. Biarkan bayi merasakan rasa asli dari makanan yang dimakannya. Setelah kenyang, jangan lupa untuk memberikan ASI untuk proses pertumbuhan organnya di saat malam. Pemberian ASI juga membantu Si Kecil untuk tidur lebih nyenyak.