Trik Memilih Tempat TK atau Playgroup yang Tepat

Trik Memilih Tempat TK atau Playgroup yang Tepat

Keputusan untuk memilih playgroup atau taman kanak-kanak memang diakui bukanlah perkara yang sepele bagi orangtua saat ini, hal tersebut karena banyaknya lembaga prasekolah yang saat ini menawarkan beragam metode pembelajaran dan akhirnya memacu para orangtua untuk menjadi lebih cermat dan tepat dalam memilih sekolah untuk anak mereka.

Setiap sekolah pasti menawarkan beragam keunggulan masing-masing. Dalam hal ini Moms tinggal memilih apa saja yang dinilai anak Moms butuhkan, karena fasilitas yang 100 persen lengkap pastinya akan berpengaruh juga kepada biaya yang harus Moms keluarkan.

Berikut tips memilih playgroup atau TK yang tepat untuk anak Moms sesuai dengan kebutuhan anak.

Lokasi

Moms harus bisa mencari sekolah yang lokasinya tidak terlalu jauh dari rumah Moms. Sebagus apapun sekolah tersebut, tetapi jika jaraknya terlalu jauh, maka hal tersebut kurang baik untuk anak yang baru memasuki kelompok bermain seperti anak Moms. Anak akan merasa lelah sebelum sampai di sekolah dan memulai pelajarannya.

Guru

Guru merupakan bagian terpenting dalam keberhasilan sekolah tersebut mencetak generasi yang berkualitas, amati calon guru anak Moms tersebut. Guru yang penuh cinta, penuh kesabaran, lembut dan juga enerjik akan lebih mudah akrab dengan anak-anak Moms. Peran guru akan sangat besar dalam mempengaruhi perkembangan anak selama di sekolahnya nanti.

Metode Pembelajaran

Cobalah untuk memilih sekolah dengan kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan anak dan juga dengan kemampuan anak Moms. Semuanya harus disesuaikan dengan kemampuan anak Moms, dan yang terpenting adalah anak nyaman dan menyukai sekolah tersebut.

Jumlah Murid dan Guru

Moms harus bisa memastikan bahwa jumlah siswa dalam satu kelas tidak terlalu banyak sehingga anak akan mendapat perhatian yang maksimal dari gurunya. Tetapi jika sekolah tersebut memiliki jumlah murid yang terlalu sedikit, maka hal tersebut akan membuat anak jenuh dan malas untuk bersosialisasi lebih jauh. Jadi cari sekolah yang jumlah murid dan gurunya sebanding.

Lingkungan Sekolah

Lingkungan sekolah yang aman dan kondusif akan memberikan rasa nyaman ketika proses belajar mengajar berlangsung. Untuk itu, perhatikan lingkungan sekolah apakah aman dan kondusif untuk anak Moms, seperti tidak terlalu dekat dengan jalan raya, tidak terlalu kumuh, area bermain yang aman dan lain-lain.

Biaya

Hal yang juga penting adalah perhitungkan biaya yang sesuai dengan kondisi keuangan Moms saat ini. Pastinya sekolah dengan fasilitas lengkap akan memiliki biaya yang lebih besar, untuk itu cari fasilitas sekolahnya yang benar-benar dibutuhkan oleh anak Moms sehingga biaya sekolahnya juga bisa disesuaikan.