Trik agar Si Kecil Rajin Minum Air Putih

Merries Insight
16 Juli 2019
Umum
Share
Trik agar Si Kecil Rajin Minum Air Putih

Artikel ini berisi tentang :

  1. Jangan Ada Pemaksaan
  2. Dicampur Dengan Buah-buahan
  3. Sajikan Dalam Kemasan Menarik
  4. Jelaskan Manfaatnya dan Beri Apresiasi

Karena aktivitasnya yang sangat padat, Si Kecil membutuhkan asupan nutrisi dan air mineral yang cukup. Sayang, banyak anak yang tidak mau mengkonsumsi air mineral karena rasanya yang tawar. Bagaimana cara Moms menyikapi masalah ini. Haruskah Si Kecil dipaksa minum air putih?

Jangan Ada Pemaksaan

Meskipun mengkonsumsi air putih sangat penting untuk kesehatan Si Kecil, tapi jangan sampai Moms melakukan pemaksaan. Memaksa untuk minum air putih, apalagi jika dijadikan sebagai alat untuk menakut-nakuti, malah akan membuat Si Kecil trauma dan enggan untuk mengonsumsi air putih.

Selain itu, memaksa Si Kecil untuk melakukan sesuatu (padahal baik untuknya), tidak akan membuatnya belajar. Semakin dipaksa, kebanyakan anak justru akan semakin menolak. (oleh Anna Surti Ariani, S.Psi., M.Si., psikolog anak dan keluarga dari PacHealth, Plaza Indonesia)

Dampak lainnya, Si Kecil akan merasa jika dirinya tidak dihargai. Dia pun akan membenci air putih karena dianggap sebagai minuman yang membuatnya dimarahi. Maka dari itu, dibutuhkan solusi yang lebih bijak agar Si Kecil mau mengkonsumsi air putih dalam jumlah yang cukup.

Dicampur Dengan Buah-buahan

Dilansir dalam Mom Junction, Si Kecil rata-rata butuh sekitar 30 ml air setiap 15 menit atau setiap kali mereka kehausan. Tapi ada beberapa kondisi yang membuat mereka harus mengonsumsi lebih banyak air putih, misalnya saat dia demam, muntah-muntah dan diare.

Agar Si Kecil mau mengkonsumsi air putih dalam jumlah yang cukup, Moms bisa mengakali masalah ini dengan mencampurkan banyak air dalam jus buah-buahan. Misalnya, jika Si Kecil sangat suka apel, maka buatlah jus apel dengan air yang cukup banyak.

Tapi ingat, jangan pernah mencampurkan gula tambahan pada jus buah yang Moms sajikan untuk Si Kecil. Padalnya, gula tambahan akan membuat Si kecil makin kehausan dan meningkatkan peluang obesitas.

Selain itu, asupan cairan Si Kecil pun bisa dipenuhi dari buah-buahan dan sayuran yang mengandung 90-99% air, misalnya mentimun, semangka, jeruk, melon, stroberi, nanas, blewah dan lainnya. Sayuran dan buah-buahan tersebut sebaiknya dikonsumsi secara utuh.

Moms pun bisa memberikan lebih banyak sayuran yang diolah jadi makanan berkuah, misalnya bubur kacang hijau, bubur kacang merah, sayur sop, dan lainnya.

Sajikan Dalam Kemasan Menarik

Sekarang ini banyak tempat minuman yang diproduksi dalam bentuk yang menarik, misalnya karakter favorit Si Kecil, atau bentuk lainnya. Untuk mengatasi Si Kecil yang tidak mau mengkonsumsi air putih, cobalah untuk memilih tempat minum dengan karakter unik.

Setelah itu, biarkan tempat minum tersebut jadi mainan favoritnya. Jika dia haus, Moms bisa meminta Si Kecil untuk langsung minum dari tempat minumnya tersebut.

Ajarkan juga Si Kecil bagaimana cara mengisi ulang tempat minumnya. Hal ini penting dilakukan, pasalnya banyak anak yang akhirnya malas untuk mengonsumsi air putih karena dia sulit menjangkau tempat air (galon dan lainnya), sementara meminta bantuan Moms masih enggan mereka lakukan.

Terkadang, saat mengambil air putih, Si Kecil akan mengisinya dengan sangat penuh meluber hingga membasahi lantai. Jangan dimarahi, tapi ajarkan secara perlahan agar dia tahu bagaimana cara mengambil air yang baik tanpa harus menumpahkannya.

Dengan cara ini, Si Kecil akan belajar banyak hal, dari mulai belajar kemandirian, belajar kordinasi antara otak dan tangannya, dan belajar untuk mencukupi kebutuhan air putih.

Jelaskan Manfaatnya dan Beri Apresiasi

Jangan pernah ragu untuk menjelaskan apa manfaat air putih kepada Si Kecil. Dengan bahasa yang sederhana dan mudah dimengerti, Si Kecil secara perlahan akan mulai membiasakan diri untuk rutin mengonsumsi air putih. (oleh Prof Dr Ir Hardinsyah, MS, pakar gizi dari Institut Pertanian Bogor)

Misalnya, Dek kamu harus banyak minum air putih biar badanmu sehat. Kalau badan sehat kan bisa terus main sama teman-temanmu. Dengan kalimat ini, Si Kecil mungkin kurang tertarik dengan kata sehat, tapi dia akan menangkap kata terus main sebagai motivasi untuk minum air putih dalam jumlah yang cukup.

Agar Si Kecil terbiasa minum air putih, Moms pun harus membatasi Si Kecil dari minuman-minuman instan yang dilengkapi dengan pemanis dan tambahan rasa. Kalau Si Kecil ingin minuman rasa buah, jelaskan jika Moms pun bisa membuat sendiri minuman rasa buah (jus buah) yang lebih sehat.

Pastikan Moms konsisten dengan aturan pemberian air putih dan jus buah-buahan tersebut agar kebutuhan cairan Si Kecil terpenuhi. Selamat mencoba!