Si Kecil Masih Cadel? Mungkin Ini Penyebabnya

Merries Insight
06 Februari 2018
Tumbuh Kembang
Share
Si Kecil Masih Cadel? Mungkin Ini Penyebabnya

Artikel ini berisi tentang :

  1. Apa itu Bicara Cadel?
  2. Penyebab Si Kecil Bicara Cadel
  3. Bagaimana Cara Mengatasinya?
  4. Operasi Jika Dibutuhkan

Cadel sebenarnya masalah yang wajar dan bisa menimpa Si Kecil. Hal ini disebabkan karena kondisi lidahnya yang belum sempurna, sehingga menyebabkan pelafalan beberapa huruf kurang sempurna, seperti hurup R jadi L, atau huruf L jadi eY, dan lainnya.

Apa itu Bicara Cadel?

Cadel merupakan sebuah gangguan bicara yang ditandai dengan ketidakmampuan mengucapkan atau membunyikan huruf tertentu, misalnya R. L atau S (oleh dr Meta Hanindita dari RSDUD Dr Soetomo Surabaya).

Cadel karena bentuk lidah yang tidak sempurna atau karena kebiasaan. Umumnya tidak berbahaya. Tapi jika dibiarkan terus, cadel bisa membuat Si Kecil jadi korban bullying, dan tidak percaya diri saat harus berbicara dengan orang lain.

Sementara jika penyebab cadel karena gangguan autisme, jika kondisi ini cukup berbahaya bagi tumbuh kembang Si Kecil. Untuk mengatasinya, terapi autisme merupakan hal yang wajib dilakukan (oleh dr Melisa Anggraeni, MBiomed, SpA, dari Siloam Hospital).

Untuk patokan normalnya, jika 75 s/d 100 persen kemampuan pelafalan huruf harusnya sudah dimiliki sejak usia 36 bulan atau 3 tahun (oleh dr. Tri Gunadi, AMd OT, SPsi, SKed, Direktur Klinik Tumbuh Kembang Yamet Meilia Cibubur).

Tapi jika usia 5 tahun 3 bulan Si Kecil masih bicara cadel, Moms harus segera mencaritahu apa penyebabnya dan segera cari solusinya.

Penyebab Si Kecil Bicara Cadel

Penyebab Si Kecil cadel dibagi dalam 2 kategori, yakni faktor eksternal seperti pengaruh lingkungan yang sering mengajaknya bicara dengan gaya cadel, dan faktor internal yang disebabkan karena beberapa kelainan ( oleh Dr. Michael Fisher, dokter pediatri di Children's Hospital of Philadelphia).

Untuk kategori cadel karena faktor eksternal, sebenarnya bisa diatasi dengan cara sering mengajak Si Kecil bicara dengan gaya biasa (tidak cadel), dan terus melatihnya untuk melafalkan huruf-huruf yang terdengar kurang sempurna di lidah mereka.

Sementara untuk faktor internal, biasanya disebabkan karena faktor cacat fisik bawaan atau yang biasa disebut tongue-tie. Biasanya, kelainan ini akan membuat lidah mereka terbatas untuk bergerakan sehingga pelafalan beberapa huruf kurang terdengar sempurna, contohnya huruf R dan lainnya.

Selain itu, cadel pun bisa disebabkan karena masalah kelenjar di leher, dan beberapa masalah lainnya. jika masalah cadel Si Kecil karena masalah ini, sebaiknya Moms segera berkonsultasi dengan dokter. Sementara jika cadel Si Kecil karena tongue-tie, masalah ini tergolong sulit untuk diatasi.

Bagaimana Cara Mengatasinya?

Hal pertama yang harus Moms lakukan adalah, mengenali dulu apa yang menyebabkan Si Kecil berbicara cadel (oleh dr. Tri Gunadi, AMd OT, SPsi, SKed, Direktur Klinik Tumbuh Kembang Yamet Meilia Cibubur).

Jika penyebabnya karena faktor kebiasaan, Moms bisa memberikan stimulasi pengucapan yang benar, yang diikuti langsung oleh Si Kecil. Terapi ini bisa dilakukan sejak Si Kecil berusia 2 tahun, dengan cara terus mengulang kata yang mengandung huruf cadel, seperti R, S, L, dan lainnya.

Jika Si Kecil sudah berusia lebih dari 5 Tahun 3 Bulan dan masih bicara cadel, Moms bisa mengajak Si Kecil untuk mengikuti kelas terapi bicara atau speech therapy.

Operasi Jika Dibutuhkan

Selain lewat jalur speech therapy, Moms bisa mengatasi masalah bicara cadel Si Kecil dengan jalur operasi. Biasanya, metode ini dipilih saat Si Kecil mengalami kelainan di lidah berupa lidah pendek dan lainnya.

Istilah tongue-tie atau cacat fisik bawaan muncul karena otot lidah terikat oleh otot-otot lidah yang menyebabkan lidah tidak bisa bergerak bebas saat Si Kecil mengucapkan beberapa huruf (oleh Prof Dr drg Melanie S Djamil, MBiomed dari FKG Universitas Trisakti).

Speech therapy sendiri merupakan metode penyembuhan dengan melatih otot lidah dan rongga mulut, agar bisa mengucapkan huruf-huruf dengan baik. Tapi jika metode ini tidak memberikan hasil yang signifikan, Moms bisa memilih jalan terakhir berupa operasi.

Operasi ini sendiri dilakukan dengan cara memotong beberapa bagian lidah yang terikat agar bisa bergerak bebas saat menyebutkan beberapa huruf yang sulit diucapkan. Jangan khawatir Moms, cara ini termasuk operasi kecil kok, dan biusnya pun hanya menggunakan bius lokal saja!

Tapi ingat, prosedur ini baiknya dilakukan saat Si Kecil masih berusia dini (dibawah 7 tahun). Pasalnya, jika dilakukan pada orang dewasa, dikhawatirkan akan terjadi komplikasi yang menyebabkan proses penyembuhan pasca operasi berjalan lambat.