Movie Marathon Bersama Keluarga di Akhir Pekan. Boleh Atau Tidak?

Merries Insight
15 Juli 2019
Umum
Share
Movie Marathon Bersama Keluarga di Akhir Pekan. Boleh Atau Tidak?

Artikel ini berisi tentang :

  1. Menonton Film Bisa Jadi Family Time
  2. Catatan Penting Menonton Film Bersama
  3. Bagaimana Dengan Movie Marathon. Bolehkan?
  4. Berapa Lama Batas Waktu Si Kecil Menonton Film?

Movie marathon merupakan kegiatan menonton film secara terus menerus dalam satu waktu. Biasanya kegiatan ini dilakukan di akhir pekan. Dalam satu hari, mereka yang menggelar movie marathon bisa menghabiskan 2-5 film dengan durasi mencapai lebih dari 6 jam, bahkan 8 jam.

Menonton Film Bisa Jadi Family Time

Penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Marriage and Family pada tahun 2011, menyebut jika menonton film bersama keluarga memiliki banyak manfaat. Selain sebagai family time paling mudah dan murah, kegiatan ini pun memiliki banyak manfaat lainnya, diantaranya :

  1. Dapat meningkatkan kemampuan akademik Si Kecil, terutama membiasakan Si Kecil mendengarkan pelafalan bahasa asing.
  2. Moms bisa menangkap pesan moral dari film yang ditonton, untuk kemudian disampaikan kepada Si Kecil untuk mendukung kemampuan sosialnya.
  3. Menonton film bersama dapat meredam konflik antara adik-kakak. Bahkan dalam waktu yang cukup panjang, mereka bisa sama-sama menonton film dan mendengarkan pesan moralnya.

Selain itu, menghabiskan banyak waktu dengan keluarga akan meningkatkan kepercayaan diri Si Kecil, dan merupakan penegasan jika mereka merupakan bagian dari keluarga yang harmonis.

Catatan Penting Menonton Film Bersama

Meskipun memiliki banyak manfaat, ada beberapa hal yang harus Moms perhatikan agar film yang ditonton dapat memberikan manfaat yang maksimal, tidak hanya sebagai media hiburan saja, diantaranya :

  1. Moms hendaknya menonton film sesuai dengan rekomendasi batasan usia. Yang paling disarankan, menonton film bergenre animasi, atau film keluarga.
  2. Sebaiknya pilih film yang memberikan pesan sosial, seperti film Toy Story yang menyajikan cerita tentang bagaimana Andy menyayangi mainannya, dan film lainnya.
  3. Sediakan camilan sehat, seperti kacang rebus atau kacang panggang, agar suasana menonton jadi lebih menyenangkan.

Selain itu, ada beberapa film bergenre keluarga yang bisa Moms tonton di akhir pekan, seperti Beauty and The Beast (2017), Finding Dory (2016), Moana (2016), Kubo and The Two Strings (2016), We Bought a Zoo (2011), Hachiko: A Dog's Story (2009), dan lainnya.

Bagaimana Dengan Movie Marathon. Bolehkan?

Meskipun bisa memberi suasana yang menyenangkan dalam seharian penuh, menonton film secara maraton sangat tidak disarankan. Berikut merupakan beberapa alasan kenapa movie marathon sangat tidak disarankan dilakukan.

  1. Menonton film terlalu banyak justru akan membingungkan Si Kecil dalam menangkap pesan moral yang disampaikan dalam film tersebut
  2. Masih banyak aktivitas akhir pekan yang bisa dilakukan bersama keluarga (misalnya : memasak bersama, berkebun dan lainnya), dan potensi ini bisa hilang karena terlalu asyik dengan film.
  3. Menonton film dalam waktu yang lama bisa membuat mata Si Kecil lelah, dan meningkatkan peluang mengalami masalah gangguan mata.
  4. Jika dilakukan secara terus menerus, kegiatan movie marathon bisa menyebabkan Si Kecil malas bergerak, hingga akhirnya meningkatkan risiko obesitas.

Yang harus diwaspadai, menonton film bisa menyebabkan kecanduan. Jika akhir pekan ini Si Kecil merasa sangat berkesan saat menonton banyak film, bukan tidak mungkin dia akan memintanya secara terus menerus, hingga akhirnya membuat kegiatan lain yang lebih positif bisa terabaikan.

Berapa Lama Batas Waktu Si Kecil Menonton Film?

Menurut American Academy of Pediatrics, Si Kecil di bawah usia 2 tahun, sebaiknya tidak diizinkan menonton film, apalagi sampai mengajaknya menonton secara marathon. Hal ini disebabkan karena anak-anak di usia ini cenderung lebih butuh bergerak untuk memaksimalkan tumbuh kembangnya.

Sedangkan untuk anak usia 2-5 tahun, sebaiknya menonton film tidak lebih dari 2 jam, atau maksimal 2 film saja dalam satu waktu. Alasannya sama, mereka membutuhkan bergerak dan melakukan aktivitas lainnya yang mampu mengoptimalkan tumbuh kembangnya.

Hal ini didukung oleh hasil penelitian dari John Hopkins Bloomberg School of Public Health, yang menyebut, anak yang menonton televisi lebih dari 2 jam (termasuk movie marathon), beresiko besar mengalami gangguan perilaku dan pola tidur yang buruk.

Maka dari itu, bijaklah dalam memilih kegiatan di akhir pekan sebagai family time. Menonton film boleh-boleh saja dilakukan, asal didampingi Moms, dan durasinya disesuaikan. Semoga bermanfaat!