Moms, Jangan Larang Si Kecil Main Kotor-Kotoran Ya!

Merries Insight
23 Januari 2018
Tumbuh Kembang
Share
Moms, Jangan Larang Si Kecil Main Kotor-Kotoran Ya!

Artikel ini berisi tentang:

  1. Main Kotor Itu Sumber Kuman Penyakit
  2. Main Kotor Bikin Si Kecil Sehat?
  3. Main Kotor Meningkatkan Kecerdasan
  4. Tips Jitu Ketika Si Kecil Main Kotor-Kotoran

Mungkin Moms sering merasa sebal, jengkel atau bahkan sampai marah ketika Si Kecil bermain kotor-kotoran. Sebagian orang tua memang tidak suka karena menganggapnya sebagai kebiasaan buruk dan merugikan. Salah satu alasannya karena membuat badan, baju dan rumah menjadi penuh kotoran.

Hal ini membuat Moms sulit membersihkan noda-noda pakaian Si Kecil. Belum lagi harus membersihkan dan menata rumah yang berantakan akibat ulahnya saat bermain. Sabar dulu ya Moms! Ternyata main kotor itu ada banyak manfaatnya bagi anak-anak. Terlebih lagi untuk mendukung proses pertumbuhan dan perkembangannya. Hal ini sudah banyak diungkapkan oleh para ahli psikologi dan kesehatan lho!

Main Kotor Itu Sumber Kuman Penyakit

Mungkin Moms sudah sering mendengar pernyataan kalau main kotor bisa menimbulkan penyakit. Alasannya karena benda-benda yang penuh kotoran merupakan tempat berkembang biak kuman, virus, serta bakteri. Apalagi ketika ada banyak kasus dimana anak-anak menderita beragam penyakit karena sering bermain atau bersentuhan dengan benda kotor. Misalnya saja sakit diare, penyakit kulit, flu, demam, dan lain sebagainya.

Hal inilah yang kemudian dijadikan patokan para orang tua untuk melarang anak-anaknya menjauhi berbagai macam benda atau tempat kotor. Bahkan cenderung menghalangi mereka melakukan eksplorasi. Akibatnya, Si Kecil menjadi anak yang pasif, kurang kreatif, sulit bergaul, belajar, dan mengekspresikan diri sendiri.

Main Kotor Bikin Si Kecil Sehat?

Ada sebuah penelitian yang membuktikan kalau main kotor itu malah bisa membuat Si Kecil lebih sehat. Melarang anak bermain kotor bisa meningkatkan risiko penyakit alergi dan diabetes. Main kotor malah membuat sistem imun anak menjadi lebih kuat terhadap serangan bakteri dan penyakit (oleh Maya Shetreat-Klein, seorang ahli penyakit saraf dari New York City). Hal ini sangat masuk akal sekali Moms!

Ketika Si Kecil aktif main di luar rumah di tempat atau dengan barang-barang kotor maka fisiknya aktif bergerak. Ini sama saja dengan mereka melakukan olahraga sehingga mampu membuat tubuhnya sehat serta kuat. Dengan begitu, sistem imun akan meningkat, membuat mereka lebih tahan terhadap serangan virus dari luar.

Main Kotor Meningkatkan Kecerdasan

Tidak hanya mampu menyehatkan tubuh, ternyata main kotor juga terbukti meningkatkan kecerdasan anak. Dibuktikan dengan sebuah penelitian, membandingkan anak-anak yang suka main di luar dan hanya berdiam diri di rumah. Kenyataannya, anak yang suka main kotor di luar rumah mampu mengerjakan ujian dengan nilai memuaskan.

Tips Jitu Ketika Si Kecil Main Kotor-Kotoran

Main kotor memang bisa menunjang tumbuh kembang Si Kecil Moms. Akan tetapi, ada baiknya jika tetap memperhatikan kebersihan dan kesehatannya. Mau bagaimanapun, tempat dan benda kotor merupakan sumber kuman penyakit. Lakukan tips berikut agar Si Kecil terhindar dari resiko tersebut dan tetap bisa bebas bermain.

  1. Cek dulu tempat bermain Si Kecil apakah berbahaya atau tidak. Kalau hanya di halaman atau kebun maka masih tergolong aman.
  2. Jangan biarkan Si Kecil bermain dan bereksplorasi di tempat-tempat tidak layak seperti dekat got, pembuangan sampah, kandang ayam, dan semacamnya.
  3. Pakaikan baju khusus bermain di luar yang nyaman dipakai, seperti kaos santai, celana pendek, sepatu, dan topi kalau perlu.
  4. Biasakan Si Kecil mencuci tangan, kaki dan wajah ketika selesai bermain di luar ruangan.
  5. Mandikan dan sikat kuku tangan serta kaki Si Kecil dengan menggunakan sikat lembut. Tujuannya agar tidak ada sisa tanah atau pasir yang masuk di dalam celah kukunya.
  6. Jangan lupa untuk mencuci bersih pakaian yang habis dikenakan untuk bermain kotor di luar. Pisahkan dengan jenis pakaian bersih lain agar kuman, kotoran dan bakteri yang menempel di tidak mengenai barang lainnya.

Main kotor itu baik kok Moms, asalkan tetap mengawasi Si Kecil ketika bermain. Perhatikan dulu tempat bermainnya, dan pastikan kalau ia tidak melakukan hal berbahaya. Terapkan juga tips di atas jika ingin Si Kecil tetap sehat meskipun sering bermain di luar rumah.

Sekarang, Moms dan Dads tidak perlu khawatir dan cemas berlebihan lagi ketika anak-anak ingin bermain kotor di halaman. Dengan begitu, mereka bisa melakukan eksplorasi, mengenali lingkungan luar, berkreasi, sambil beraktivitas fisik.