Makanan Super untuk Otak Si Kecil

Merries Insight
23 Oktober 2015
Tumbuh Kembang
Share
Makanan Super untuk Otak Si Kecil

Moms, siapa sih orang tua yang tidak menginginkan punya anak yang cerdas, bahkan memiliki prestasi akademik yang membanggakan. Selain harus mendorongnya untuk terus mengasah kemampuannya, anda pun wajib memberikan nutrisi kepada otaknya agar perkembangannya lebih maksimal.

Dilansir dalam Health, berikut merupakan makanan untuk meningkatkan kemampuan otak si kecil.

Ikan

Ikan merupakan sumber protein, Omega 3 dan DHA yang sangat baik untuk menunjang pertumbuhan otak si kecil. Berapa jenis ikan yang sangat disarankan dikonsumsi oleh si kecil adalah, ikan tuna, sarden dan salmon. Tapi hati-hati dengan kandungan merkuri dalam ikan. Untuk itu, pastikan anda memasak dan membersihkannya dengan baik.

Kacang-kacangan

Beberapa jenis kacang-kacangan, seperti kacang tanah, almond, kenari dan kacang pecan, memiliki kandungan asam lemak omega 3 yang sangat tinggi. Zat ini sendiri berperan sebagai penunjang pertumbuhan otak, meningkatkan fungsi neurotransmitter, yang merupakan pembawa sinyal antarneuron dalam otak si kecil.

Gandum

Gandum merupakan makanan kaya asam folat yang berfungsi untuk meningkatkan aliran darah ke otak. Tidak hanya itu, gandum pun kaya akan vitamin B6, yang merupakan vitamin terbaik untuk otak. Anda bisa mengonsumsi gandum dalam bentuk roti gandum, sereal atau biskuit gandum. Tapi ingat, pilih produk olahan gandum tanpa gula tambahan.

Daging merah

Daging merah merupakan salah satu sumber zat besi yang sangat baik untuk menambah energi, sekaligus meningkatkan konsentrasi si kecil ketika bermain dan belajar. Banyak penelitian membuktikan jika kebiasaan mengonsumsi 1 ons daging sapi, dipercaya sanggup membantu memaksimalkan penyerapan zat besi, protein, dan memelihara daya ingat.

Telur

Telur merupakan sumber protein murah, mudah di dapat, dan bisa di olah menjadi jenis makanan apapun. Kuning telur sendiri mengandung zat gizi dan Kolin yang sanggup meningkatkan ukuran dan jumlah neuron. Dengan konsumsi telur setiap hari, si kecil akan lebih mudah belajar dan membantunya mempertahankan daya ingatnya.

Jangan lupa Moms, selain mengonsumsi makanan di atas, dorong si kecil untuk aktif berolahraga, banyak membaca dan mengulang apa yang dia pelajar di sekolah agar daya ingatnya terus terpelihara. Selamat mencetak generasi cerdas Moms!