Ini Alasan Kenapa Si Kecil Harus Dibebaskan Bereksplorasi

Merries Insight
23 Januari 2018
Umum
Share
Ini Alasan Kenapa Si Kecil Harus Dibebaskan Bereksplorasi

Artikel ini berisi tentang:

  1. Biarkan Anak Bereksplorasi
  2. Pentingnya Membiarkan Si Kecil Bereksplorasi
  3. Dapat Mengembangkan Bakat dan Minat
  4. Tips Membiarkan Si Kecil Eksplorasi

Moms, kalau Si Kecil terlalu aktif dan ingin melakukan banyak hal maka jangan terlalu dilarang ya! Selama keinginannya itu positif, tidak berbahaya dan bisa diawasi. Membiarkan Si Kecil bereksplorasi merupakan salah satu cara bagus untuk mendukung tumbuh kembangnya. Ia bisa lebih bebas berekspresi, melatih sistem gerak, daya pikir, dan merangsang bakat serta minatnya.

Biarkan Anak Bereksplorasi

Tak jarang para orang tua memarahi dan melarang anak-anak mereka melakukan sesuatu atau bereksplorasi. Padahal pada fase inilah Si Kecil bisa mengembangkan diri dengan baik dan lebih cepat. Eksplorasi sendiri merupakan salah satu cara anak mengenal lingkungan sekitar, meningkatkan kemampuan diri sendiri dan menemukan bakat serta minatnya.

Bayangkan saja kalau Moms suka melarangnya berkreasi dan beraktivitas maka Si Kecil menjadi tidak punya ruang untuk belajar sendiri. Memang terkadang banyak orang tua yang sebal karena anak-anak sering membuat rumah berantakan, kotor, atau bahkan sampai merusak barang. Namun Moms dan Dads bisa memberikan pengertian, arahan, dan mengawasi setiap gerak gerik mereka.

Pentingnya Membiarkan Si Kecil Bereksplorasi

Ada banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan ketika membiarkan Si Kecil bereksplorasi sendiri dengan bebas.

  1. Mempelajari Hal Baru

Anak-anak, khususnya balita mempunyai rasa ingin tau yang sangat besar dan ditunjukkan dengan cara eksplorasi. Menurut seorang psikolog anak, Ratih Ibrahim, eksplorasi membuat Si Kecil mengenal dan berinteraksi dengan lingkungan sekitar secara langsung. Mendapatkan berbagai macam jawaban dan informasi sehingga ia dapat belajar lebih cepat. Misalnya mengetahui wangi bunga dengan bermain di kebun, mengetahui jenis hewan dengan bermain bersama peliharaan, dan sebagainya.

  1. Lebih Tangguh dan Berani

Si Kecil juga mampu menjadi anak yang tangguh, berani, mandiri dan tidak selalu bergantung kepada orang tua. Hal ini dikarenakan ia terbiasa menjelajahi hal-hal baru sendiri dan menemukan jawaban dari pertanyaan atau kemauannya. Selain itu, Si Kecil menjadi jarang rewel, ngambek, atau bahkan sampai menangis.

  1. Kreativitas Tinggi

Membiarkan Si Kecil bereksplorasi berarti memberikan ruang Si Kecil agar bisa bebas berkreasi. Dengan begitu, anak-anak mempunyai tingkat imajenasi tinggi dan bisa langsung disalurkan. Misalnya menggambar, mencorat coret, melukis, membangun istana dari pasir, dan sebagainya.

Dapat Mengembangkan Bakat dan Minat

Moms dan Dads yang sering melarang Si Kecil untuk melakukan berbagai macam hal bisa menghalangi tumbuh kembang otaknya lho. Ketika anak-anak dilarang melakukan hal-hal yang disukai maka ia menjadi pasif. Dengan begitu Si Kecil merasa kesulitan menemukan bakat, minat, serta kelebihannya sendiri.

Padahal dengan membiarkannya bereksplorasi, Moms dan Dads dapat mengetahui kelebihan dan bidang yang ia senangi. Dengan begitu Moms bisa mendukung serta memberikan fasilitas demi menunjang hal tersebut. Misalnya saja Si Kecil senang berjoget maka bisa dimasukkan ke kursus menari. Atau jika ia senang melukis maka fasilitasi dengan memberikannya kertas gambar, crayon, cat warna, kanvas, dan lain-lain.

Tips Membiarkan Si Kecil Eksplorasi

Di bawah ini ada beberapa tips yang bisa Moms pakai saat membiarkan Si Kecil bereksplorasi dengan bebas:

  1. Berikan Ruang Khusus

Kalau tempat eksplorasinya di dalam rumah maka Moms berikan ruang tersendiri. Namun jangan biarkan mereka bermain dan belajar sendirian di sembarang tempat, misalnya dapur, kamar mandi, gudang, dll. Ketika luput dari pengawasan maka Si Kecil bisa saja terluka atau terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Oleh sebab itu, sebaiknya berikan ia ruang bermain sendiri. Bisa didesain khusus dan dilengkapi aneka barang seperti buku gambar, cat warna, bola-bola kecil, dan lain-lain.

  1. Bermain di Luar

Mengajak Si Kecil bermain di luar ruangan juga penting lho Moms! Tujuannya untuk mengajarkan mereka mengenai lingkungan hidup seperti mengenal tanaman, hewan, serangga, dan sebagainya. Namun tetap awasi mereka karena bahaya dan ancaman di lingkungan luar sangat banyak.

  1. Berikan Pengertian dan Penjelasan

Eksplorasi memang bagus, tapi Moms dan Dads tetap harus memberikan pengertian kepada Si Kecil. Kalau tidak, mereka bisa membuat asumsi sendiri dan hal tersebut bisa benar atau bahkan salah. Misalnya saja menjelaskan mengenai tanaman obat, tanaman beracun, serangga yang berbahaya dan tidak, dan lain-lain.

Membiarkan Si Kecil bereksplorasi itu sangat penting. Jangan sampai Moms ataupun Dads melarangnya tanpa alasan yang jelas. Dengan eksplorasi, mereka bisa belajar mengenai hal-hal baru di sekitarnya, menjadi lebih aktif, tanggap, dan mandiri.