Terapi-Terapi yang Bisa Mengurangi Rasa Mual Saat Hamil

Merries Insight
26 Agustus 2014
Umum
Share
Terapi-Terapi yang Bisa Mengurangi Rasa Mual Saat Hamil

Setiap ibu hamil memiliki tingkat derajat mual berbeda – beda. Beberapa ibu hamil ada yang tidak terlalu merasa mual, tetapi ada pula yang merasa mual atau bahkan ingin muntah setiap saat sehingga memerlukan terapi khusus. Rasa mual selama kehamilan atau morning sickness ini disebabkan karena perubahan hormon di dalam tubuh. Untuk mengatasinya, Moms dapat melakukan terapi – terapi berikut ini.

Makanan Tinggi Karbohidrat

Moms sebaiknya makan dalam porsi sedikit tetapi sering. Makan dalam porsi besar justru akan membuat perut terasa mual. Berusahalah makan dan konsumsi makanan tinggi karbohidrat dan protein juga dapat membantu mengatasi rasa mual. Perbanyak konsumsi sayuran, buah, dan makanan yang banyak mengandung karbohidrat seperti kentang, roti, dan biskuit. Hindari mengkonsumsi makanan berlemak, pedas dan berminyak karena ini akan memperburuk rasa mual Moms.

Duduk Setelah Bangun Tidur

Pagi hari saat bangun tidur, Moms jangan langsung bangun. Cobalah duduk terlebih dulu dan perlahan – lahan berdiri bangun. Jika Moms merasa sangat mual saat bangun tidur, siapkan biskuit di dekat tempat tidur. Moms dapat memakannya dulu sebelum berdiri.

Minum Cukup

Minumlah dalam jumlah yang cukup agar tubuh terhindar dari dehirasi karena muntah. Moms bisa minum air putih atau jus. Hindari minum minuman yang mengandung karbonat dan kafein.

Vitamin Kehamilan

Kadang vitamin kehamilan memperburuk rasa mual. Namun Moms tetap memerlukan asupan folat. Jika mual sangat hebat, Moms dapat mengkonsultasikan dengan dokter agar mendapat alternatif vitamin yang dapat dikonsumsi. Bila diperlukan, dokter mungkin akan memberikan obat mual.

Jahe

Biasanya orang menggunakan jahe untuk mengurangi rasa mual. Jahe aman untuk hamil dan janin yang dikandung. Moms dapat membuat wedang jahe atau makan permen jahe untuk mengatasi mual.

Demikian beberapa terapi yang dapat Moms lakukan untuk mengurangi rasa mual atau morning sickness selama kehamilan. Percayalah Moms, rasa mual pada kehamilan awal akan segera berlalu dengan sendirinya tanpa Moms sadari. Jika Moms menjadi sensitif terhadap bau-bauan, cobalah memakai masker.