Pentingkah Minum Susu Selama Masa Kehamilan?

Merries Insight
23 Januari 2018
Kesehatan
Share
Pentingkah Minum Susu Selama Masa Kehamilan?

Artikel ini berisi tentang:

  1. Jarang Diperhatikan Masyarakat
  2. Apa Saja Manfaat Minum Susu Saat Hamil?
  3. Macam-Macam Zat Penting Pada Susu
  4. Makan Makanan Bergizi Juga 

Minum susu mungkin wajib hukumnya bagi anak-anak di bawah umur, apalagi yang masih dalam proses pertumbuhan. Dalam susu mengandung banyak sekali vitamin serta mineral yang penting bagi fase tersebut.

Misalnya saja seperti kandungan kalsium, vitamin, lemak, protein, glukosa, zinc, dan masih banyak lagi lainnya. Akan tetapi, kira-kira masih perlukah apabila orang dewasa mengkonsumsi susu, khususnya para ibu hamil? Toh mereka sudah tidak dalam masa pertumbuhan lagi seperti anak-anak.

Ternyata Moms, minum susu selama hamil sangat disarankan oleh para ahli gizi dan kandungan! Hal ini dikarenakan ada berbagai macam kandungan baik di dalam susu yang mampu membantu melengkapi gizi serta nutrisi tubuh bagi para wanita hamil.

Pastinya jenis susu yang dikonsumsi berbeda dengan orang pada umumnya ya Moms. Susu tersebut dibuat khusus bagi wanita hamil yang sangat baik untuk kesehatan fisik beserta janin di dalam kandungannya. 

Jarang Diperhatikan Masyarakat

Kebiasaan minum susu selama hamil rupanya tidak diterapkan oleh setiap wanita mengandung. Bahkan masih banyak pula yang belum mengetahui manfaat dari susu itu sendiri. Alasannya cukup beragam, salah satu di antaranya karena mereka menganggap minum susu selama hamil hanya alternatif dan asupan tambahan saja.

Jadi tidak terlalu penting sehingga tidak perlu dibiasakan untuk konsumsi susu secara rutin selama kehamilan.

Apa Saja Manfaat Minum Susu Saat Hamil?

Nah, agar Moms lebih sadar mengenai pentingnya susu bagi kesehatan selama masa hami, coba perhatikan dulu manfaatnya berikut ini!

  1. Menguatkan dan Menyehatkan Tulang

Susu ibu hamil mengandung banyak kalsium yang berguna untuk kesehatan tulang. Dengan rajin mengkonsumsinya maka tulang Moms bisa lebih kuat dan juga sehat. Terlebih lagi selama masa kehamilan kebanyakan wanita sering mengalami nyeri pada bagian kaki, pinggang, dan juga punggung.

  1. Melengkapi Asupan Gizi Tubuh

Terkadang perempuan yang hamil mengalami berbagai macam masalah makan, misalnya sering merasa mual, malas makan, pemilih makanan, dan sebagainya. Hal ini kemudian membuat mereka menjadi makan tidak teratur dan gizinya tidak terjaga dengan baik. Disinilah manfaat dari susu dimana bisa melengkapi nutrisi yang hilang atau tidak tercukupi. Padahal kekurangan gizi bisa memicu terjadinya gangguan kesehatan fisik dan juga mengganggu perkembangan janin di dalam kandungan.

  1. Membantu Tumbuh Kembang Janin

Jenis susu untuk ibu hamil berbeda ya Moms dengan susu pada umumnya. Selain bermanfaat bagi kesehatan diri sendiri tapi juga untuk Si Kecil di dalam perut. Kandungan nutrisi di dalamnya juga sudah lengkap untuk memenuhi asupan janin. Salah satunya seperti asam amino yang berguna meningkatkan kecerdasan bayi dan perkembangan otaknya.

Selain itu juga dapat mencegah bayi lahir dalam kondisi cacat. Ada pula kandungan asam folat yang biasanya ditemukan pada bahan makanan seperti ikan salmon dan seafood.

Macam-Macam Zat Penting Pada Susu

  1. Protein, sangat diperlukan bagi Moms yang sedang hamil karena berfungsi membangun sel-sel janin. Kemudian juga mengganti sel-sel atau jaringan tubuh yang rusak.
  2. Zat besi, kandungan ini dapat membantu dalam proses pembentukkan sel darah merah, dan membangun enzim pada ASI.
  3. Asam folat, manfaatnya untuk merangsang pembentukkan organ janin, mengurangi resiko bayi cacat, menstimulasi kecerdasan otak, dan sebagainya.
  4. AHA dan DHA, kalau kandungan yang satu ini sangat penting sekali untuk perkembangan kecerdasan dan daya berpikir Si Kecil nantinya.
  5. Kalsium, zat ini sangat diperlukan karena berguna dalam pembentukkan tulang pada janin. Selain itu juga bisa memperkuat tulang Moms sehingga tidak mudah lelah dan merasa nyeri pada anggota tubuh.

Makan Makanan Bergizi Juga

Selain memperhatikan minum susu selama hamil, Moms jangan lupa untuk tetap memperhatikan pola makan. Meskipun banyak kandungan baik di dalam susu, ibu hamil jangan terlalu bergantung dan berpikir kalau minum susu saja sudah cukup.

Konsumsi makanan bergizi seperti sayuran, buah-buahan, daging merah, ikan berprotein tinggi, dan vitamin atau suplemen bila diperlukan. Dengan begitu kesehatan ibu hamil dan juga janin di dalam kandungan senantiasa terjaga. Si Kecil dapat lahir dengan sehat dan selamat. Selain itu juga mampu tumbuh menjadi anak cerdas karena asupan gizinya selalu terpenuhi mulai dari bayi sampai dewasa.

Masih menganggap remeh minum susu selama hamil? Sebaiknya jangan ya Moms karena konsumsi susu itu sangat penting. Kandungan gizi di dalamnya bisa melengkapi asupan makanan sehari-hari. Jadi selama masa kehamilan, kesehatan Moms dan si jabang bayi tetap dalam kondisi baik!