Ini Perjuangan Yang Harus Moms Lakukan Jika Ingin Punya Anak Kembar

Merries Insight
16 Juli 2019
Umum
Share
Ini Perjuangan Yang Harus Moms Lakukan Jika Ingin Punya Anak Kembar

Artikel ini berisi tentang :

  1. Lihat Dulu Faktor Genetik
  2. Konsumsi Makanan Yang Tepat
  3. Konsumsi Asam Folat Sesuai Kebutuhan
  4. Pastikan Pasangan Harus Terlibat Moms!

Banyak orangtua yang menginginkan anak kembar. Selain karena orangtua yang melahirkan anak kembar tergolong langka, anak kembar pun selalu mampu menarik perhatian dengan kesamaan wajahnya. Bahkan tidak jarang mereka kerap jadi pusat perhatian di tengah keramaian.

Tapi untuk mendapatkan anak kembar bukan perkara mudah, ada beberapa hal yang harus Moms perjuangkan, diantaranya :

Lihat Dulu Faktor Genetik

Kehamilan anak kembar termasuk dalam kondisi istimewa, persentasenya hanya sekitar 1-3 persen saja. Banyak faktor yang mempengaruhi hal ini, salah satunya faktor keturunan (oleh dr. M. Nurhadi Rahman, SpOG, dokter spesialis kebidanan dan kandungan dari RSUP Sardjito, Yogyakarta)

Meskipun begitu, dr Nurhadi menjelaskan jika peluang hamil anak kembar lebih besar ditunjang oleh faktor genetik, terutama dari geneting wanita. Misalnya, jika Moms punya saudara yang terlahir kembar, kemungkinan besar untuk hamil anak kembar termasuk besar, bahkan mencapai 10 persen.

Faktor genotip dari pihak wanita ini sangat kuat. Pasalnya, pembentukan gen tersebut terjadi selama masa hiperovulasi Moms, sementara pasangan hanya berperan sebagai gen pembawa saja.

Tidak diketahui secara pasti jenis gen apa yang menyebabkan Moms bisa hamil anak kembar. Tapi beberapa pakar setuju jika hormon FSH, atau follicle-stimulating hormone, merupakan faktor utamanya. Moms yang punya kadar FSH tinggi, berpeluang besar untuk mengandung anak kembar.

Konsumsi Makanan Yang Tepat

Faktor genetik memang berpengaruh besar, tapi jangan lupakan faktor nutrisi. Jika diibaratkan, faktor nutrisi ini merupakan pendorong untuk meningkatkan peluang kehamilan anak kembar.

Hal ini dibuktikan lewat penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Reproductive Medicine, yang menyebut jika Moms yang mengonsumsi lebih banyak susu dan produk turunannya, 5 kali lebih berpeluang hamil anak kembar ketimbang mereka yang jarang konsumsi produk susu.

Dalam penelitian yang sama, disebutkan juga beberapa makanan penunjang yang berfungsi untuk memaksimalkan peluang hamil anak kembar, diantaranya produk protein hewani, termasuk ikan (salmon, tuna, cakalang, ikan kembung dan lainnya) daging ayam, telur, daging merah dan lainnya.

Selain sumber protein hewani, penelitian tersebut menyebut jika ubi, merupakan salah satu kelompok karbohidrat yang dapat meningkatkan peluang kehamilan anak kembar. Tapi ingat Moms, tetap konsumsi sumber nutrisi lainnya, termasuk buah-buahan dan sayuran untuk menunjang kehamilan sehat.

Konsumsi Asam Folat Sesuai Kebutuhan

Makanan dengan kandungan asam folat tinggi sangat dibutuhkan selama masa kehamilan untuk meningkatkan ovulasi, sekaligus memaksimalkan peluang hamil anak kembar. Asam folat sendiri bisa didapat dari  ikan laut, brokoli, alpukat, kacang merah, dan lainnya.

Dilansir dalam alodokter, Moms disarankan untuk mengonsumsi 400 mikrogram asam folat setiap harinya. Konsumsi asam folat ini dimulai setidaknya sebulan sebelum Moms merencanakan program kehamilan anak kembar, dan terus dikonsumsi selama masa kehamilan.

Agar asupan asam folat lebih maksimal, Moms bisa mengkonsumsi suplemen asam folat. Tapi ingat, harus sesuai dengan rekomendasi dokter, dan pastikan dosisnya tepat. Pasalnya, kelebihan konsumsi asam folat selama masa kehamilan, bisa meningkatkan risiko autisme.

Pastikan Pasangan Harus Terlibat Moms!

Jangan hanya Moms saja yang berjuang untuk mendapatkan anak kembar, pasangan pun harus dilibatkan. Menurut penelitian, pria yang mengkonsumsi tiram memiliki sel sperma yang lebih aktif dengan gerakan yang sangat cepat, bahkan sampai mampu membuahi 2 sel telur sekaligus.

Tentu saja bukan tanpa alasan Moms, tiram dan jenis remis lainnya mengandung Zinc tinggi dan testosteron, dua elemen penting dalam menentukan kesehatan reproduksi pria.

Selain itu, tiram dan remis merupakan sumber zat besi yang berguna untuk melancarkan aliran darah ke alat genital, dan meningkatkan produksi sperma sehat. Kandungan lainnya, dalam tiram dan remis mengandung vitamin B12 dan vitamin D yang efektif meningkatkan motilitas sperma.

Hal ini pun dibuktikan lewat peneliti yang dilakukan Harvard University, Amerika, yang menyebut jika makanan tinggi vitamin B12 dan vitamin D, seperti remis, tiram dan jenis kerang-kerangan, punya efek motilitas yang tinggi.

Sebagai catatan, motilitas merupakan istilah yang menggambarkan kemampuan dan kecepatan sperma bergerak saat mencapai sel telur dalam proses pembuahan.

Selain konsumsi tiram, kerang dan remis, Moms pun harus mendorong pasangan untuk menjalankan gaya hidup sehat, diantaranya berhenti merokok, jauhi minuman keras, berolahraga setidaknya 30 menit per hari, dan istirahat yang cukup untuk menjaga kualitas sperma tetap baik. Selamat mencoba!