Ini Dia Menu Sehat untuk Ibu Hamil

Merries Insight
15 Oktober 2015
Kesehatan
Share
Ini Dia Menu Sehat untuk Ibu Hamil

Setiap ibu hamil pasti ingin kehamilannya berjalan lancar, hingga akhirnya mampu melahirkan anak yang sehat dan tumbuh menjadi kebanggaan keluarga. Untuk mendapatkan semua itu, salah satu yang harus dilakukan adalah dengan mengonsumsi makanan yang sehat dan kaya akan kandungan nutrisi.

Dilansir dalam boldsky, berikut merupakan rekomendasi menu makanan sehat yang sangat baik dikonsumsi oleh ibu hamil.

Sereal

Sereal merupakan menu sarapan yang sangat baik untuk ibu hamil, terutama untuk Moms yang masih dalam usia kehamilan trimester pertama. Sereal dipercaya sangat ampuh untuk mengatasi gangguan mual, muntah dan meningkatkan nafsu makan. Selain itu, kandungan mineral, karbohidrat, vitamin B, dan serat dalam sereal, efektif untuk mencegah sembelit.

Produk susu

Protein, vitamin dan kandungan mineral dalam susu terbukti efektif untuk mendukung pertumbuhan jaringan, memperbaiki jaringan tubuh yang rusak, sekaligus membantu memaksimalkan pembentukan otot. Selain itu, susu pun sangat baik untuk menunjang transportasi oksigen ke janin, sekaligus memaksimalkan pertumbuhan janin.

Buah dan Sayur

Hampir seluruh buah-buahan kaya akan vitamin C dan berbagai vitamin penunjang lainnya, yang sangat baik untuk menjaga kesehatan dan meningkatkan kekebalan tubuh, menormalkan tekanan darah dan memerangi infeksi dalam tubuh. Selain itu, sayuran dikenal sebagai sumber serat dan zat besi untuk mencegah dari anemia, mencegah sembelit dan memberikan energi untuk tubuh.

Ikan

Ikan dikenal sebagai sumber protein yang sangat tinggi, serta asam lemak omega 3 yang terbukti ampuh untuk memaksimalkan pembentukan sel otak janin. Walaupun begitu, sebaiknya anda hati-hati dengan produk ikan yang mengandung banyak merkuri, dan hindari mengonsumsi ikan mentah karena dapat meningkatkan kadar lemak jenuh dalam tubuh.

Kacang-kacangan

Kacang-kacangan berfungsi untuk memaksimalkan perkembangan sistem saraf pada bayi. Selain itu, kacang-kacangan pun mengandung asal folat dan vitamin B yang berfungsi memaksimalkan pertumbuhan janin. Untuk itu, jangan lupa untuk menyertakan kacang-kacangan, seperti kacang hijau, kedelai dan lainnya.

Jangan lupa, selain mengonsumsi makanan di atas, lengkapi gaya hidup sehat Moms selama hamil dengan rajin berolahraga, menjauhi asap rokok, dan jika diperlukan, konsumsilah beberapa produk vitamin khusus ibu hamil. Itu pun harus sesuai dengan petunjuk dokter.