Ingin Menikmati Musik Selama Masa Hamil? Bagaimana Caranya?

Merries Insight
23 Januari 2018
Umum
Share
Ingin Menikmati Musik Selama Masa Hamil? Bagaimana Caranya?

Artikel ini berisi tentang:

  1. Musik dan Perkembangan Otak Bayi
  2. Musik Meningkatkan Kecerdasan
  3. Mendengarkan Musik Selama Masa Kehamilan
  4. Tips dan Cara Mendengarkan Musik Selama Masa Kehamilan

Masa kehamilan memang waktu yang tepat untuk menunjang perkembangan Si Kecil di dalam kandungan. Pasalnya, saat masih berbentuk janin, organ-organ dan kemampuannya mulai terbentuk, salah satunya adalah otak. Dimana mulai menyusun sel-sel penting yang nantinya berguna untuk mempengaruhi perkembangan organ lain dan daya pikirnya. Inilah saat yang paling tepat bagi Moms untuk merangsang atau menstimulasi jaringan otak Si Kecil tersebut.

Tujuannya adalah agar nanti ia dapat tumbuh dan berkembang dengan lebih baik lagi. Si Kecil bisa lebih cerdas karena otaknya sering diberikan stimulus positif ketika masih di dalam kandungan. Ada banyak sekali cara yang bisa Moms lakukan.

Kebanyakan para ibu hamil lebih fokus pada asupan makanan yang baik untuk perkembangan otak janin, seperti sayuran, buahan-buahan, susu, ikan salmon, seafood, dan sebagainya. Padahal sebenarnya masih ada cara lain yang tak kalah jitu yaitu dengan musik.

Musik dan Perkembangan Otak Bayi

Musik memang mempunyai kekuatan luar biasa yang tidak bisa dilihat dengan mata. Akan tetapi efek, dampak, dan buktinya bisa dilihat serta dirasakan sendiri secara langsung. Moms mungkin sering melihat dan mengetahui kalau musik sering digunakan sebagai salah satu sarana belajar.

Ada metode pembelajaran khusus yang digunakan suatu sekolah, instansi, lembaga atau organisasi tertentu untuk mendidik anak-anak didiknya. Hal ini disebabkan karena musik mampu mempengaruhi kinerja otak manusia.

Membuat perkembangan sel-sel serta jaringan di dalamnya menjadi jauh lebih maksimal. Pendapat ini pun telah diteliti dan dibuktikan oleh beberapa ahli kesehatan dan para psikolog ternama dari berbagai negara.

Musik Meningkatkan Kecerdasan

Manfaat musik bagi otak antara lain dapat meningkatkan kecerdasan, daya berpikir, serta daya ingat manusia. Misalnya saja dalam hal berhitung angka, menyusun dan mengolah huruf serta kalimat dalam belajar bahasa,

Kemudian untuk meningkatkan kemampuan motorik, kemampuan analisa, dan masih banyak lainnya. Selain di bidang pembelajaran dan pendidikan, musik juga sering digunakan sebagai salah satu metode terapi penyembuhan penyakit, baik fisik maupun mental.

Hal ini dikarenakan gelombang frekuensi dari musik yang bersifat positif dan mampu mempengaruhi sel-sel pada otak manusia. Apabila pikiran positif maka secara otomatis tubuh pun memberikan respon yang baik pula sehingga manusia bisa merasakan dampak dan juga perubahan hebat.

Mendengarkan Musik Selama Masa Kehamilan

Karena musik mampu memberikan manfaat yang sangat luar biasa dalam mempengaruhi dan memberikan stiumulus positif bagi otak. Maka Moms bisa menggunakan metode tersebut selama masa kehamilan. Tujuannya tentu saja untuk membantu perkembangan otak Si Kecil yang masih di dalam kandungan.

Terlebih lagi saat itu bagian tubuh janin yang pertama dibentuk adalah otak sehingga Moms bisa lebih memaksimalkan lagi perkembangannya. Dengan begitu, sel-sel di dalamnya dapat menyerap rangsangan dari luar dengan cepat sehingga perkembangannya bisa sempurna. Hal ini akan mempengaruhi kecerdasan otak Si Kecil ketika lahir sampai dewasa nanti.

Tips dan Cara Mendengarkan Musik Selama Masa Kehamilan

Meskipun musik sangat bagus untuk meningkatkan perkembangan dan kecerdasan otak bayi, namun Moms harus memperhatikan banyak hal lebih dahulu. Misalnya saja mengenai pemilihan genre atau jenis musik yang akan didengarkan, durasi, dan juga caranya.

Tidak hanya Moms saja yang bisa mendapatkan manfaat dari mendengarkan musik namun Si Kecil di dalam kandungan juga bisa merasakan efek positifnya. Coba Moms terapkan tips cara mendengarkan musik selama masa kehamilan di bawah ini!

  1. Dengarkan musik yang lembut seperti genre klasik, instrumental piano, biola, gitar, musik jazz dan semacamnya. Hal ini dikarenakan musik lembut dapat menenangkan jiwa serta pikiran karena mempunyai frekwensi gelombang lebih teratur.
  2. Pakai headseat atau earphone dan letakkan pada bagian permukaan perut Moms. Tujuannya agar Si Kecil bisa mendengarkan musik tersebut juga.
  3. Dengarkan musik dalam keadaan santai dan tenang, tidak ketika sedang melakukan aktivitas atau merasa tegang. Moms bisa mendengarkannya sambil tiduran, duduk, ngemil sehat, minum teh, membaca buku dan sebagainya.

Itulah tadi beberapa manfaat besar dan pengaruh positif dari musik dalam mempengaruhi perkembangan otak manusia. Selama masa kehamilan, Moms sebaiknya rutin atau kalau bisa sering-sering mendengarkan alunan musik santai dan menenangkan. Selain bisa meredam tekanan dan stress, musik tersebut juga mampu meningkatkan kecerdasan otak Si Kecil.