Ibu Hamil Bisa Tetap Ngemil, Ini Cemilan yang Bisa Moms Pilih

Merries Insight
05 April 2019
Umum
Share
Ibu Hamil Bisa Tetap Ngemil, Ini Cemilan yang Bisa Moms Pilih

Artikel ini berisi tentang:

  1. Smoothies Alpukat Plus Yoghurt
  2. Overnight Oats plus Buah-buahan
  3. Kacang Panggang atau Rebus
  4. Salad Buah Tanpa Mayonaise

Selama masa kehamilan, camilan sehat jadi hal yang cukup penting untuk diperhatikan. Ada banyak jenis camilan yang bisa Moms nikmati, dari mulai buah-buahan segar, sayuran, hingga menu dessert yang bisa Moms nikmati sebagai makanan sela.

Berikut merupakan camilan sehat yang bisa Moms konsumsi selama masa kehamilan.

Smoothies Alpukat Plus Yoghurt

Alpukat merupakan salah satu makanan sehat dengan kandungan lemak baik, kaya akan serat, vitamin K, vitamin C, vitamin B6, asam folat dan potasium. Kandungan spesial ini terbukti efektif untuk membantu Moms melawan morning sickness di trimester pertama usia kehamilan.

Ada banyak cara yang bisa Moms pilih untuk menikmati alpukat, salah satunya dengan mengolahnya menjadi smoothies. Agar lebih segar dan memberi manfaat yang maksimal, smoothies alpukat bisa Moms olah bersama yoghurt. (oleh Anar Allidina, pakar diet bersertifikats asal New York, Amerika)

Cara membuatnya sangat mudah, siapkan 1 buah alpukat diambil dagingnya saja, kemudian blender bersama dengan 250 ml yoghurt. Jika ingin sedikit manis, Moms bisa menambahkan madu sebagai pelengkap. Agar lebih aman, sebaiknya pilih produk madu yang sudah terpasteurisasai atau madu ibu hami.

Terbuat dari bahan-bahan yang sehat, minuman menyegarkan ini bisa Moms konsumsi sebagai menu pendamping sarapan, camilan sela sebelum makan siang, atau bisa juga dikonsumsi di sore hari.

Overnight Oats plus Buah-buahan

Overnight oats cukup populer sebagai menu sarapan praktis dan penuh gizi. Buat Moms yang sedang menjalani masa kehamilan, menu sarapan ini bisa jadi solusi untuk mengatasi morning sickness, sekaligus memberi energi agar lebih bertenaga saat beraktivitas di siang hari.

Overnight oats sendiri merupakan campuran oat dengan berbagai jenis buah atau bahan lainnya, kemudian didinginkan di kulkas semalaman untuk dimakan keesokan harinya.

Ada banyak sekali resep overnight oats yang bisa Moms dapatkan, dari mulai overnight oats dengan campuran susu, buah-buahan, pisang, yogurt, selai kacang, bubuk cokelat dan lainnya. Menariknya, selain bisa digunakan sebagai menu sarapan, makanan ini pun bisa Moms andalkan sebagai camilan sehat.

Jangan takut dengan risiko peningkatan berat badan, karena overnight oats mengandung tinggi serat, dan protein yang membuat perut Moms kenyang lebih lama. Selain itu, rasanya yang menyegarkan mampu meningkatkan semangat dan mencegah stres.

Kacang Panggang atau Rebus

Kacang-kacangan merupakan jenis camilan yang benar-benar sehat dan bisa dikonsumsi kapan saja. Berbagai jenis kacang, seperti edamame, almond, dan kacang kenari, diketahui memiliki banyak manfaat untuk kehamilan, termasuk meningkatkan pertumbuhan otak janin dalam kandungan.

Kacang-kacangan pun kaya akan protein, lemak baik, sumber vitamin E, dan asap folat. Semua nutrisi tersebut sangat dibutuhkan untuk menunjang program kehamilan sehat.

Penelitian jangka panjang yang dilakukan tim peneliti dari Harvard University, terhadap 8.200 anak dibawah 10 tahun, menyimpulkan jika ibu hamil yang rutin mengonsumsi kacang-kacangan selama masa kehamilan, akan menurunkan risiko Si Kecil mengalami alergi kacang dikemudian hari.

Meskipun begitu, Moms harus hati-hati. Sebelum mengonsumsi kacang, pastikan Moms tidak memiliki alergi kacang. Selain itu, kacang sebaiknya diolah dengan cara direbus, atau dipanggang tanpa tambahan bumbu, baik gula atau garam berlebih.

Salad Buah Tanpa Mayonaise

Buah-buahan merupakan sumber vitamin, serat, dan sejumlah nutrisi lainnya yang dibutuhkan Moms selama masa kehamilan. Konsumsi buah-buahan menurunkan risiko sembelit, meningkatkan daya tahan tubuh dan efektif untuk mengendalikan berat badan.

Penelitian yang dilakukan Canadian Healthy Infant Longitudinal Development, dengan cara menganalisis data 688 ibu hamil di daerah Edmonton, menyimpulkan jika penambahan setiap porsi buah-buahan selama masa kehamilan, berhubungan dengan peningkatan kognitif anaknya setelah satu tahun kelahiran.

Dengan kata lain, makin tinggi konsumsi buah-buahan selama masa kehamilan, maka makin besar peluang Moms untuk melahirkan anak yang cerdas. (oleh Dr Piush Mandhane, penulis penelitian, sekaligus profesor pediatri di University of Alberta, Amerika)

Meskipun begitu, hati-hati saat Moms mengolah buah-buahan sebagai salad. Sebaiknya jangan menggunakan mayonaise karena bahan yang satu ini memiliki campuran telur mentah, yang bisa menyebabkan dampak buruk bagi kehamilan, terutama di trimester pertama, seperti demam, diare, memperparah mual dan muntah, rasa nyeri di sendiri, gangguan sistem imun, serta meningkatkan risiko virus TORCH dan lainnya.