Berdiet Saat Hamil, Bolehkah?

Merries Insight
16 Oktober 2014
Kesehatan
Share
Berdiet Saat Hamil, Bolehkah?

Bentuk tubuh merupakah hal yang sangat penting bagi kebanyakan wanita, maka tidak heran jika banyak ibu hamil yang merasa ketakutan bentuk tubuhnya akan tetap gemuk setelah dia melahirkan nanti. Karena ketakutan itulah akhirnya banyak sekali ibu hamil yang akhirnya memutuskan untuk tetap melakukan diet ketat walaupun dia sedang hamil. Jika melihat kondisi ini, apakah aman melakukan diet selama masa kehamilan?

Jika mengacu kepada kondisi kehamilan Moms, diet selama masa kehamilan sangat berbahaya. Menurut Dr Hemant Brahme yang merupakan seorang dokter kandungan dari Mumbai India menyarankan kepada para wanita untuk tidak berdiet guna menurunkan berat badan selama masa kehamilan karena ini bisa berbahaya untuk Moms dan yang terpenting pada bayi yang ada dalam kandungan.

Dalam kesempatan yang sama, Dr Hemant Brahme mengatakan, salah satu yang sangat berbahaya yang mungkin saja bisa ditimbulkan ketika melakukan diet adalah Moms dan janin dalam kandungan bisa kekurangan gizi yang bisa berakibat pada ketidaksempurnaan perkembangan janin dalam kandungan.

Sedangkan menurut Dr Kiran Coelho, yang merupakan salah satu dokter ahli kandungan mengatakan bahwa kondisi kehamilan akan selau berbanding lurus dengan kenaikan berat badan, beberapa faktor pemicunya adalah karena penambahan berat badan bayi dalam tubuh Moms sendiri. Secara umum, tubuh ibu hamil akan meningkat sekitar 7 sampai 11 kg pada rentang waktu antara 20 sampai 36 minggu masa kehamilan dan tentunya ini merupakan hal normal.

Dr Kiran Coelho pun menambahkan, tanpa disadari oleh kebanyakan Ibu hamil, melakukan diet alami sebenarnya akan terus terjadi selama masa kehamilan, hal ini terlihat dari penurunan berat badan Ibu hamil yang akan terjadi selama trimester pertama, dan menurut Dr Kiran Coelho, penurunan tersebut akan terjadi sekitar 10 persen dari bobot tubuh awal. Penurunan berat badan tersebut disebabkan oleh adanya gejala mual di pagi hari dan akibat dari kehilangan nafsu makan selama masa trimester pertama.

Dalam masa kehamilan, Moms sangat tidak disarankan untuk melakukan diet untuk menurunkan berat badan, tetapi Moms boleh berdiet dengan tujuan yang lain, misalnya Moms melakukan diet untuk mengurangi gula atau berhenti makan makanan cepat saji dengan alasan untuk menjaga kesehatan. Selain itu, sebaiknya jangan dilakukan mengingat ancaman kesehatan selama masa kehamilan sangat besar.

Selain sangat tidak dianjurkan untuk melakukan diet yang bertujuan menurunkan berat badan, Moms juga sangat tidak disarankan untuk makan dalam porsi yang berlebihan. Selama masa kehamilan ini, Moms harus bisa memastikan bahwa jumlah makanan yang disantap Moms selalu dalam jumlah yang cukup menurut takaran gizi.