Moms, Yuk Bikin Asyik Akhir Pekan Dengan Camilan Sus Goreng Keju

Merries Insight
05 April 2019
Resep
Share
Moms, Yuk Bikin Asyik Akhir Pekan Dengan Camilan Sus Goreng Keju

Artikel ini berisi tentang :

  1. Kue Sus Goreng Keju
  2. Bahan Utama Sus Keju Goreng
  3. Bahan Topping Cokelat
  4. Cara Membuat Sus Keju Goreng

Kue sus merupakan sajian spesial asal prancis yang berbentuk bundar dengan rongga berisi fla, custard, atau daging. Terkadang, hidangan ini pun disajikan dengan beragam topping, tapi sus polos pun sebenarnya sudah cukup lezat Moms.

Kue Sus Goreng Keju

Jika biasanya kue sus diisi dngan vla atau custard, Moms bisa sedikit kreatif dengan tambahan keju sebagai bahan isiannnya. Tentu saja rasa gurih sus masih tetap melekat, tapi bedanya sekarang rasanya makin mantap dengan lelehan keju di dalamnya.

Agar rasanya lebih berwarna, Moms bisa menambahkan topping sebagai pemanis. Bisa menggunakan topping cokelat, atau topping lainnya sesuai dengan selera. Bagaimana Moms, sudah siap berkreasi membuat kue sus goreng keju?

Bahan Utama Sus Keju Goreng

  • 150 gram tepung terigu protein tinggi
  • 150 gram mentega
  • 1 sdt baking powder
  • 1 sdt garam
  • 3 sdm keju cheddar parut
  • 4 butir telur
  • 250 ml air matang
  • Minyak goreng untuk menggoreng

Bahan Topping Cokelat

  • Fla cokelat

Untuk topping cokelat, Moms bisa menggunakan fla cokelat, atau bisa juga dibuat dari cokelat batangan yang dilelehkan. Selain cokelat, topping sus goreng keju bisa menggunakan gula tepung, krim kental manis, dan lainnya. Tinggal sesuaikan saja!

Cara Membuat Sus Keju Goreng

  1. Campurkan air, mentega, dan garam, kemudian rebus hingga mendidih.
  2. Masukkan tepung terigu, kemudian kecilkan api. Aduk secara perlahan hingga membentuk adonan kalis. Angkat adonan, kemudian masukkan baking powder.
  3. Masukkan telur ke dalam campuran adonan, aduk adonan hingga rata.
  4. Tambahkan keju cheddar parut, kemudian aduk kembali hingga rata. Tunggu sebentar hingga adonan dingin.
  5. Panaskan minyak goreng di atas wajan.
  6. Setelah minyak panas, ambil adonan kemudian bentuk agar menyerupai bola dan langsung masukkan ke minyak goreng. Lakukan terus hingga wajan penggorengan terisi setengahnya.
  7. Goreng terus hingga kecoklatan dan mengembang, angkat dan tiriskan. Lakukan langkah di atas untuk sisa adonan, hingga bahan sus habis.
  8. Setelah selesai, tata sus di atas piring saji, kemudian taburi bagian atasnya dengan fla cokelat, atau topping lainnya yang sudah Moms siapkan.

Bagaimana Moms, ternyata mudah banget bukan? Bola-Bola Sus Keju Goreng siap disajikan. Bisa sebagai teman untuk menikmati secangkir teh, kopi, atau sebagai camilan Si Kecil. Selamat mencoba!