Mengajak Si Kecil Bermain Gulat Sebelum Tidur. Boleh Tidak Ya?

Mengajak Si Kecil Bermain Gulat Sebelum Tidur. Boleh Tidak Ya?

Artikel ini berisi tentang :

  1. Boleh tidak bermain gulat sebelum tidur?
  2. Kapan waktu terbaik bermain gulat dengan Si Kecil?
  3. Punya Banyak Manfaat
  4. Family Time Terbaik Dads Bersama Si Kecil

Salah satu moment paling menyenangkan bagi anak-anak saat menghabiskan waktu bersama Dads adalah, bermain sebelum tidur. Banyak permainan yang biasa dilakukan, salah satunya adalah permainan gulat di atas kasur.

Boleh tidak bermain gulat sebelum tidur?

Saat bermain gulat, tubuh akan melakukan banyak gerakan ekstrem, dari mulai mendorong, membanting dan lainnya. Tentu saja Dads hanya bertahan, dan Si Kecil akan menyerang dengan cukup agresif. Hasilnya, tubuh berkeringat, stres hilang dan hubungan Dads dengan Si kecil pun jadi lebih hangat.

Pada dasarnya, bermain gulat, atau aktivitas dengan intensitas tinggi boleh dilakukan kapan saja. Tapi khusus sebelum tidur, Dads harus berhitung ulang karena cukup berisiko. (oleh Dr Michael Triangto, SpKO, pakar kesehatan olahraga dari RS Mitra Kemayoran, Jakarta)

Ada banyak risiko yang mungkin ditimbulkan dari aktivitas fisik sebelum tidur, salah satunya masalah insomnia. Hal ini disebabkan karena saat melakukan aktivitas fisik berat, adrenalin dan detak jantung akan meningkat, kerja otak semakin aktif dan suhu tubuh meninggi.

Dalam kondisi ini, Si Kecil dan Dads justru akan lebih semangat, hingga akhirnya rasa kantuk pun akan hilang. Kondisi inilah yang membuat insomnia datang menyerang. Dengan kata lain, bermain gulat sebelum tidur sebaiknya tidak dilakukan.

Kapan waktu terbaik bermain gulat dengan Si Kecil?

Jika pagi hari Dads sibuk, maka lakukan aktivitas ini sore hari, atau minimalnya 2-3 jam sebelum tidur. Dengan begitu, tubuh akan punya waktu untuk mengembalikan detak jantung, menurunkan tekanan darah, menurunkan suhu tubuh, dan hal lainnya, ke dalam posisi normal.

Alih-alih mendatangkan dampak buruk, kondisi tersebut justru akan memberikan banyak manfaat, dari mulai menghilangkan stres, hingga mampu meningkatkan kualitas tidur.

  1. Tapi ingat, setelah berolahraga, dan kondisi tubuh sudah masuk dalam fase normal, ada beberapa hal yang sebaiknya Dads dan Si Kecil lakukan, diantaranya adalah :
  2. Segera mandi setelah keringat kering, dan suhu tubuh menurun. Idelanya, setelah capek bergulat, beristirahatlah selama 30 menit, dan segera mandi.
  3. Kenakan pakaian yang nyaman, minumn air putih dan buah-buahan. Hal ini dilakukan untuk membantu Dads dan Si Kecil mengganti cairan tubuh yang hilang selama bergulat.
  4. Konsumsi segela susu hangat tanpa gula untuk memberikan efek rileks pada tubuh, sehingga rasa kantuk akan lebih mudah datang.

Setelah langkah-langkah di atas sudah dilakukan, akan lebih baik jika Dads ngelonin dulu Si Kecil dengan membacakan dongeng hingga dia terlelap.

Punya Banyak Manfaat

Terbiasa meluangkan waktu bersama Si Kecil dengan cara melakukan aktivitas fisik, dan aktivitas lainnya, memberi banyak manfaat bagi Si Kecil, salah satunya dapat meningkatkan kepercayaan diri mereka. (oleh Raksha Bharadia, pakar tumbuh kembang anak dari India, dan penulis buku Roots and Wings 2)

Selain itu, Raksha pun menyebut jika aktivitas fisik yang Si Kecil lakukan, akan membuat mereka lebih bugar. Imbasnya, kondisi ini akan membuat mereka lebih sehat, dan bersikap lebih terbuka. Mereka pun akan lebih termotivasi dengan dunia olahraga.

Selain itu, Raksha menyebut anak yang bugar dan dekat dengan Dads, cenderung lebih siap saat masuk ke lingkungan baru, dan mereka pun cenderung terhindar dari bullying.

Tapi ingat Dads, aktivitas yang bisa dilakuakn bukan hanya gulat saja, banyak hal menarik yang bisa Dads dan Si Kecil lakukan, dari mulai membaca buku, merangkau puzzle bersama, melakukan permainan bangun balok, dan lainnya.

Family Time Terbaik Dads Bersama Si Kecil

Banyak orang yang menganggap family time hanya bisa dilakukan dengan cara berlibur bersama, atau menghabiskan waktu melakukan hal bersama di akhir pekan. Padahal, dengan menyediakan waktu bermain bersama, ini merupakan family time yang bisa Dads berikan kepada Si Kecil.

Imbasnya banyak lho, family time sebelum tidur akan meninggalkan kenangan indah pada Si Kecil, yang akan dia bawa hingga dewasa nanti.

Selain itu, penelitian yang dilakukan Michigan State University Institute, menyebut jika anak yang rutin melakuakn aktivitas fisik bersama Dads, akan tumbuh menjadi anak yang bahagia. Kondisi ini akan berdampak baik pada prestasinya di sekolah.

Makanya Dads, meskipun capek dan ingin istirahat sepulang kerja, sebaiknya sempatkan untuk bermain dengan Si Kecil. Manfaatnya bukan hanya dirasakan Si Kecil kok, tapi Dads pun akan merasakannya. Salah satunya menghilangkan stres. Selamat menikmati family time!