Resep Egg And Dairy Free Pancake

Merries Insight
14 Maret 2016
Kesehatan
Share
Resep Egg And Dairy Free Pancake

Si kecil sudah saatnya diberikan makanan pendamping ASI atau MPASI, Moms? Bukan berarti semua makanan bebas untuk dikonsumsi ya, tetap harus pilih-pilih. Salah satu makanan yang bisa Moms coba berikan adalah pancake atau dalam bahasa lokalnya disebut dengan kue panekuk. Makanan ini sudah jadi menu sarapan yang umum dibuat oleh bule-bule di Amerika karena adonannya cukup mudah untuk dibuat dan lumayan mengenyangkan. Moms bisa memberikan pancake kepada bayi karena teksturnya yang lembut dan mudah untuk dicerna.

Untuk kali ini resep pancake yang akan diberikan adalah resep dengan bahan tanpa telur dan susu. Bayi yang masih berusia di bawah 6 bulan sebaiknya nggak diberikan produk makanan yang mengandung telur dan susu formula ya, Moms. Karena bayi pada usia tersebut masih rentang terhadap reaksi alergi. Moms boleh memberikan telur kepada bayi pada usia sejak 8 bulan. Ciri-ciri Si kecil apabila alergi telur adalah pilek, matanya berair, dan juga gatal-gatal. Si kecil yang mengalami alergi telur pada usia balita bisa dicoba lagi untuk memberikannya setelah berusia di atas 5 tahun. Nah, tanpa basa-basi lebih jauh lagi berikut adalah resep membuat pancake bebas telur dan susu.

Bahan Membuat Pancake:

  • Tepung terigu 500 gram atau bisa juga diganti dengan tepung gandum.
  • Gula pasir 50 gram.
  • Baking powder 1 sendok teh agar pancake bisa lebih mengembang dan lembut.
  • Air hangat 460 ml atau sekitar 2 gelas

Cara Membuat Pancake:

  • Masukkan semua bahan dalam satu wadah dan aduk hingga rata dan nggak ada yang menggumpal.
  • Lalu adonan diamkan selama kurang lebih 10 menit, Moms, dalam suhu ruangan. Pendiaman ini berguna untuk membiarkan baking powder bekerja dan mengembangkan adonan.
  • Kemudian panaskan wajan anti lengket atau teflon yang sebelumnya sudah dibersihkan sehingga nggak ada sisa-sisa masakan yang menempel pada pancake nanti, apinya cukup kecil saja agar adonan di bagian dalam juga bisa matang.
  • Dengan menggunakan sendok sayur yang bulat, tuangkan adonan ke wajan secara perlahan.
  • Tunggu beberapa menit sampai adonan berubah warna lalu balik adonannya.
  • Pancake siap disajikan dalam keadaan masih hangat.

Agar Si kecil lebih menikmatinya, Moms bisa menambahkan puree mangga atau pisang bersama dengan pancake. Potong kecil-kecil sehingga Si kecil bisa belajar untuk makan sendiri menggunakan garpu atau sendok kecilnya. Karena nggak mengandung telur dan susu, Moms nggak perlu khawatir kudapan ini akan membuatnya kelebihan berat badan. Selamat mencoba!